Posted by : Unknown Jumat, 21 Desember 2012


STAR OCEAN: THE LAST HOPE

Platform: PS3
Publisher: Square Enix
Developer:
Genre: RPG
ESRB: T
Penulis: V3
E-mail: v3_strife@hotmail.com


Game ini memang sudah lama rilis, tapi HG belum sempat membahas walkthrough-nya. Berdasarkan permintaan pembaca,  berikut ini HG persembahkan. Masih belum terlambat untuk memainkannya, kok!


 
TIPS
-          Setelah mendapatkan Skill Treasure Sense untuk Lymle, peti harta akan langsung terlihat di peta sehingga kamu bisa mengetahui peti mana saja yang belum diperiksa. Saya tidak akan memberikan lokasi tiap peti, karena kemampuan satu ini.
-          Manfaatkan Dash untuk menghindari musuh atau menjelajahi area dengan cepat. Sebaiknya jika menemukan healing point, manfaatkan untuk menaikkan level.
-          Semua Harvest dan Mining Point akan kembali seperti semula setiap kali kamu balik  ke Calnus. Jadi jika kamu sudah memeriksanya sekali, kembalilah ke Calnus dan istirahat. Kamu bisa ke Harvest dan Mining Point lagi untuk memeriksanya.
-          Blindside membutuhkan timing yang tepat untuk diaktifkan. Jika sukses, kamu bisa menimbulkan damage cukup besar dari sisi belakang lawan.

WALKTHROUGH
= CALNUS =
Treasure: None
            Selesai event, ikuti tutorial battle sampai kamu mengerti. Setelah beres, keluar dan jika mau, kamu bisa memasuki kamar Edge di sebelah kiri. Turuni tangga, masuki pintu di dekat tangga dan masuki pintu di utara untuk memeriksa rak. Kamu akan mendapatkan Weapon Data 122: SRF-Issue F98 Assault Rifle. Setelah mengambilnya, kembali ke Recreation Room, masuki pintu dekat save point dan bicara dengan Reimi.
            Terima tawarannya setelah kamu beres menjelajah. Selesai event panjang, bicara dengan Reimi di lantai. Tiba di luar, masuk lagi ke dalam Calnus dan pergilah ke Flight Deck. Periksa panel yang sebelumnya ditempati oleh Edge untuk mendapatkan Spaceship Data 004: SRF-001 Aquila dan periksa sebelahnya untuk Spaceship Data 001: SRF-003 Calnus.
Jika kamu bicara dengan pria dipanel paling kanan, kamu bisa bertanya banyak hal padanya. Save dulu kalau mau, lalu bicara dengan Van di depan pintu menuju Meeting Room. Dia akan memberikan Recipe Memo 05, setelah semuanya beres, kembali ke luar.

= AEOS =
Treasure: Blueberries x3, Blackberries x2, Iron, Insect Egg x2, Bigberries, Iron x2, 103 Fol, Insect Leg dan Warped Carapace, Wind Gem.
            Saatnya menjelajah! Ambil dulu Broken Metal Cutting Blade di peti sebelah kiri tangga dan bicara dengan Rick (yang mondar mandir) untuk mendapatkan Sniper’s Bangle. Jelajahi sisi utara terlebih dulu untuk mendapatkan item. Hampir semuanya berada di semacam tanaman yang akan terbuka saat diperiksa. Bicara dengan semua orang di sini dan dan pergi ke sisi selatan untuk berbicara dengan Reimi sebanyak 2x.
Kalahkan dua musuh yang muncul, kemudian kembali ke Calnus dan masuki Flight Deck untuk event. Reimi akan bergabung denganmu sebagai playable member. Pergilah ke selatan untuk melihat pohon dengan sesuatu yang bercahaya, periksalah untuk melakukan Harvest. Jalan kini terbuka, jadi lanjutkan untuk event pendek. Mulai sekarang kamu bisa melawan musuh yang kamu temui.
Jika butuh istirahat, kembalilah ke Calnus dan kamu bisa berbicara dengan Van. Jika mau, periksa mesin di Meeting Room. Jika tidak, save game dan kembali ke luar. Teruskan penjelajahanmu dan menaikkan level jika mau. Setelah bosan, ikuti jalan sampai kamu menemukan gua yang bisa dimasuki.

= URD FALLS CAVE =
Treasure: 203 Fol, Iron Ore x2, Fresh Sage x2, Fresh Sage, Blackberries x2, Defense Seeds.
            Waspadai musuh di depanmu yang siap menerjang, hadapi atau segera menghindar! Jika kamu menemukan lubang kecil berwarna hijau, periksalah 1x saja untuk mendapatkan item. Teruskan sampai kamu menemui percabangan jalan, ambil jalan kanan dulu untuk menemukan Harvest Point. Kembali ke persimpangan untuk mengambil jalan berikutnya. Ikuti terus jalan sampai kamu akhirnya keluar dari dalam gua.

= NORTHERN COAST =
Treasure: Natural Water x2, Wind Gem, 81 Fol, Attack Seeds, Seaweed, Warped Carapace, Iron x3, Fresh Sage x2, Seaweed.
            Save dulu permainanmu di save point. Ke kiri dulu jika kamu ingin melawan beberapa musuh, lumayan untuk menambah exp. Jika tidak, teruskan perjalanan. Setelah menjelajah sisi selatan, bergeraklah ke utara untuk menemukan Refresh Point (terletak di jalan menuju pantai). Gunakan, kemudian lompatlah ke sisi bawah. Ke kiri dulu untuk menemukan item dan menambah exp dengan mengalahkan musuh.
Sekarang telusuri pantai menuju ke arah sebaliknya. Saat melihat seseorang, siapkan dulu dirimu sebelum menghampirinya.
BOSS: ARMAROS
Kamu akan mendapat bala bantuan dari Faize. Pertarungan ini sebetulnya tidak terlalu sulit, gunakan Blueberry untuk menyembuhkan HP. Serang terus sampai sisi kanannya retak. Saat ini terjadi, serangan ke boss ini akan menimbulkan damage besar. Blindside juga cukup membantu.
            Faize akan bergabung denganmu. Teruskan perjalananmu ke utara, dan jika mau, kamu bisa menaikkan level Faize terlebih dulu. Jika tidak, masuki gua di paling utara untuk menuju gua sebelumnya.

= URD FALLS CAVE  - CALNUS =
Treasure: Blueberry x3, Lemon x3, Blueberries x3, 193 Fol, Skill Manual Scan Enemy, Bigberries,  Protections Seeds.
            Ikuti jalan sampai ke ruangan besar, ambil item di kiri sebelum meloncat ke bawah. Dari posisi ini, ikuti saja jalan yang sama seperti sebelumnya untuk kembali ke Calnus. Tiba di depan Calnus, save game dulu dan lewati gerbang. Jelajahi sekitar untuk beberapa item dulu. Keluar dulu dari sini dan lewati jembatan ke utara. Jelajahi sisi baru area ini untuk menemukan beberapa item.
Jika kamu melompat ke sisi bawah, kamu harus berjalan lagi ke sini. Lakukan jika mau, namun jika tidak, jangan. Abaikan dulu peti yang diselimuti kabut ungu. Sekarang kembali ke Calnus dan masuklah ke dalam.

= CALNUS =
Treasure: Blackberry, Blueberry, Uncooked Pasta, Olive Oil
            Periksa panel di tengah untuk mendapatkan Spaceship Data 016: Sol (Eldarian Shuttlecraft). Kamu bisa beristirahat dengan memeriksa pod di area ini. Lanjutkan memeriksa panel di sisi kiri dan kanan untuk mendapatkan Spaceship Data 012: Zagzagel (Eldarian Cruiser) dan Spaceship Data 015: Rednuht (Eldarian Battleship). Sekarang mulailah menjelajah untuk menemukan Shop, hindari dulu pintu paling utara.
Setelah puas menjelajah, masuki pintu paling utara dan periksa panel kiri dan kanan untuk mendapatkan Spaceship Data 007: SRF-004 Dentdelion, Spaceship Data 008: SRF-005 Eremia dan untuk Spaceship Data 006: SRF-002 Balena bisa didapatkan dari panel terakhir di sisi kanan. Bicara dengan kaptenmu untuk event, kemudian kamu bebas melakukan apa pun yang kamu inginkan.
Lakukan quest dari Shop atau menjelajah ulang untuk melakukan Harvest dan istirahat. Save game setelah puas dan bicara dulu dengan Gaghan di Control, baru kemudian dengan Kaptenmu untuk meneruskan event. Selesai event, bicaralah dengan Faize dan dia akan memberikan Monster Jewel. Keluar dari Flight Deck dan naik ke atas, kamu bisa mengatur penghuni kamar.
Sebaiknya letakkan Faize dan Edge di kamar yang sama. Keluar dari dalam Calnus dan kamu bisa menjelajah dulu. Kembali ke Exploration Base dan masuki ruangan di utara lagi, panel kanan tengah di ruangan ini menyimpan Spaceship Data 002: Calnus-II (w/Eldarian Upgrades). Mulai saat ini kamu juga bisa melakukan PA di beberapa lokasi. PA Faize bisa dilakukan di Item Creation Terminal dan PA Reimi bisa dilakukan di Urd Falls Cave, area dengan batu-batu bercahaya.
Lengkapi juga Monster Data untuk monster planet ini sampai semuanya mencapai 100%. Setelah beres, kembali ke Calnus Flight Deck dan periksa panel di kursi Edge. Pilih untuk berpindah planet. Bicaralah dengan Reimi dan Faize terus menerus sebagai bagian dari PA dan jangan lupa untuk melakukan save. Setelah semua kegiatan kamu lakukan, akan ada pemberitahuan, jadi kembali ke Flight Deck. Setelah mendarat, tinggalkan Calnus setelah melakukan save.

= LEMURIS: TRIOM VILLAGE =
Treasure: Aquaberries x3, Aquaberries, Blackberries x2, Demon Amulet, Basil, Blueberries, Blueberries x2.
            Jelajahi area ini untuk menemukan item. Kamu tidak bisa melanjutkan perjalanan, jadi masukilah desa untuk event dan Lymle akan bergabung denganmu. Silahkan menjelajahi desa ini dan usahakan menyelesaikan semua Quest yang ditawarkan di Shop. Naikkan level Lymle jika mau sebelum memulai menjelajah lebih jauh kelak. Jika kamu menemukan peti yang diselimuti kabut putih, abaikan dulu.

= THALIA PLAINS =
Treasure:  255 Fol, Darkness Gem, Blueberries x2, Vile Goop x2, Aquaberries x2, Blackberries x2, Bizarre Fruit dan Accuracy Seeds, 401 Fol serta Skill Manual Hide.
            Keluar dari desa melalui salah satu pintu di utara dan jelajahi dulu area ini untuk item, kemudian seberangi jembatan. Jalan kiri belum bisa kamu jelajahi, tapi ada item di akhir jalan dekat jembatan. Hindari dulu melewati jembatan tersebut dan kembali ke jalan di utara. Lewati danau es (tapi perhatikan bahwa kamu bisa melewatinya) dan hampiri gedung besar di area bersalju dengan save point. Periksa pintu dan Edge akan mempelajari Symbology Healing selesai event.

