Posted by : Unknown Jumat, 21 Desember 2012


WALKTHROUGH

Platform: Xbox 360, PS3, PC
Publisher: Square Enix
Developer: Eidos Montreal
Genre: FPS, Action RPG
ESRB: M
Penulis: Dimas
E-mail: dims_pras@yahoo.com
Foto: Dimas


Seri ini merupakan prekuel dari seri pertama Deus Ex (2000). Tidak seperti dua seri sebelumnya, penggunaan Nanoteknologi belum ditemukan pada masa ini. Sebagai gantinya, penggunaan teknologi Augmentasi baru menjadi tren dan menimbulkan isu kontroversial di mata sebagian masyarakat. Meskipun sebelumnya tidak setuju, sang protagonis, Adam Jensen, diselamatkan dari kematian oleh penerapan teknologi Augmentasi ini.


TIPS BERMAIN:
-          Walkthrough ini dibuat berdasarkan Main Quest versi Xbox 360, tetapi bisa digunakan baik untuk PS3 maupun PC.
-          Ada tiga pendekatan yang bisa kamu gunakan dalam game ini; stealth, combat dan gabungan dari keduanya.
-          Gameplay dari guide ini dibuat melalui pendekatan stealth dan seminimal mungkin berkonfrontasi dengan musuh. Pendekatan ini merupakan cara paling aman mengingat daya serang musuh sangat kuat sehingga kamu bakal lebih sering mati saat konfrontasi langsung.
-          Perhatikan dan ikuti objective mark yang berupa pointer kuning untuk Main Quest serta pointer biru untuk Side Quest.
-          Gunakan sebaik mungkin sistem cover saat bersembunyi maupun ketika berlindung dari tembakan musuh.
-          Suara langkah dan lompatanmu bisa terdengar oleh musuh, sebisa mungkin kamu harus crouching untuk dapat mendekati musuh diam-diam.
-          Biasakan memeriksa tubuh musuh setelah kamu mengatasinya untuk mengambil setiap barang yang dimiliki (termasuk ammo, credits, dll).
-          Sembunyikan tubuh musuh di tempat yang sekiranya tidak dilalui atau tidak terlihat oleh musuh lainnya.
-          Menutup pintu bisa mencegah suara terdengar oleh musuh yang berada di balik pintu.
-          Meskipun tetap fokus pada pendekatan stealth, jika memungkinkan untuk mengatasi musuh tanpa membahayakan posisimu maka lakukanlah. Kamu butuh mengumpulkan exp untuk mendapatkan Praxis Point.
-          Jika memungkinkan gunakan hacking di setiap panel kode untuk komputer, pintu, storage, brankas, alarm, laser, dan lainnya meskipun kamu sudah memiliki kodenya. Dengan cara ini kamu bisa mengumpulkan lebih banyak exp untuk berburu Praxis Point.
-          Ada untungnya menjalankan Main Quest dan Side Quest secara bersamaan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu.

TIPS UPGRADE AUG:
            Total ada 21 jenis upgrade Augmentasi tetapi 2 sudah penuh sejak awal jadi sisa 19 jenis yang harus kamu perhatikan. Tiap jenis upgrade kembali dibagi menjadi 7  kategori: Cranium, Torso, Arm, Eye, Back, Skin, Legs. Kamu dibebaskan untuk memilih upgrade yang akan kamu lakukan sesuai dengan gaya bermainmu. Untuk mempermudah permainan, HG punya beberapa saran yang perlu dijadikan prioritas ketika melakukan upgrade. Berikut ini HG berikan penjelasan untuk  masing-masing kategori sekaligus prioritas upgrade yang perlu kamu perhatikan.