= ALANAIRE CITADEL =
Treasure: Skill Manual Treasure Sense (segera gunakan ke Lymle agar kamu bisa mengetahui lokasi tiap harta), Anti-Poison Amulet, Guardian's Rapier, Skill Manual Focus, Guardian’s Armor
            Dari pintu masuk, naiki tangga di sebelah kiri dan hiraukan dulu lorong kiri yang kamu lewati. Periksa dua batu yang menghalangi jalanmu. Balik badan dan masuki lorong yang kamu hiraukan sebelumnya untuk mengambil Shining Stone. Keluar dari ruangan ini dan kembali ke area utama setelah mendapatkannya. Ke kiri dan periksa batu di sebelah kanan agar batu tersebut naik.
Lanjutkan ke batu berikutnya, periksa dan ambil Shining Stone di reruntuhan tidak jauh darinya. Teruslah mengitari ruangan ini sambil menaikkan semua batu, jika batu tersebut tidak memiliki batu, maka kamu membutuhkan Shining Stone. Kamu tidak bisa melewati tangga di sisi kanan ruangan karena kehabisan Shining Stone. Kembali ke tangga di sisi kiri ruangan dan naik ke atas.
Ikuti jalan dan kamu bisa mengambil Shining Stone dari ruangan kanan yang kamu lewati. Keluar, ikuti jalan yang akan membawamu keluar di mana kamu bisa memungut Shining Stone lagi. Kembali ke dalam dan masuki sisi atas ruangan utama. Jelajahi area ini untuk Shining Stone. Sekarang kamu bisa turun ke bawah dan memeriksa tangga di sebelah kanan.
Periksa batu yang menghalangi jalanmu agar batu tersebut naik. Lanjutkan menaiki tangga dan masuki ruangan berikutnya. Salah satu ruangan yang kamu lewati memiliki recovering point, gunakan jika mau. Ruangan seberangnya memiliki peti berkabut pink yang belum bisa kamu buka. Lanjutkan ke sisi atas ruang utama untuk mengambil Shining Stone. Sekarang teruskan menaiki tangga ke tingkat berikutnya dari sisi selatan.
Kamu seharusnya sudah punya 2 Shining Stone yang kamu butuhkan untuk mengangkat ke dua batu yang menghalangimu. Save setelah menemukan save point, masuk dan lihat event.
BOSS: DRAGON NEWT
Boss ini memiliki kebiasaan menerjang karaktermu, jadi saat dia menargetkan karakter yang kamu kendalikan, segera lompat menjauh sebelum dia menerjang. Blindside cukup membantu, namun membutuhkan timing yang sesuai untuk diaktifkan. Jika kamu kerepotan mengalahkannya sekarang, siap-siap saja karena dia akan menjadi musuh biasa kelak.
Setelah menang, keluar dari pintu utara. Di kiri ada peti berkabut putih yang belum bisa kamu buka, jadi ke kanan dan periksalah tanda seru yang terlihat di peta untuk event.

= VAN ELM REGION – WOODLEY VILLAGE =
Treasure: Skill Manual Chain Combos, Blueberries x5, Bigberries, Vile Goop x2, Aquaberries x3, 51 Fol, Anti-Stun Amulet, Fresh Sage x2, Curing Sheet, Health Seeds.
            Di area baru ini, mulailah menjelajah untuk menemukan item serta Harvest Point. Setelah puas menjelajah, masuki desa yang kamu lihat dan mulailah menjelajah. Beres dengan semua keperluanmu, masuki rumah Lutea. Masuki rumah tersebut dan temui Lutea di kamarnya. Dia akan memberikan Symbol Stone. Saat diluar, kembali ke kamar Lutea dan periksa meja di sisi kanan atas untuk Weapon Data 119: Oracle's Staff.
            Keluar dari rumah Lutea dan bicara dengan orang di dekat gerbang di depanmu. Setelah mendapatkan instruksi, tinggalkan desa ini dan pergilah ke tanda ! di sisi paling selatan dari peta untuk mendapatkan Faerie Orchid. Setelah mendapatkannya, lanjutkan ke tanda ! berikutnya yang terletak sedikit di utara lokasimu. Kamu bisa melanjutkan perjalananmu sekarang.
            Ikuti terus jalan sampai kamu kembali berada di Triom Village. Temui Ghimdo di dalam rumahnya dan dia akan memberikan Fire Ring. Ingat peti es di sebelah kanan gerbang masuk desa ini (saat pertama kali kamu memasuki desa ini)? Gunakan Fire Ring di peti tersebut untuk mendapatkan Recipe Memo 02. Ingat danau es yang sebelumnya kamu lewati? Pergilah ke sana, seberangi danau tersebut dan temukan bongkahan es raksasa yang menutupi jalan.
            Gunakan Fire Ring untuk melelehkan bongkahan es tersebut. Ikuti jalan sambil melelehkan semua es yang menghalangimu. Namun es ketiga tidak perlu dilelehkan karena hanya menyimpan Ore Mining, yang belum bisa kamu apa-apakan. Teruskan sampai kamu tiba di dungeon berikutnya.

= CELESTIAL SHIP =
Treasure: Bigberries, Blueberries x4, Blizzard Protector, Skill Manual HP Boost, Fainting Potion x2, Cardianon Sword, Bigberries x2, Skill Manual Critical Hit, Blackberries x4, Power Bracelet, Fresh Sage x2.
            Di sisi belakang panel didepanmu, kamu bisa memungut Plastic Explosive. Jika kamu meninggalkan dungeon ini dan kembali lagi ke dalam, kamu bisa menemukan Plastic Epxlosive lagi di tempat yang sama. Balik badan dan periksa panel di kiri atas untuk Plastic Explosive lagi. Kamu bisa menemukan banyak Plastic Explosive di sini, dan kamu akan cukup membutuhkannya.
Kamu bisa melanjutkan ke ruangan berikutnya dengan dua cara. Cara pertama, meledakkan pintu dengan Plastic Explosive. Cara kedua, lewat jalan kiri dan memutari ruangan untuk masuk melalui sisi selatan. Oh ya, jangan hampiri dinding berlistrik karena kamu akan terkena damage. Dari posisi kamu mendapatkan item, kembali satu ruangan dan periksa dinding dekat percikan listrik.
Letakkan Plastic Explosive, lalu mundur. Setelah meledak, kamu bisa meneruskan ke ruangan berikutnya. Pintu di kiri memerlukan Plastic Explosive dan Fire Ring untuk membukanya. Namun hanya berisi Plastic Explosive saja. Jalan dikanan tengah (buka peta) akan membawamu keluar setelah kamu meledakkan dinding di ujung, di mana ada satu item menunggu. 
Peti es bisa dibuka dengan menggunakan Fire Ring. Selesai menjelajah, masuki pintu di sisi atas pintu yang membawamu keluar. Ikuti jalan ke utara untuk memasuki ruangan besar. Periksa panel di sebelah kanan untuk mendapatkan Cardianon Data Disc. Selesai event, sebaiknya save dulu. Jika kamu belum menyelesaikan Request di Triom Village, maka SEKARANG merupakan saat terakhir untuk menyelesaikannya.
Hiraukan dulu pintu di sisi selatan dan jelajahi dulu area ini untuk beberapa item. Saat memasuki pintu di sisi selatan, kamu akan menghadapi tiga gelombang musuh yang menjebakmu. Setelah menang, masuki lorong sebelah kiri untuk menemukan recovery point. Periksa panel di sini untuk mendapatkan Spaceship Data 020: Cardianon Landing Ship. Naiki lift yang berada di ruangan sebelumnya untuk tiba di atas.
Save game di dekat pintu di utara, masuki pintu tersebut dan periksa benda aneh di ujung ruangan untuk event.
BOSS: BARACHIEL
Boss ini memiliki kelemahan di elemen api. Jadi Symbologi dari Lymnle sangat membantu pertarungan ini. Jika kamu mengendalikan Reimi, Fire Bow juga cukup membantu. Boss juga mampu membekukanmu dengan nafas esnya, jadi segera sembuhkan jika terkena atau sabar menunggu sampai status ini menghilang sendiri. Agak sulit mengaktifkan Blindside karena boss ini terbang. Walaupun Edge memiliki Healing, kemampuan Healing dia kurang cepat. Lebih cepat jika kamu menggunakan item.
            Tinggalkan pesawat ini setelah menang dan kembalilah ke Triom Village untuk event. Sebelum pergi, isi dulu Fire Ring-mu sampai penuh dengan bicara ke salah satu penduduk. Setelah kembali ke pesawat, kamu bisa kembali ke Aeos jika mau untuk membereskan beberapa shop quest. Jika tidak, pergilah ke Cardianon. Sebelum mencapai Cardianon, habiskan waktumu melalui PA. Setelah tiba di tujuan, masuki Flight Deck.

= CARDIANON MOTHERSHIP =
Treasure: Bigberries x2, Basil x5, Defense Breaker x2, Thunder Ring, Fortitude Potion x2, Blackberries x3, Skill Manual Taunt, Wisdom Bracelet, Monster Jewel, 1020 Fol, Skill Manual Auto Healing, Skill Manual Chain Combos, Crystal, Compact Freezing Bomb, Thunder Armlet, Silver, Universal Device, Gunpowder, Laser Oscillator, Li'l Vending Machine No. 1.
            Selesai event, save dulu dan tinggalkan pesawatmu. Ambil dua item di area ini sebelum menuju ke pintu dan melawan musuh yang membuka pintu. Musuh di area ini terbang dan terkadang berbaur dengan dinding sehingga sulit terlihat. Ada baiknya kamu melihat sekitar dulu sebelum memasuki ruangan, untuk menghindari status Surprised. Tunggu sampai musuh turun sebelum mengadakan kontak dengannya.
            Pastikan kamu mengambil semua item, karena kamu memerlukan Thunder Ring yang berada disalah satu peti. Dalam perjalanan kamu akan melihat sebuah panel di dekat pintu yang menuju ke area di selatan. Gunakan Thunder Ring di panel tersebut untuk membukanya. Panel tersebut juga akan mengeluarkan listrik, berdiri di dekatnya dan periksa untuk mengisi ulang Thunder Ring. Setelah beres, lanjutkan ke area berikutnya.
            Di area ini, sebaiknya kamu jelajahi dulu dua sisi area sebelum turun ke area tengah yang lebih luas. Panel di sebelah kiri (sisi seberang peti es yang bisa dibuka dengan Fire Ring) menyimpan data Spaceship Data 02: Cardianon Mothership. Periksa panel yang ditandai dengan tanda ! untuk event, lalu ambil dulu item di ruangan kiri atas sebelum memasuki pintu sebelah kanan untuk tambahan menuju area berikutnya.
            Di area ini kamu akan bertemu tipe musuh baru, tapi tidak terlau merepotkan. Periksa mesin yang akan menjual item, berbelanjalah jika perlu. Tiba di persimpangan, ambil jalan kanan dulu untuk memasuki ruangan beku dan melihat event. Masuki ruangan kecil di sebelah ruangan beku ini untuk melihat panel. Gunakan Thunder Ring untuk melelehkan es di ruangan beku, lalu periksa mayat sebelumnya untuk mendapatkan Cardianon ID Card.
            Kembali ke persimpangan sebelumnya dan ambil jalan lurus (yang kamu hiraukan sebelumnya). Gunakan Thunder Ring untuk membuka panel, masuk ke dalam dan periksa panel untuk menggunakan Cardianon ID Card yang kamu temukan. Kembali ke ruangan dingin dan teruskan perjalanan sampai kamu menemukan save point. Save dulu dan pastikan kamu sudah mengambil semua item sebelum memasuki pintu berikutnya.

= BIOLOGICAL LABORATORY =
Treasure : Attack Bracelet, Alchemist's Water x2, Comet Robe, Fresh Sage x3, Cardianon Bow
            Beres dengan event, bicara dengan semua temanmu. Pilih pilihan 2 saat bicara dengan Lymle serta Reimi, dan pilihan 1 saat bicara dengan Faize. Bachus akan bergabung denganmu setelah event. Atur party-mu sebelum mulai menjelajah. Ikuti jalan sambil mengambil item dan kamu akan mendapat kesempatan untuk berbelanja. Gunakan dulu healing point, masuki pintu dan hadapi 4 gelombang musuh. Setelah menang, masuki pintu berikutnya.

=SUBTERRANEAN CITY =
Treasure: Skill Manual Rage, Dragonscale Armor, EM Bomb x4, Icicle Rapier.
            Jalan di area ini sangat lurus, namun dipenuhi oleh beberapa musuh baru. Selalu waspada karena saat kamu bergerak melewati jembatan, akan muncul beberapa musuh mengendarai pesawat yang akan menyerangmu. Ambil semua isi peti yang kamu temui sebelum memasuki bangunan selanjutnya.

= CONTROL TOWER =
Treasure: Skill Manual Energy Shield, Poison Cider x3, Sturdy Bracelet, Streaked Chainmail, Compact Stun Bomb x8, Element Breaker x3, Booster Wand, Skill Manual Stun, Compact Poison Bomb x4, Skill Manual Mindflare, Silvance, Power Bracelet, Skill Manual Fury Boost, Bronto Armor, Riot Potion, Anti-Paralysis Amulet
            OK, di ruangan ini serta beberapa ruangan berikutnya terdapat banyak energy barrier yang menyebalkan. Tidak semuanya bisa kamu lewati sehingga terkadang kamu harus bergerak memutar untuk mendapatkan semua item di area tersebut. Jika kamu terkena energy barrier ini, maka kamu akan terluka. Di ruangan pertama ini, buka peta untuk melihat dua jalan keluar di sisi kiri. Pergilah dulu ke jalan keluar di kiri bawah untuk mengambil item.
            Setelah mendapatkannya, kembali ke ruangan sebelumnya dan lanjutkan ke jalan keluar di sisi kiri atas. Di dua  area berikutnya, buka peta untuk melihat beberapa tanda ! di  beberapa panel. Periksa semuanya dan hancurkan dengan Thunder Ring agar kamu mampu melihat energy barrier yang tersebar di area ini. Sama seperti sebelumnya, kamu terkadang harus memutar untuk mendapatkan item.
            Di ruangan berikutnya, kamu harus menggunakan conveyor belt agar bisa mencapai jalan keluar menuju area berikutnya. Waspadalah karena musuh akan semakin agresif, termasuk Dragon General. Saat mencapai ruangan berikutnya, lihat event dan save game (akhirnya!!!). Pastikan kamu sudah mengambil semua peti di area sebelumnya. Persiapkan dirimu sebelum memasuki pintu berikutnya untuk menghadapi boss.
BOSS: SAHARIEL
Perhatikan saat boss mengeluarkan Voltage Blast, karena dia akan berdiri dan memperlihatkan titik kelemahannya. Bidik benda biru di dadanya dan hajar terus sampai dia menjatuhkan diri. Semburan api boss terkadang menyebalkan, jadi perhatikan HP-mu dan siapkan Fairy Light Lymle atau Ripe Berries untuk menyembuhkan semua anggota sekaligus. Aktifkan Burst Mode untuk mempermudah pertempuran. Sembuhkan juga status Paralysis yang menyebalkan.
            Event lagi setelah menang dan Bacchus akan KO sementara. Ikuti lorong untuk memasuki lift yang akan membawamu ke area terakhir. Periksa tanda ! di hadapanmu untuk event lagi, dan saatnya untuk kabur. Sempatkan diri untuk melakukan save, lalu masuki pintu di sebelah save point. Lakukan dash terus menerus sebelum pintu-pintu tertutup, dan ambil jalan kanan setelah event.
Masuki Calnus untuk meninggalkan tempat ini dan lihat event yang cukup panjang. Sebaiknya sekarang kamu menyelesaikan quest yang tersedia di Aeos. Aktifkan juga beberapa PA yang tersedia. Karena sekarang kamu memiliki Bacchus, kamu bisa melakukan Mining. Jadi sempatkan diri untuk kembali ke Lemuris serta Aeos untuk melakukan Mining. Beres dengan semua persiapanmu, saatnya melanjutkan ke planet berikutnya.

= ABANDONED TOWN  =
Treasure: Silver Amulet, Red Herb x2, Blueberries x4, Aquaberries x2, Thornberries x3, Bigberries x3, Fresh Sage x2, Protection Seeds.
            Reimi dan Lymle akan absen sesaat, ini artinya kamu tidak bisa melilhat posisi peti di peta dan harus mencari secara manual. Fokuskan mencari item di sekitar Calnus. Setelah melihat sekitar, masuki pompa bensin untuk event. Selesai event, pergilah ke rumah Klaus untuk meneruskan cerita. Ambil beberapa item di dalam rumah dan kamu sudah sadar bahwa Lymle kembali bergabung. Setelah persiapan beres, periksa telepon yang ditandai dengan tanda ! dan terima tawaran Klaus.

= MILITARY FACILITY =
Treasure: Aquaberries x2, Skill Manual Scan Enemy, Compact Freezing Bomb x3, Thornberries, Blueberries, Aquaberries, Earth Ring, Alien Arc, Skill Manual No Guard, Dragon Scale, Alien's Robe, Foal Snaps, Compact Stun Bomb x2, Fresh Sage x2, Compact Freezing Bomb x3.
            Setelah bisa mengendalikan Edge, ambil isi peti lalu bicara dengan Lymle, Bacchus serta Faize. Keluar dari ruangan dan mulailah menjelajah sekitar untuk item serta melawan musuh-musuh baru. Pastikan kamu mengambil SEMUA item karena kamu tidak bisa kembali lagi ke tempat ini. Manfaatkan healing point di salah satu sel sampai kamu mendapatkan 100% data dari semua musuh di area ini. Save saat menemukan save point, karena kamu akan melawan...
BOSS: GENOMIC BEAST
Ular.. Kenapa harus ular?! Tidak sulit, hanya menyebalkan saja karena boss ini memiliki cukup banyak HP dan hobi menabrakkan dirinya ke karakter yang kamu kendalikan. Rush Mode atau Chain Combo sangat membantu untuk mengurangi HP boss dengan cepat. Serangan berelemen api juga kurang efektif untuk menyerang, sebaiknya kamu kendalikan Edge karena dia merupakan karakter dengan status yang cukup seimbang.
            Menang, Meracle akan bergabung denganmu. Teruskan perjalananmu untuk event dan mengomel atas tingkah laku Edge. Bicaralah dengan semua temanmu di ruangan, dan Reimi terakhir. Selesai event, Reimi akan kembali bergabung denganmu. Bicara dengan Faize dulu, baru Meracle untuk melihat event lagi. Save jika mau, kemudian ikuti jalan sampai kamu tiba di Calnus.

= CALNUS =
            Sebaiknya kamu letakkan Lymle satu kamar dengan Faize untuk memicu PA. Sisanya terserah padamu. Save kalau mau dan bicara dengan semua temanmu. Kemudian periksa panel kontrol Edge dan terima tawaran Bacchus untuk melihat event panjang. Tiba di luar, kamu bisa kembali ke Calnus untuk melakukan Item Synthesis dan PA jika mau. Jika tidak, kamu bisa mulai menjelajah.

= ROAK =
Treasure: Holy Water x2, Blueberries x3, Basil x2, 2986 Fol, Riot Potion x2, Barrier Spiritwater, Bunny Feed x3, DANGER! DO NOT DRINK x3.
            Sempatkan diri mengunjungi beberapa Harvest dan Mining Point yang tersebar disepanjang perjalanan. Jika kamu belum pernah mengendalikan Meracle, maka sekarang merupakan saat yang tepat untuk memulainya. Ikuti jalan sampai event, setelah melihat event kamu bisa meneruskan perjalanan sampai tiba di kota berikutnya.

= TATROI =
Treasure: Anti-Curse Amulet, Blackberries x2, Ripe Berries, Girl's Gift Box, Recipe Memo 16, Aquaberries x4, 12000 Fol, Bigberries x2, Bunny Feed x3, Bellwether's Bow.
            Kota yang cukup ramai dan luas dibandingkan sebelumnya. Selesai event, kamu bisa mulai menjelajah dan berbelanja. Bicaralah dengan salah satu penjaga untuk mendapatkan Weapon Data 127: Guardsman's Lance. Saat kamu bergerak lebih jauh ke kota, akan ada event lagi. Selesai event, kamu bisa meneruskan menjelajah kota. Lakukan quest di beberapa toko jika mau dan sempatkan diri membeli pedang baru untuk Edge.
            Keluar dari kota setelah persiapanmu beres dan hampiri tenda besar yang bisa kamu lihat di sebelah kanan pintu saat kamu keluar. Bicara dengan orang yang berjalan di belakang tenda untuk mendapatkan Glowstick. Lalu bicara dengan 2 orang yang sedang menjemur sesuatu di dekat tenda, tanyakan mengenai Bunny untuk informasi. Lanjutkan dengan bicara ke Elder yang duduk dekat pintu masuk tenda.
            Kamu akan mendapatkan Bunny Reins selesai event. Kamu bisa masuk ke tenda untuk mengambil isi peti di dalam. Keluar dan seberangi jembatan tidak jauh dari tenda. Saat muncul tawaran untuk mencari Bunny, terima tawaran tersebut. Selesai event, Reimi akan absen. Keluar dari penginapan dan bicara dengan seorang perempuan yang berdiri di dekat gedung. Dia akan mencharger ulang semua cincinmu dengan bayaran, lakukan saja.
            Lakukan quest dikota ini jika mau, lumayan untuk menambah exp. Setelah beres, pergilah ke Dock untuk berbicara dengan pria yang berdiri di dekat kapal. Terima tawarannya untuk menuju ke kota berikutnya.