Cranium:
Upgrade pada fitur Social Enhancer akan berguna saat berbicara dengan karakter lain dalam situasi plot tertentu dan membuka pilihan dialog tambahan pada Side Quest. Ditambah lagi mengaktifkan Pheromones terkadang juga akan membantumu dan mempermudah di situasi tertentu.
Upgrade pada Radar System sangat berguna untuk mengetahui posisi musuh terutama dibantu dengan Vision Cones untuk mengetahui arah dan jarak pandang musuh. Sementara itu Marking Targets, Noise Feedback, serta Stealth Enhancer tidak akan banyak membantumu dalam permainan.
Prioritas HG pada kategori Cranium jatuh pada Hacking Capture yang sangat berguna untuk membuka banyak hal tanpa memerlukan kode. Dengan memprioritaskan upgrade hingga Level 5 maka untuk ke depannya kamu akan sangat terbantu sekali oleh fitur ini. Ditambah dengan kemampuan mematikan kamera, Robot, Turret, maka hambatan yang berarti bisa kamu singkirkan. Digabungkan dengan upgrade pada Heavy Lifting Augment maka kamu bisa memindahkan Turret dan memposisikannya hingga menguntungkan dirimu.
Setelah itu mungkin kamu juga bisa memprioritaskan untuk meng-upgrade Hacking Stealth untuk menurunkan (bahkan menghilangkan) tingkat deteksi saat sedang melakukan hacking. Di sisi lain upgrade pada Hacking Analyze dan Hacking Fortify terasa kurang signifikan manfaatnya.

Torso:
            Menambah kapasitas Cell tidak akan banyak membantu karena kamu butuh Energy Bar untuk mengisi Cell tersebut. Di sisi lain Recharge Rate adalah prioritas pada kategori Torso yang harus kamu upgrade sesegera mungkin.
            Gas Immunity akan sangat berguna saat pertempuran melawan boss dan beberapa tempat tertentu. Fitur ini akan kamu butuhkan di tengah permainan. Fitur Sprinting tidak akan kamu perlukan jika kamu fokus pada cover dan bermain stealth. Sementara itu upgrade pada Sprint Time tidak akan bermanfaat jika tidak digabungkan dengan upgrade Fast Sprint pada kategori Legs.
            Meskipun fokus pada stealth, kamu juga butuh meng-upgrade sistem pertahanan Typhoon. Fitur ini sangat kamu butuhkan saat menghadapi boss dan untuk mengalahkannya lebih cepat. Pastikan untuk memiliki fitur ini sebelum menghadapi boss dan upgrade juga daya serangnya.

Arm:
            Heavy Lifting merupakan fitur yang paling kamu butuhkan di sepanjang permainan. Dengan fitur ini kamu bisa membuka jalan atau malah membuat blokade. Ditambah lagi kamu juga bisa melemparkan barang berat kepada musuh ataupun boss untuk memberikan damage yang lumayan besar.
            Fitur Wall Breaking tidak akan kamu gunakan setiap saat tetapi dengan fitur ini kamu bisa menghancurkan dinding untuk membuka ruang rahasia yang biasanya terdapat Praxis Kit, amunisi, senjata, dan banyak item lainnya. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini untuk mengatasi musuh yang berada di balik dinding yang kamu hancurkan.
            Fitur Carrying Capacity butuh kamu upgrade menjelang pertengahan permainan untuk dapat membawa lebih banyak barang. Di sisi lain fitur Recoil Compensation dan Aim tidak begitu dibutuhkan berhubung penggunaannya terbatas jika kamu fokus menggunakan pendekatan stealth.

Eye:
            Fitur Infravision lumayan berguna untuk melihat keberadaan musuh di balik dinding maupun musuh yang menggunakan stealth cloaking. Fitur ini juga cukup berguna ketika melawan beberapa boss. Di sisi lain fitur Alert Cooldown Timer tidak akan kamu butuhkan karena pastinya sebisa mungkin kamu tidak boleh dipergoki oleh musuh. Fitur Flash Immunity juga tidak diperlukan karena kamu bisa berlindung untuk menghindar dari cahaya Concussion Grenade yang membutakan.

Back:
            Icarus Landing merupakan fitur prioritas yang harus kamu upgrade untuk menghindari mati konyol karena tidak sengaja jatuh dari tempat tinggi. Percayalah, hal ini sering terjadi pada HG sebelum mengaktifkan fitur ini. Apapun gaya bermain yang kamu terapkan, fitur ini merupakan prioritas yang harus kamu upgrade pada awal permainan.
            Fitur Multi-Takedown bakal berguna untuk menghabisi dua musuh (atau lebih) yang berdiri berdekatan dalam satu waktu. Sangat berguna bagi yang memilih bermain secara stealth karena situasi seperti ini akan sering ditemui.