= ASTRAL CITY-  TATROI =
Treasure: 126 Fol, Riot Potion x2, 8 Fol, Monster Jewel, Swept Hilt, Health Seeds, Famed Sword Veinslay.
            Setelah event, tinggalkan Inn dan bicara dengan seorang prajurit yang berjalan di sisi selatan penginapan untuk mendapatkan Weapon Data 126: Donzel's Sword. Jelajahi kota dan tiap bangunan untuk item. Di dekat bangunan di mana kamu mendapatkan Monster Jewel, bicara lagi dengan seorang prajurit untuk mendapatkan Weapon Data 121: Astral Sword. Setelah beres, pergi ke Istana dan ambil item di dalam peti selesai event.
Keluar dari ruangan ini dan turuni tangga di sebelah kiri. Selesai event, kembali masuk untuk mengambil item di sebelah kiri kursi tahta. Keluar dari Istana dan pergi ke Dock untuk bicara dengan laki-laki di sebelah kapal, kembalilah ke Tatroi. Bicara dengan laki-laki di dekat Colosseum untuk mendapatkan Weapon Data 125: Bouncer's Sword. Balik badan dan hampiri air mancur diseberang Colosseum.
Bicara dengan orang tua yang berjalan di dekat air mancur tersebut untuk informasi mengenai Black Eagle. Kemudian bicara lagi dengan orang yang berdiri di “toko” sebelah kiri air mancur untuk info tambahan. Sebelum melanjutkan, ada baiknya kamu mempersiapkan Edge semaksimal mungkin dan melakukan save di Inn. Setelah siap, masuki Colosseum untuk event.
BOSS: BLACK EAGLE
Kamu hanya akan mengendalikan Edge sendirian. Jika kamu terbiasa mengendalikan Edge sejak awal, pertarungan ini tidak terlalu sulit. Manfaatkan Blindside serta Rush untuk menimbulkan damage besar ke boss.
            Pertarungan mudah... Event lagi setelah beres dan tinggalkan Inn untuk tambahan event lagi. Reimi akan kembali bergabung denganmu. Persiapkanlah dirimu terlebih dulu sebelum berangkat. Kembali ke Tatroi, dan tinggalkan kota ini. Jika mau, kamu bisa kembali dulu ke Calnus untuk melakukan Item Synthesis. Hampiri tenda sebelumnya untuk event, kemudian lanjutkan menyeberangi jembatan untuk menangkap Bunny.
            Menangkap Bunny sangat mudah, cukup hampiri dia dan pilih untuk mengendarainya. Setelah mendapatkan Bunny, pergilah ke Astral Desert yang terletak di barat daya.

= ASTRAL DESERT - TROPP AREA =
Treasure: Silver Chalice, Fainting Potion x2, Attack Seeds, Bandit's Gloves, 9856 Fol, Defense Seeds, Holy Water, Bigberries x3, Magic Capacitor.
            Jelajahi area ini untuk menemukan beberapa item. Selama kamu menaiki Bunny maka kamu bisa menghindari semacam lubang hisap yang terlihat. Namun, kamu tidak bisa melakukan Harvesting atau Mining, dan harus turun dari Bunny jika melakukannya. Jika kamu kehilangan Bunny, maka kamu harus kembali lagi menangkapnya di tempat yang sama seperti sebelumnya. Lanjutkan ke area berikutnya setelah penjelajahanmu beres.
Area berikutnya tidak terlalu luas dan tidak memiliki terlalu banyak item. Untuk menambah Exp, ada baiknya kamu membuka semua peti di area ini sebelum menuju ke gua yang terletak di timur laut.

= CAVE TO THE PURGATORIUM =
Treasure: Riot Potion x3, Basil x2, Health Seeds, Recipe Memo 09, Resurrection Elixir, Fresh Sage x2, Resurrection Elixir, Barrier Spiritwater, 4445 Fol.
            Jalan di gua ini sangat lurus, jadi tidak perlu khawatir tersesat. Sempatkan diri untuk melakukan Harvesting serta Mining saat kamu menemukan poin-poin tersebut. Saat kamu melihat sebuah benda berwarna merah sedang melayang, periksalah untuk mendapatkan Crimson Firefly. Kamu bisa mendapatkan item ini beberapa kali saat kamu mengikuti jalan yang ada. Keluar melalui jalan yang akan membawamu ke utara.
            Tiba di luar, kamu bisa menjelajah sambil menghabisi musuh di sini untuk exp. Lakukan save di dekat Purgatorium, masuklah ke dalam setelah kamu puas di luar. Selesai event, keluar dari Purgatorium dan kembalilah ke dalam gua sebelumnya. Kali ini ambil jalan keluar di sisi barat. Jelajahi dulu sekitar untuk mendapatkan beberapa item, dan setelah puas, masuki kota yang berada tidak jauh dari pintu keluar gua.

= TROPP =
Treasure: Stamina Pie x2, Bizarre Fruit.
            Sat memasuki kota, akan ada event. Kamu bisa mulai mejelajah setelah event. Beli beberapa equipment baru jika uangmu mencukupi. Jalani juga beberapa quest jika mau. Setelah semua persiapanmu beres, masuki bangunan yang memiliki dua simbol di dekat pintu masuknya. Event panjang, setelah bisa mengendalikan Edge, bicaralah dengan semua teman-temanmu, lalu Reimi untuk event dan mendapatkan Lamp of Guidance serta Myuria.
            Setelah Myuria bergabung, jika kamu menginginkan ending milik Crowe, kembalilah ke Calnus untuk mengaktifkan PA miliknya. Manfaatkan juga waktu ini untuk melakukan Item Synthesis serta menaikkan level Myuria, jika dia ketinggalan level. Seharusnya saat ini kamu sudah bisa meletakkan Lymle dan Faize di kamar yang sama, lakukan jika bisa. Setelah siap, kembalilah ke Purgatorium.

=PURGATORIUM =
Treasure: Skill Manual Trap Evasion, Wide-Range EM Bomb x3, Skill Manual Steal, Light Ring, Flare Robe, Poison Relief Unit x2, Bow of Wisdom, Holy Water x3, Runic Metal x3, Bracteate, Quantum Processor, Fire Gem x4, 8000 Fol, Recipe Memo 14, Intelligence Seeds, Fresh Sage x2, Ripe Berries, Micro Hadron Collider, Ancient Cannon, Skill Manual Focus, Majestic Armor.
            Tiba di dalam, kamu bisa mulai menjelajah untuk mengambil beberapa peti yang berada di beberapa ruangan terlebih dulu. Pergilah ke sisi kanan area, di mana kamu menemukan guci besar yang tidak menyala. Periksa guci tersebut untuk membuka pintu baru sehingga kamu bisa meneruskan. Di ruangan berikutnya, ada patung prajurit dengan tombak. Ikuti arah tombaknya dan nyalakan guci sesuai dengan yang ditunjuk oleh patung tersebut.
            Jika salah menyalakan, kamu akan melawan musuh. Lumayan juga untuk menambah exp! Pintu akan terbuka dan kamu akan melihat patung prajurit yang sama, ikuti arah tombaknya untuk menyalakan guci berikutnya. Di ruangan berikutnya kamu akan melihat kristal putih yang belum bisa diapa-apakan, hiraukan dulu. Ke kanan untuk menyalakan guci lagi, ikuti petunjuk 2 patung di sini untuk membuka jalan menuju ke boss.
BOSS: GUARDIAN BEAST
Serang bagian belakang jika bisa. Ice Needle sepertinya sangat efektif, jadi sempatkan membawa Faize atau Myuria. Pertarungan ini tidak terlalu sulit, namun jika kamu kerepotan, sebaiknya kamu membawa Lymle untuk Fairy Healing miliknya.
            Kamu akan mendapatkan Light Ring setelah menang. Cincin ini hanya bisa digunakan 1x dan harus di-charge dengan menggunakan kristal yang kamu lihat sebelumnya. Kembali ke ruangan dengan kristal dan temukan pintu yang dihalangi kabut hitam. Gunakan Light Ring untuk membukanya, periksa kristal untuk men-charge cincin dan masuki pintu di seberang pintu berkabut yang baru kamu buka.
            Tiba di lorong, lihat ke kanan untuk membuka pintu kabut berikutnya. Setelah mengambil isi peti di dalam, keluar dan ambil jalan ke kiri, kanan lalu kiri lagi untuk memasuki pintu di mana kamu bisa mencharge cincinmu. Keluar, ambil jalan kanan lalu kiri dan lurus saja dan masuki pintu sebelah kanan. Buka pintu kabut di sebelah kanan, ambil Bow of Wisdom di dalam, lalu keluar.
            Keluar melalui pintu sebelah kiri, ke kiri dan lewati 2 ruangan, ke kiri dan masuki pintu sebelah kanan. Hiraukan tangga di sebelah kiri dan masuki pintu di depanmu untuk mengaktifkan puzzle guci. Masuki ruangan yang terbuka untuk mencharge cincinmu. Keluar dari ruangan ini, masuki pintu di depanmu dan ambil jalan kiri, lalu kanan dan buka pintu kabut di sebelah kiri.
            Ambil isi peti di dalam ruangan, kemudian keluar dan ke kanan, lalu ke kiri untuk memasuki pintu kanan. Turuni tangga yang kamu lihat, lalu naiki tangga diseberang. Aktifkan lagi puzzle guci, charge cincinmu di ruangan yang baru terbuka dan keluar untuk menuruni tangga. Ambil jalan kiri untuk memasuki area luas, di mana kamu kembali harus menyalakan guci. Nyalakan sesuai gambaran dibawah:

                                    Utara
                        0                                  8
            X                       3                                            X
                        7                                  1
                                      6                   
                        4                                  0
            X                                                                     X
                        2                                  5

Keterangan:
X = Patung
0 = Guci yang menyala

            Tangga turun akan muncul sehingga kamu bisa mencapai sisi bawah. Turun ke sisi kiri, temukan pintu berkabut dan buka dengan cincinmu. Ambil Majestic Armor di dalam ruangan tersebut dan keluar untuk memasuki pintu di sisi utara. Selesaikam puzzle guci untuk men-charge cincinmu, lalu keluar dan pergi ke sisi kanan area membuka pintu kabut berikutnya. Masuk dan charge lagi cincinmu, kemudian keluar dan masuki pintu sebelah kiri.
            Buka pintu berkabut dan masuk untuk menuruni tangga ke lantai berikutnya. Untuk puzzle guci, nyalakan dengan urutan barat laut, tenggara, barat daya, lalu timur laut. Masuki area berikutnya dan hampiri pintu kiri untuk event. Keluar dulu dan pergi ke area di utara untuk men-charge cincin serta membuka pintu kabut di sebelah kiri. Masuki pintu di sebelah pintu kabut untuk mencharge cincin lagi.
Keluar, lalu ke kanan dan buka pintu kabut di dekat tangga untuk mengambil item. Sekarang kembali ke ruangan di mana kamu melihat event dan masuki pintu sebelah kanan untuk menuruni tangga. Kamu akan menemukan guci puzzle.... lagi. Nyalakan saja sesuai dengan gambaran berikut:
                        Utara
5                      0                      7
=========================
            0                      0
                        2
            8          X         4
                        0
            1                      6
==========================
                        3
        
            Air akan surut setelah kamu menyalakan semuanya, pastikan kamu mengambil item serta menggunakan healing point sebelum menuruni tangga ke lantai berikutnya. Pastikan kamu melakukan save sebelum membuka pintu yang akan membawamu ke event. Kamu akan melawan boss setelah menghadapi 2 gelombang musuh.
BOSS: TAMIEL
Jangan meremehkan dia karena boss ini cukup kuat. Dia juga terkadang memanggil anak buahnya, habisi mereka untuk menambah exp. Tamiel mampu menyebabkan status silence dan paralyzed, sembuhkan secepatnya. Sebaiknya kamu menyerang boss dari depan dan siapkan healer untuk menyembuhkan diri secepatnya. Pertarungan ini bisa cukup merepotkan jika kamu tidak siap.
            Setelah menang, tinggalkan Purgatorium untuk melihat event. Kamu sekarang bisa membuka peti harta yang diselimuti kabut ungu dan listrik, tapi jika ingin men-charge cincinmu, kamu harus membayar orang yang sama yang men-charge cincinmu yang lain. Untuk Light Ring, jika ingin gratis, kamu bisa kembali ke Purgatorium dan menggunakan kristal untuk men-charge-nya lagi.
Setelah kamu membereskan semua quest, kembalilah ke Calnus untuk event. Sarah akan bergabung denganmu saat kamu meninggalkan Roak. Atur teman sekamarmu jika mau, dan kamu bisa mengaktifkan beberapa quest di Lemuris jika mau. Hindari dulu Aeos karena akan mentrigger event berikutnya. Jika kamu puas dengan semua quest, pergilah ke Aeos untuk mengaktifkan beberapa PA.
Jika kamu sudah menempatkan Lymle dan Faize dalam satu kamar, akan ada event penting yang mentrigger ending Faize kelak. Usahakan kamu mendahulukan bicara dengan Fayze dan Lymle untuk mendapatkan ending Faize. Sempatkan diri juga untuk melakukan Item Synthesis.

= AEOS =
Treasure: 19800 Fol.
            Setelah melihat event, kamu bisa membuka peti berkabut hitam yang kamu lihat sebelumnya dengan menggunakan Light Ring. Kembali dulu ke Calnus untuk mengaktifkan PA Faize di ruang barang sebelah kiri dari Meeting Room. Setelah mengaktifkannya, bicara dengan teman-temanmu jika mau dan keluar dari Calnus. Sekarang tinggalkan Exploration Base melalui jalan di selatan, ada gua kecil yang membawamu ke dungeon berikutnya.

= UNDERSEA TUNNEL =
Treasure: Defense Seeds, Aquaberries x7, Monster Jewel, Cursed Cider x3, Vile Goop x2, Light Charm, Recipe Memo 29, 35003 Fol, Bigberries x3, Blackberries, Glowstick x4, Regeneration Symbol, Steel x2
            Gua ini sangat pendek, ambil jalan kiri saat percabangan untuk mengambil item dan teruskan untuk tiba di luar. Jelajahi area ini karena ada banyak Harvest dan Mining Point yang bisa kamu periksa. Saat menemukan save point dan healing point, siapkan dirimu. Ada baiknya kamu bawa Sarah karena dia merupakan healer yang lebih baik dibandingkan Lymle. Oh ya, jika kamu menyukai mengendalikan Faize, sebaiknya save di tempat lain.
            Maju sedikit untuk event dan hadapi 6 gelombang serangan musuh. Makin ke belakang, mereka akan semakin merepotkan karena memiliki serangan jarak jauh yang cukup berbahaya. Aktifkan Rush Mode untuk mempermudah pertarungan dan sebaiknya atur agar Sarah menggunakan Faerie Healing dibandingkan sekedar Healing. Setelah sukses mengalahkan semuanya, lihat event lagi.
            Faize akan meninggalkan party dan Arumat akan menggantikannya. Party kamu sudah fix sekarang. Tentukan siapa party favoritmu, bagi saya Sarah, Edge (terkadang Meracle), Myuria dan Arumat. Teruskan perjalananmu ke sisi timur sampai kamu menemukan persimpangan. Ambil yang mengarah ke timur dan turun melalui tebing dekat peti berisi Regeneration Symbol. Ikuti jalan lagi agar kamu kembali ke lokasi Calnus.
            Sebaiknya kamu kembali ke Calnus, letakkan Arumat dikamar Edge dan temui dia di Battle Simulator Room. Kalahkan dia! Jika levelmu mencapai di atas level 41 – 42, kamu bisa mengalahkannya dengan cukup mudah. Arumat terkadang menggunakan Symbology, serang dia sebelum dia menyelesaikan mantra. Rush mode bisa kamu gunakan sebagai waktu untuk melakukan healing.
             Setelah semuanya beres, kembali ke persimpangan sebelumnya di mana kamu meloncat turun dan kali ini ambil jalan ke arah barat. Manfaatkan healing point di dekat gua yang akan membawamu ke dungeon berikutnya.

= MIGA INSECT WARREN =
Treasure: Aluminum x2, Blackberries x4, Basil x2, Steel x2,  Potent Accuracy Seeds, Nature Wand, Vile Goop x3, Hurricane Claws, Glowstick x3, Monster Jewel x2, Recipe Memo 11, Skill Manual Charge, Natural Water x2, Basil, Vile Goop, Broken Metal Cutting Blade.
            Sebelum kamu memasuki dungeon ini, sebaiknya pastikan Fire Ring dan Earth Ring milikmu memiliki energi untuk membuka beberapa peti di dungeon ini. Dungeon ini memiliki pasir hisap dan agak sedikit merepotkan. Save dan masuk ke dalam pasir hisap di depanmu, biasanya kamu akan langsung berhadapan dengan musuh. Jika kamu mengambil jalan ke timur, maka kamu akan kembali ke lantai atas.
            Ambil jalan satunya lagi untuk melawan musuh dan meneruskan ke sisi utara. Buka peta dan perhatikan tanda ! yang terlihat. Pergi ke posisi tersebut dan gunakan Earth Ring untuk menghancurkan batu agar kamu bisa mencapai sisi atas. Saat kamu menemukan peti di atas pasir hisap (di jalan menuju ke jalan buntu), kamu ada 2 pilihan. Jika kamu belum mengambil semua item di area ini, hiraukan dulu peti tersebut.
            Tapi jika kamu tidak terobsesi mengumpulkan semua item, ikuti peti tersebut untuk tiba di area baru. Buka isi peti dan lompat turun melalui tebing di dekatnya untuk lebih cepat. Sama seperti sebelumnya, jelajahi dulu area ini untuk item dan Mining Point sebelum menggunakan pasir hisap yang terletak di dekat peti berisi Steel x2. Jika kamu melelehkan balok es di jalan menuju ke utara, kamu bisa mencapai Mining Point.
             Jika kamu menghampiri dinding di sisi selatan Mining Point, musuh akan muncul dan kamu harus melawannya. Perhatikan tebing bertanda ! yang ada di sisi utara (dekat peti es) dan lompat dari tebing ini. Dari posisi ini, kamu bisa meneruskan menjelajah atau menuju ke sisi selatan untuk mencapai area berikutnya. Ambil item di area ini dan gunakan pasir hisap pertama yang kamu lihat.
Sebaiknya kamu persiapkan party untuk menghadapi boss, saran saya bawalah Sarah dan Myuria. Dari posisi kamu terjatuh, ambil jalan paling barat yang akan membawamu ke save point (di pojokan, jangan sampai terlewat). Siapkan dirimu dan hampiri semacam fosil di sebelah kanan save point untuk event.
BOSS: ARMAROS MANIFEST
Semoga kamu sudah terbiasa dalam menggunakan Blindside, karena kelemahan boss ini terletak di ekornya dan hanya bisa diserang jika kamu menggunakan Blindside. Dua hal yang harus kamu waspadai adalah anak buahnya (habisi mereka ASAP) dan sembuhkan status silence yang mengenai magician-mu. Sarah dengan Cure Condition akan sangat kamu perlukan, jadi utamakan menyembuhkan dia terlebih dulu. Blindside Meracle atau Edge sangat membantu untuk menyerang ekor boss. Bersabarlah karena pertarungan ini akan berjalan cukup lama.
            Beres dengan boss ini, keluarlah melalui pintu di dekatmu. Ikuti jalan dan lompat turun melalui tebing. Save jika mau dan keluarlah melalui pintu yang tersedia. Sekarang kembalilah ke Calnus. Jika kamu sudah puas menjelajahi Aeos, tinggalkan planet ini dan pergilah ke En II untuk melihat event yang cukup panjang. Selesai event, kamu bisa mengaktikan PA lagi sebelum tiba di En II.

= EN II =
Treasure: Health Seeds, Bunny Feed, Ripe Berries, Void Recovery Unit x2, Potent Intelligence Seeds, Recipe Memo 18, Physical Stimulant x2, Skill Manual Emergency Repairs.
            Setelah mendarat, kamu bisa kembali dulu ke Calnus karena ada beberapa PA menunggu. Beres dengan PA, tinggalkan Calnus dan keluar untuk menjelajah. Untungnya tidak ada musuh di sini, jadi kamu bisa bernafas lega. Di ujung jalan, naiki lift dan pilih Monitor Room A. Bicara dengan pria di ruangan ujung, kemudian bicara dengan teman-temanmu jika mau.
            Periksa bola cahaya dan pilih semua pertanyaan yang muncul. Selesai event, kembali ke elevator dan pilih Monitor Room B. Periksalah benda yang berputar untuk mendapatkan Spaceship Data 017: Morphus Battleship, Spaceship Data 018: Morphus Exploration Craft, Spaceship Data 019: Morphus Escape Pod dan Spaceship Data 022: Cardianon Battlecraft.
Selanjutnya, kembali ke elevator dan pilih Old Road to the Sanctuary. Bicara dengan pria di dekat pintu dengan banyak sulur dan pergilah ke Centropolis. Item yang saya sarankan kamu dapatkan adalah Funereal Bouqet dan Wind Ring. Funeral Bouqet bisa didapatkan dengan berbicara ke perempuan yang berada di dekat Inn. Sedangkan Wind Ring bisa didapatkan dengan berbicara ke perempuan di kuburan (Cemetery), yang di kanan.
Periksa kuburan dengan tanda !, kemudian naiki tangga. Periksa pohon untuk mendapatkan Wind Ring. Item lain yang bisa didapatkan adalah Recipe Memo 26, Health Seeds, Magic Seeds, Bizarre Fruit, Perfect Berries x2, Holy Water x4, 19000 Fol, Secret Diary, Recipe Memo 23.  Pastikan kamu mengisi cincin dengan bicara ke perempuan di dalam Inn. Dengan Wind Ring ditangan, bicara dengan pria di dekat pintu sulur dan gunakan Wind Ring untuk membukanya.