Skin:
            Upgrade pada kategori ini meningkatkan pertahananmu. Upgrade fitur Damage Reduction sangat dibutuhkan meskipun kamu bermain dengan pendekatan stealth mengingat daya serang musuh dan juga boss sangat besar. Fitur EMP Immunity juga akan dibutuhkan pada beberapa tempat termasuk saat pertempuran dengan boss. Upgrade fitur ini untuk dapat melalui lantai berarus listrik dengan santai.
            Penting juga untuk melakukan upgrade pada fitur Cloak. Kekurangannya adalah fitur ini menghabisi penggunaan Energy Cell dengan cepat meskipun sebelumnya sudah kamu upgrade hingga maksimal. Kamu masih bisa mengantisipasi pergerakan musuh untuk dapat melalui mereka ketimbang melakukan upgrade untuk fitur cloaking.

Legs:
            Upgrade pada fitur Silent Movement akan sangat berguna bagi kamu yang bermain stealth. Selain itu upgrade pada fitur Jumping juga akan berguna dan jika digabungkan dengan Icarus Landing dan Heavy Lifting maka kamu bisa mengakses sebagian besar tempat. Di sisi lain fitur Fast Sprint tidak akan berguna jika tidak digabungkan dengan Sprint Time.


SARIF INDUSTRIES UNDER ATTACK
            Level pertama ini merupakan level tutorial yang menunjukkan jalannya mekanisme permainan dalam bentuk video. Jika kamu tidak sempat memperhatikan kamu bisa melihatnya lagi nanti. Setelah cutscene yang cukup panjang kamu akan berbicara dengan Megan dan ia akan memintamu untuk mengikutinya. Sebelumnya kamu bisa melihat-lihat sekeliling dulu mengingat nantinya kamu tidak akan kembali ke tempat ini lagi. Ada beberapa item yang perlu kamu cek untuk mendapatkan achievement OLD SCHOOL GAMER seperti e-book di kursi, Digital Newspaper di meja, bingkai foto dan buku di balik kursi, dan jangan lupa pula untuk memeriksa Toy Car di dalam lemari kabinet. Setelah itu berbicara pada Megan dan kemudian kamu akan berjalan mengikutinya secara otomatis.
            Ketika kamu tiba di ruangan bosmu, David Sarif, alarm akan berbunyi. Sebagai kepala keamanan di Sarif Industries kamu akan diminta untuk memeriksa apa yang terjadi. David akan memberikanmu kode untuk elevator [0451] dan segera turun ke bawah. Di sini Adam akan mengeluarkan senjatanya, Combat Rifle. Sesampainya di bawah susuri lorong dan merangkaklah di bawah pintu lab. Ketika kamu menghampiri dinding kaca kamu akan melihat dua ilmuwan yang dihabisi oleh salah satu penyusup. Pergi ke kiri dan singkirkan peti logam dengan menggunakan tombol interaksi. Naik ke atas peti lainnya dan buka ventilasi untuk bisa menuju ke sisi lainnya.
            Hati-hati jangan sampai terbakar oleh api saat kamu melalui dinding yang hancur. Setibanya di ujung lorong pergi ke ruangan berikut dan segera bersembunyi di balik dinding. Akan ada dua musuh masuk ke ruangan ini dan kamu bisa memilih untuk melewatinya secara diam-diam atau menghabisi mereka langsung. Bagaimanapun juga akan tetap lebih bijak jika kamu memilih untuk melewati mereka diam-diam. Bukan apa-apa, senjatamu punya tingkat recoil yang kuat jadi kamu tidak akan bisa membidik kepala musuh dengan mudah. Belum lagi daya serang musuh lebih kuat jadi dipastikan kamu yang akan lebih cepat mati.
            Lompati kotak di