= OLD ROAD TO SANCTUARY =
Treasure: Poison Relief Unit x3, Ebony, Skill Manual Bunny Call, Skill Manual Focus, Recipe Memo 15, Disintegration Stone, Recipe Memo 03, Raven Staff, Skill Manual Haggling, 30003 Fol, Bracteate.
            Dungeon satu ini cukup luas dan musuh yang akan kamu hadapi cukup kuat. Sempatkan bertarung untuk menaikkan level dan jelajahi semua area untuk mendapatkan item yang tersebar. Kamu akan menggunakan hampir semua cincinmu di sini, jadi semoga kamu ingat mengisi semuanya. Bersyukurlah bahwa Edge memiliki dash sehingga menjelajahi dungeon menjadi kegiatan yang cukup mudah. Kamu harus menuju ke area berikutnya, yang terletak di sisi barat peta.

= SANCTUARY =
Treasure: Holy Chainmail, Memorial Plate, Biocloth x2, Recipe Memo 28.
            Segera save game, dan teruskan menjelajah. Ada dua refreshing point di area ini. Salah satunya ada di area kecil yang terletak di sisi barat, yang satu lagi terletak menjelang pertarungan boss. Sebaiknya kamu menggunakan Bacchus dan maksimalkan keahlian Black Hole Sphere miliknya. Setelah kamu cukup siap, hampiri boss yang berada di sisi tengah area.
BOSS: KOKABIEL 
Boss yang merepotkan untuk dilawan. Dia tidak bisa dilukai sampai kamu menghabisi sebagian besar anak buahnya. Black Hole Sphere milik Bacchus mampu melukai banyak musuh sekaligus. Ada 4 anak buah Kokabiel yang tidak bisa dilukai, jadi saat kamu menemui anak buah Kokabiel yang tidak bisa dilukai, segera berpindah ke musuh lain. Saat tinggal 4 anak buah Kokabiel dan mereka mengelilingi boss, kamu bisa mulai melukai Kokabiel. Gunakan semua kemampuanmu untuk melukainya dan saat dia memanggil anak buahnya lagi, ulangi strategi yang sama. Hindari menyerang dengan elemen cahaya dan bersabarlah, karena pertarungan akan berjalan lama dan melelakan.
            Setelah akhirnya menang, lihat event lagi. Kembali ke Monitor Room A dan bicara lagi dengan Ex untuk event. Oh iya, jika kamu kembali ke Monitor A dan memeriksa benda yang berputar, maka kamu akan mendapatkan Spaceship Data 013: Zamzagiel (Eldarian Destroyer), Spaceship Data 014: Dominion (Eldarian Colony Ship), Spaceship Data 003: Calnus-III (w/Enhanced Armaments), Spaceship Data 005: Aquila-B (High-Speed Cruiser), Spaceship Data 009: Phantom Craft (SRF-Style) dan Spaceship Data 010: USTA Warpship.
            Sebaiknya kamu kembali ke Sanctuary untuk menaikkan level serta memanfaatkam Harvest serta Mining Point. Selesaikan juga quest dan Order Shop di Centropolis. Jika khawatir, saya sarankan levelmu berada di atas level 50 sebelum menuju ke Nox Obscurus. Setelah siap, kembali ke Calnus dan pilih Depart di Flight Deck untuk melihat event panjang.

= NOX OBSCURUS =
Treasure: Void Recovery Unit x3, Fresh Sage, Hot Chocolate x2, Manacloth, 68000 Fol, Recipe Memo 12, Vile Goop x4, Darkness Charm, Ripe Berries x2, Insect Egg x2, Nightmare Wand, Monster Jewel x2, Disintegration Stone x2, Ripe Berries x2, Blueberries x19, Magic Seeds, Fresh Sage x2.
            Setelah mendarat, kamu bisa kembali ke Calnus untuk mengaktifkan PA, dan pastikan kamu melakukan save. Kamu juga bisa kembali ke planet lain untuk menjalankan quest atau PA karakter-karakter tertentu. Buatlah Funereal Bouqet sebanyak 8 buah untuk menjalankan PA tiap karakter (lihat Private Action). Beres dengan semua persiapanmu, tinggalkan Calnus dan turuni tebing yang ditandai dengan tanda !.
            Sebagian besar musuh di sini merupakan versi Phantom dari musuh yang pernah kamu hadapi, berarti mereka lebih kuat dari sebelumnya. Sarah merupakan karakter wajib dalam party jika kamu ingin bertahan hidup. Berikan dia equipment yang membantu pertahanan terhadap status Silence. Kamu bisa menggunakan “gelembung” untuk kembali ke sisi atas, jadi tidak perlu panik.
            Di area berikutnya, ada healing point di sisi atas tebing, manfaatkan jika perlu. Area ini sama luasnya dengan sebelumnya dan perjalananmu akan lebih direpotkan dengan musuh yang bertambah kuat. Pastikan kamu melakukan save saat menemukan save point dan jika bicara dengan pria di dekatnya, dia akan memberikan quest. Pria yang satu lagi akan men-charge cincinmu, namun hanya satu cincin.

= HALLS OF TERMINATION =
Treasure: Bizarre Fruit, 53 Fol, Mental Stimulant x3,Manacloth x2, Health Seeds, Disintegration Stone x2, Dragon Scale.
            Pastikan kamu sudah memiliki 1 Funereal Bouqet jika kamu ingin melihat ending Crowe kelak dan Earth Ring terisi penuh. Area ini memiliki banyak kristal raksasa dan saat kamu berada dijangkauan kristal ini, kamu tidak bisa menggunakan Symbology. Untuk menghancurkan kristal ini, berdiri dibawahnya dan gunakan Earth Ring. Kamu tidak perlu menghancurkan semuanya, hancurkan saja yang kamu rasa mengganggu.
            Kamu bisa menghindari jangkauan kristal dengan berjalan dipinggiran, lakukan hal ini jika kamu malas menghadapi musuh yang biasanya berada dalam jangkauan kristal. Ada save point didekat salah satu Mining Point, manfaatkan segera. Dari posisi save point, pergilah ke timur untuk melihat event. Ikuti jalan yang ditunjukkan Meracle dan hampiri tanda !  untuk event lagi. Kamu bisa menggunakan Funereal Bouqet di reruntuhan kapal untuk PA Crowe.

= PALACE OF CREATION =
Treasure: Aquaberries x4, Tent, 81000 Fol, Dragon Scale x2, Physical Stimulant x4, Sea Serpent Haropoon, Scrambling Unit x3, Attack Seeds, Health Seeds, 15 Fol, Bizarre Fruit x2, Frozen Cider x2, Poison Cider, Silent Cider x2, Pumpkin Cider, DANGER! DO NOT DRINK!, Vile Goop x3, Monster Jewel, Fresh Sage x4, Fresh Sage x3, Mental Stimulant x3, Ripe Berries, Magic Seeds, Parchment x9, Mercury, Mithril, 108000 Fol, Disintegration Stone x2, Meteorite, Thunderbolt Gear, Vulcan Discharger, Darkness Gem x2, Monster Jewel, Tent, Bracteate x2, Shadestone, Skill Manual ATK Boost, Serpent Staff, Fresh Sage x4, Manacloth, Blackberries x12, Thornberries, Holy Sword Farewell, Pumpkin Extract x3, Resurrection Elixir x2, Dullahan's Armor, Mithril, Recipe Memo 10, Rivet, Red Dragon Scale.
            Palace of Creation terdiri dari beberapa area. Sebaiknya kamu jelajahi satu area sebelum berpindah ke area berikutnya. Jika ada musuh yang mencegahmu untuk mengambil isi peti, terkadang kamu bisa menggunakan dash dari sisi kiri atau kanan, untuk melewatinya. Saat kamu menggunakan platform bergerak, semua musuh akan mulai bangkit. Di area 2, gunakan pintu cahaya untuk berpindah tempat.
Dari platform awal, ambil dulu item di peti dengan Fire Ring. Kamu bisa menjelajah jika mau, namun jika ingin langsung ke pintu keluar, gunakan pintu cahaya barat, lalu utara, barat daya dan pintu timur laut. Masuki pintu timur, lalu timur laut dan pintu barat sebanyak 2x untuk melanjutkan. Di area 3, tidak terlalu menyulitkan, hanya luas area saja yang membuat lelah. Pintu keluar terletak di sisi barat laut.
Sisa area tidak terlalu rumit, hanya sedikit melelahkan saja. Di area 8, temukan patung yang memegang tongkat disalah satu ruangan, kemudian periksa cermin di belakangnya. Balik ke patung tersebut untuk mengambil Serpent Staff. Kamu memerlukan tongkat ini untuk membuka seal menuju platform berayun. Jangan sampai game over karena kamu baru akan menemukan save point di Audience Chamber.
Setelah menemukan save point dan mencapai Audience Chamber, persiapkan party terkuatmu. Kalau masih belum pede, nggak ada salahnya kamu menaikkan level atau kembali ke Calnus untuk melakukan Item Sythesis. Level yang harus kamu capai jika tidak ingin terlalu kesulitan adalah level 60 (Galaxy Difficulty). Hindari menggunakan equipment atau spell berelemen darkness. Setelah persiapanmu beres, masuki pintu untuk event.
BOSS: APOSTLE OF CREATION
Serang boss dengan elemen Light, seperti Holy Sword Farewell milik Edge. Sarah harus selalu siap untuk menyembuhkan HP tim secepat mungkin, ambil alih kendalinya jika perlu. Boss ini tidak terlalu sulit jika kamu mengaktifkan Chain Combo atau Rush Mode ASAP. Namun boss akan semakin kuat saat HPnya semakin berkurang. Jangan buang-buang item karena kamu masih akan memerlukannya kelak. Bersabarlah dan serang terus boss sampai dia KO.
            Pertarungan belum selesai dan kamu akan berpindah tempat. Tidak ada peta di sini, dan kamu harus mencapai cahaya di ujung ruangan. Usahakan jangan menabrak kristal-kristal karena kamu akan melawan boss-boss yang kamu lawan sebelumnya. Jalan baru akan muncul saat kamu bergerak, jadi atur posisi kamera dan cobalah untuk mencapai cahaya untuk melihat event lagi.
FINAL BOSS: SATANAIL
Boss ini memiliki HP yang tinggi, jadi bersabarlah. Hajar dulu permata berwarna yang mengelilingi boss ini dan keluarkan serangan terkuatmu. Untuk permata di sisi atas, kamu membutuhkan Reimi atau magician. Jangan segan menggunakan item jika kamu membutuhkannya. Ganti kendali ke karakter lain jika kamu membutuhkannya. Jika Sarah kurang cepat, segera gunakan Ripe Berries. Boss ini tidak terlalu merepotkan jika kamu memiliki persiapan yang mencukupi. Rush Mode akan mampu memberikan damage besar dengan cepat.
            Setelah mengalahkan Final Boss, kamu bisa meload Clear Data dan akan memulai di save point terakhir. Di pintu kanan, kamu bisa teleport kembali ke Calnus dan di pintu kiri, kamu bisa melawan UNDYING DRAGON dan mendapatkan Darkness Ring yang mampu membuka peti harta bersinar. Kembalilah ke En II dan pergi ke Monitor Room B, periksa benda berputar di sisi timur untuk Spaceship Data 011: Calnus (USTA Transport).
            Pergilah ke Colosseum di Roak dan gunakan Darkness Ring untuk membuka seal di area barat. Kamu akan mendapatkan akses ke Cave of the Seven Stars, sesuai namanya dungeon ini terdiri dari 7 lantai. Di tiap lantai (kecuali lantai 4) kamu akan melawan boss dan boss terakhir adalah BARACHIEL FALLEN. Kamu juga akan mendapatkan Star Dipper, yang akan memberikan akses ke dungeon Inner Sanctum.
            Inner Sanctum merupakan dungeon di mana kamu akan melawan GABRIEL CELESTE dan peti yang bisa didapat setelah mengalahkannya berisi Water Ring. Jika sukses mengalahkan Gabriel Celeste, pergilah ke Old Road to the Sanctuary dan bicara dengan pria bernama Bargo untuk membuka dungeon Wandering Dungeon. Wandering Dungeon tidak memiliki save point dan kamu akan melawan Ethereal Queen.
            Jika kamu bermain ulang, maka saat Faize meninggalkanmu, kamu bisa memilih untuk mempertahankan Faize. Namun kamu akan kehilangan Arumat dan hal ini tidak akan berpengaruh ke cerita.
           
PRIVATE ACTION
            Beberapa PA terbagi bersama karakter lain, jadi ada beberapa PA yang sama. Jika kamu melihat lebih dari satu karakter yang berkumpul bersama, artinya PA tersebut adalah PA bersama.
= Reimi =
Lokasi: Urd Fall Caves, di area dengan banyak tanaman bercahaya.
Kapan : Setelah Edge menjadi Kapten Calnus.
Pilihan: You're really beautiful, Reimi.

Lokasi: Calnus: Flight Deck, bicara dengan Reimi.
Kapan: Setelah meninggalkan Aeos pertama kali.

Lokasi: Calnus: Recreation Room, bicara dengan Faize atau Reimi
Kapan: Setelah meninggalkan Aeos pertama kali

Lokasi: Calnus, bicara dengan Reimi dikamarnya.
Kapan: Setelah meninggalkan Aeos pertama kali

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Faize atau Reimi
Kapan: Setelah meninggalkan Aeos pertama kali
Pilihan: Earth really does have all kinds of people.

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Faize atau Reimi
Kapan: Setelah meninggalkan Aeos pertama kali
Pilihan: Well, there was a bit of a trauma I went through...

Lokasi: Aeos Exploration Base, bicara dengan Commander Grafton
Kapan: Setelah menyelesaikan event di Lemuris, sebelum pergi ke Cardianon.
Pilihan: You knew, sir?

Lokasi: Calnus Flight Deck, bicara dengan Reimi
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon.

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Reimi
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon.
Pilihan: Your birthday, right?

Lokasi: Calnus: Battle Simulator, bicara dengan Reimi
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon.

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Reimi, Lymle atau Faize
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon.

Lokasi: Calnus Flight Deck
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Calnus Women's Restroom
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II
Note: Jika kamu menyaksikan PA ini, maka affinity antara Reimi ke Edge akan turun drastis. Jadi sebaiknya jangan save setelah melihat event ini.

Lokasi: Calnus Meeting Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Lymle
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II
Pilihan: Pick the 'marry' option.

Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Setelah mendarat di Roak

Lokasi: Calnus  Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos.

Lokasi: Calnus, istirahatlah di kamarmu.
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos.

Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos.

Lokasi: Calnus, istirahatlah di kamarmu. Namun hanya aktif jika kamu memilih pilihan yang benar di PA 09 serta menjadikan Reimi sebagai teman sekamar Edge.
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II.

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II.

Lokasi: Clanus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II.
Pilihan: He's like...a rival I have to overcome.

Lokasi: Calnus Women's Restroom
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II.

Lokasi: Calnus, kamar Reimi
Kapan: Setelah mendarat di En II

Lokasi: Calnus  Battle Simulator
Kapan: Setelah mendarat di En II dan berbicara dengan Ex pertama kali

Special PA:
Lokasi: Aeos Exploration Base, harus memiliki Funeral Bouquet.
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Reimi):
Lokasi: Calnus Battle Simulator
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Faize =
Lokasi: Calnus Item Creation Terminal
Kapan: Setelah Edge menjadi Kapten Calnus

Lokasi: Calnus, kamar Edge dan Faize (kamu harus meletakkan mereka di satu kamar selama beberapa saat)
Kapan: Setelah Lymle bergabung

Lokasi: Calnus, kamar Edge dan Faize (kamu harus meletakkan mereka di satu kamar selama beberapa saat)
Kapan: Setelah Lymle bergabung

Lokasi: Calnus, kamar Edge dan Faize (kamu harus meletakkan mereka di satu kamar selama beberapa saat dan memilih pilihan benar di PA5)
Kapan: Setelah Lymle bergabung
Pilihan: Tell me something about yourself, then.

Lokasi: Calnus Recreation Room, bicara dengan Lymle atau Faize
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon

Lokasi: Calnus Meeting Room, masuki ruangan penyimpanan di utara. 
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Abandoned Town Klaus's House, periksa lemari es merah.
Kapan: Setelah bicara dengan Klaus

Lokasi: Abandoned Town Gas Station, periksa radio yang terletak di counter
Kapan: Setelah bicara dengan Klaus

Lokasi: Calnus, kamar Faize dan Lymle (kamu harus meletakkan mereka di kamar yang sama selama beberapa saat).
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos

Lokasi: Calnus Meeting Room
Kapan: Setelah mendarat di Aeos untuk kedua kalinya.

= Lymle =
Lokasi: Calnus Item Creation Terminal
Kapan: Setelah menyelesaikan event di Lemuris

Lokasi: Calnus Meeting Room, bicara dengan Lymle
Kapan: Dalam perjalanan ke Cardianon

Lokasi: Cardianon Mothership Biological Laboratory
Kapan: Periksa vending machine di Cardianon Subterranean City sebanyak 2x.

Lokasi: Calnus kamar Lymle, bicara dengan Lymle
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Setelah mendarat di Roak

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos
Pilihan: "They look beautiful."

Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Funereal Boquet:
Lokasi: Lemuris Triom (kuburan Ghimdo), membutuhkan Funeral Bouquet
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Lymle)
Lokasi: Calnus Meeting Room, ruang penyimpanan di utara
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Bacchus =
Lokasi: Calnus Item Creation Terminal
Kapan: Saat akan menuju ke En II pertama kali

Lokasi: Calnus, kamar Bacchus
Kapan: Dalam perjalanan dari Cardianon ke En II

Lokasi: Calnus, kamar Bacchus
Kapan: Setelah mendarat di Roak

Lokasi: Calnus, kamar Myuria
Kapan: Setelah Myuria bergabung, sebelum menyelesaikan Purgatorium.

Lokasi: Calnus, kamar Bacchus
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos

Lokasi: Centropolis (periksa pintu yang mengarah ke bangunan ke timur)
Kapan: Setelah mengalahkan Kokabiel
Pilihan: It's a really nice building.

Funereal Bouquet
Lokasi: En II Dock, harus memiliki Funereal Bouquet
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Bacchus)
Lokasi: Calnus Second Floor
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus


= Meracle =
Lokasi: Calnus, 2F
Kapan: Setelah mendarat di Roak

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos

Lokasi: Calnus, istirahat selama penerbangan
Kapan: Saat 40% sebelum mencapai tujuan

Lokasi: Calnus, kamar Meracle
Kapan: Setelah mendarat di Aeos untuk kedua kalinya.
Pilihan: A town with a colosseum

Lokasi: Clanus Battle Simulator room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Lokasi: Calnus Meeting Room (di ruang penyimpanan di sisi selatan)
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Setelah mendarat di En II

Funereal Bouqet
Lokasi: Roak, bicara dengan Eleyna di  Eleyna's Hideout (harus memiliki Funereal Bouqet)
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus dan menyelesaikan quest It Came From the Vent.

Final (Affinity tinggi dengan Meracle):
Lokasi: Roak, Dock - Tropp
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Myuria =
Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Roak ke Aeos
Pilihan: They can't hold a candle to you, Myuria.(untuk ending Myuria)

Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Setelah mendarat di En II

Lokasi: Centropolis (periksa pintu ke arah bangunan barat)
Kapan: Setelah mengalahkan Kokabiel
Pilihan: I'd probably hide a letter in a gift I have her.

Funereal Bouqet (harus memiliki Funereal Bouqet):
Lokasi: Centropolis, periksa kuburan di dekat sebuah pohon
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Myuria)
Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Sarah =
Lokasi: Calnus Item Creation Terminal
Kapan: Setelah meninggalkan Roak

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Setelah mendarat di Aeos untuk kedua kalinya

Lokasi: Calnus Recreation Room
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Lokasi: Calnus, kamar Sarah
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II
Pilihan: ... That sounds plausible.

Funereal Bouqet (harus memiliki Funereal Bouqet):
Lokasi: Roak Astral Castle, bicaralh dengan Raja di ruang tahta
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Sarah):
Lokasi: Roak, lokasi awal di mana Calnus mendarat sebelumnya.
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Arumat =
Lokasi: Calnus Battle Simulator room
Kapan: Segera setelah Arumat bergabung
Pilihan: Fine. Bring it on. Kemudian kalahkan Arumat.

Lokasi: Calnus, kamar Arumat
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II
Note: PA ini hanya muncul jika kamu sukses mengalahkan Arumat sebelumnya di Battle Simulator.

Lokasi: Calnus, kamar Arumat
Kapan: Dalam perjalanan dari Aeos ke En II

Funereal Bouqet (harus memiliki Funereal Bouqet):
Lokasi: Aeos - Southern Reaches (ada pecahan pesawat yang bisa diperiksa)
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

Final (Affinity tinggi dengan Arumat):
Lokasi: Calnus, kamar Arumat
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus

= Crowe =
Funereal Bouquet (harus memiliki Funereal Bouquet):
Lokasi: Nox Obscurus, Halls of Termination
Kapan: Setelah mendarat di Nox Obscurus
Note: Untuk mendapatkan ending Crowe, kamu juga harus mendapatkan ending Meracle, Reimi dan Sarah.

QUEST
            Untuk mengaktifkan quest, kamu harus bicara dengan orang-orang tertentu. Jadi sempatkan bicara dengan semua orang yang kamu temui. Quest biasanya memberikan SP dan Exp, serta item jika beruntung.
Aeos
  • Leg Collector
Kumpulkan Insect Leg x10, yang dijatuhkan oleh musuh Adephaga dan Adephaga Drus. Kamu juga bisa mendapatkannya melalui Harvest Point di Aeos.
Reward: Blueberries

  • Egg Collector
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Leg Collector. Kumpulkan Insect Egg x8 yang dijatuhkan oleh musuh Adephaga dan Adephaga Drus atau melalui Harvest Point di Aeos.
Reward: Aquaberries, Recipe Memo 20

  • The Missing Patient
Temukan Rich di dekat tangga yang menuju Calnus.

Woodley Village
  • The Little Lost Girl
Reward: Item shop bisa dipakai.
Temukan anak yang dimaksud di dekat pintu keluar di sisi barat Woodley Village.

  • The Curious Kitty
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Little Lost Girl. Temukan kucing yang dimaksud di Silent Forest.

  • In Need of Nectar
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Cardianon Mothership. Nectar biasanya dijatuhkan oleh musuh Dryad atau Giant Fungus. Kamu membutuhkan Nectar x16.

  • In Search of 'Shrooms
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest In Need of Nectar. Kamu membutuhkan Tasty Mushroom x16 yang biasanya dijatuhkan oleh musuh Mist Grave atau Giant Fungus.

  • Fang Flute Fabrication
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Cardianon Mothership. Kamu harus menggunakan Item Creation untuk membuat Fang Flute.

  • The Stubborn Matriarch
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Cardianon Mothership. Pergilah ke Triom dan bicara dengan perempuan di depan rumah Lymle.

  • Oil for the Cold
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Stubborn Matriach. Dapatkan Wolf Oil x1 yang biasanya dijatuhkan musuh Saber-Toothed Tiger.

  • Wood for the Hearth
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Roak. Kamu memerlukan Wooden Stick x10 yang bisa didapatkan di Harvest Point Van Elm Region.

  • A Cherished Keepsake
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Roak dan quest The Curious Kitty. Kamu harus menemukan Oracle's Charm. “Bicara”dengan kucing yang kamu temukan, kucing itu berada di Item Shop Woodley.
Reward: Skill Manual Chain Combos

  • Further Fang Flute Fabrication
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Fang Flute Fabrication. Buatlah Fang Flute dengan menggunakan Item Creation (Crafting).

  • Lutea's Secret Stones
Setelah meninggalkan Roak, kembali bicara dengan Lutea. Setelah mendarat di Nox
Obscurus, bicara lagi dengannya. Dia akan meminta Salamanderstone, Gnomestone, Sylphstone, Nereidstone, Thorstone, Angelstone dan Shadestone. Semua bisa didapatkan dari Mining Point di Planet tertentu, atau dibuat dengan Item Creation (Alchemy).
o Reward: Lutea's Sacred Stone


Tatroi

  • The Seafarer's Treasure
Temukan Old Pendant di Roak - Northeast Astralian Continent.
o Reward: Seafarer's Harpoon

  • Missing Brother
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Sand Bird Strikes Back.
Reward: Skill Shop dibuka.

  • The First Errand
Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle.
Berikan Fresh Sage x10, bisa dibeli di Item Shop atau terkadang melalui Harvest Point.
Reward: Ultimate Bomb x2

  • The Second Errand
Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle. Kamu memerlukan Bee Stinger x9 yang terkadang dijatuhkan musuh Honeybees.
Reward: HP Absorption Unit x4

  • The Third Errand
Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle. Berikan Wool x13 yang bisa dibeli di Astral.
Reward: Time Stopper

  • Crazy for Grape Juice
Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle. Kamu memerlukan Famous Grape Juice yang bisa dibeli di Weapon Store di Tropp.

  • The Shoddy Doll
Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle. Bicaralah dengan perempuan yang berada di Inn, Tropp.

  • Food Run
Bicara dengan perempuan yang duduk di dock dalam perjalananmu ke Tatroi. Quest ini bisa diaktifkan setelah mengalahkan the Black Eagle. Kamu memerlukan Sweet Fruit yang bisa dibeli di Astral City.
Reward: Recipe Memo 19

  • In Search of Anessa
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Shoddy Doll. Temukan Anessa di Astral, dia berdiri di belakang salah satu tiang lampu.


  • Where's the Receptionist?
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan the Purgatorium. Temukan Lucy di 2F salah satu toko di Astral.
Reward: Membuka akses ke Colosseum dan Tatroi Colosseum Dictionary

  • Listless Bunny
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Where's the Receptionist?. Buatlah Stamina Pie dengan menggunakan Item Creation.
Reward: Membuka Bunny Races dan Bunny Racetrack Dictionary

  • Puffy's Debut
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Where's the Receptionist?. Saat melawan Miss Puffy's Lovely Guy di Colosseum, mengalah saja.

  • Puffy's Rage
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Puffy's Debut. Kalahkan Miss Puffy's Lullaby di Colosseum.

  • Puffy's Revenge
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan Puffy's Rage. Kalahkan Miss Puffy's Elite Guard di Colosseum.

  • The Fourth Errand
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Third Errand dan mendarat di Nox Obscurus. Gunakan Item Creation untuk membuat Intensified Gunpowder x20.
Reward: Silent Talisman

  • The Fifth Errand
 Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest The Fourth Errand. Dapatkan Giant Bird Feather x12 yang biasanya dijatuhkan oleh musuh Axe Beaks.
Reward: Recipe Memo 01


Astral
  • Musical Mending
Gunakan Item Creation untuk membuat Music Box.
Reward: Recipe Memo 06

  • Locked Out
Kamu harus menemukan Weapon Shop Key dengan berbicara ke pria diluar bar di Tatroi.
Reward: Weapon Shop Astral dibuka.

  • The Latest Beauty Fad
Dapatkan Peryton Droppings x10 dengan mengalahkan musuh Axe Beaks.

  • The Stray Carrot
Kamu harus mencopet Carrot Doll dari salah satu pria di bar. Namun ingatlah bahwa setiap kali kamu mencopet maka affection teman-temanmu akan berkurang.

  • No Way Home
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan the Purgatorium. Buatlah Lemon Juice dengan menggunakan Item Creation.
Reward: Blueberry Tart x3

  • Sore Throat Soother
Quest ini bisa diaktifkan setelah menerima quest Where's the Receptionist? Dapatkan Red Herb x1 dengan memeriksa Harvest Point di Roak.
Reward: Colosseum bisa diakses.

  • Ogre Battling
Quest ini bisa diaktifkan setelah mendarat di Aeos kedua kalinya. Kalahkan Desert Ogres sebanyak 30 buah. Kamu bisa menemui mereka di Astral Desert atau Tropp Area.
Reward: Astralian Emblem

  • Rumble in the Caves
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Ogre Battling. Pergilah ke Astral Caves dan kalahkan boss yang kamu temui.
Reward: Recipe Memo 21

  • A Cherished Bangle
Bicara dengan salah satu prajurit di Astral Cave. Quest ini bisa diaktifkan menerima quest Rumble in the Caves. Temui istri prajurit tersebut di salah satu rumah di sisi selatan Astral.

Tropp

  • The Second Doll
Dapatkan Exquisite Wooden Doll dari pembuat boneka di Tatroi.
Reward: Magical Clay x2

  • Grooming is Essential
Buatlah Feathered Comb dengan menggunakan Item Creation.
Reward: Recipe Memo 22

  • A Symbol of Bravery
Kamu bisa mendapatkan Purgatorium Stone saat kamu memasuki Purgatorium. Saat menaiki tangga pertama, lihat di lantai kiri untuk menemukannya.
Reward: Scumbag Slayer

  • Otherworldly Diet
Buatlah Otherworldly Cuisine x3 dengan menggunakan Item Creation.

  • The Rebound Queen
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Otherworldly Diet, tapi sepertinya kamu harus menunggu beberapa waktu dulu sebelum bisa mengaktifkannya. Buatlah Pasta Bolognese dengan Item Creation (membutuhkan Recipe Memo 07).

  • New Life, New Clothes
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan the Purgatorium. Kamu harus membuat Traveler's Cloak dengan Item Creation (Crafting).

  • The Mapless Traveler
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest New Life, New Clothes. Pergilah ke Astral dan beli Map of Astral di Mobius's One-Stop Shop.

  • Ruddle Strikes Again
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan The Mapless Traveler. Beli peta yang sama di tempat yang sama.
Reward: Ruddle Christian Dictionary entry, Ruddle's shop di Tatroi

  • Desert Dilemma
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan the Purgatorium. Kalahkan Sand Bird di
Astral Desert, dekat oasis.

  • The Sand Bird Strikes Back
Quest ini bisa diaktifkan setelah menyelesaikan quest Desert Dilemma. Kalahkan lagi Sand Bird diposisi yang sama.
Reward: Salah satu syarat untuk membuka Ruddle's Shop

  • Whodunit?
Curi Gorgeous Gem dari pria berkerudung di Skill Shop di Tatroi.

  • It Came From the Vent
Quest ini bisa diaktifkan setelah mendarat di Nox Obscurus. Bicara dengan Eleyna di persembunyiannya. Kalahkan musuh yang berada di cerobong, kamu cukup bergerak ke sisi atas persembunyian Eleyna.
Reward: Recipe Memo 13


Sanctuary
  • The Wind Ring
Kamu harus melakukan quest ini untuk membuka dungeon.

  • Trial of Might (white Sacred Gem)
Kalahkan saja musuh untuk menyelesaikannya.
Reward: Laser Weapon, SP, EXP

  • Trial of Wisdom (green Sacred Gem)
Kamu harus menemukan Philosopher's Tome. Pergilah ke Lemuris - Thalia Plains dan periksa benda bercahaya di seberang danau yang beku. Lanjutkan pergi ke Aeos, dan pergi ke area Southern Reaches. Sebelum save point, periksa benda bercahaya di dekat Mining Point (agak di belakang batu). Pergi ke Roak - Tropp Area, periksa benda bercahaya di belakang pilar di sisi barat.
Reward: Skill Manual Faerie Star

  • Trial of Courage (blue Sacred Gem)
Kalahkan semua musuh yang muncul.
Reward: Greater Sacrificial Doll

  • Trial of Love (red Sacred Gem)
Kamu membutuhkan Psynard Chick yang merepotkan untuk dibuat. Dapatkan dulu Psynard Egg, yang terkadang dijatuhkan Early Psynards (berusahalah terus sampai dapat). Lalu bawa item tersebut ke Flora/Fauna Laboratory di Centropolis, buatlah Growth Stimulant Ampule. Berikan item ini ke penjaga toko, lalu kembali ke Sacred Gem untuk menetaskan telur ini.
Reward: Chalice of Love

Centropolis
  • A Distinguished Rarity
Buatlah Japonesque Vase dengan menggunakan Item Creation (Crafting, membutuhkan Meracle, Sarah dan Edge).
Reward: Angelstone

  • The Elusive Female Firefly
Crimson Firefly bisa ditemukan dalam Cave to Purgatorium, benda merah yang melayang. Namun masalah jenis kelamin, kamu tidak bisa tahu dengan jelas. Tangkap saja sebanyak mungkin.
Reward: Shortcake

  • The Unopenable Chest
Gunakan Wind Ring untuk membuka peti di sebelah client dan dapatkan Secret Diary.
Reward: Echo Machine

  • Where's the Recipe?
Copet Secret Memo dari pria berambut pirang di Centropolis Flora/Fauna Laboratory.
Reward: Recipe Memo 08

  • Guitar Maker
Buatlah Small Guitar dengan menggunakan Item Creation.

Nox Obscurus
  • The Last Letter
Bicaralah dengan Giotto di Monitor Room A. Lanjutkan dengan bicara ke perempuan di dekat client yang memberikan quest ini.

Leave a Reply

Aturan Berkomentar
-Dilarang SARA.
-Dilarang mengunakan bahasa kasar.
-Dilarang menggunakan bahasa porno dsb.
-Boleh BlogWalking.
-Dilarang meletakan link hidup.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

- Copyright © 2012 Blog Fras -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -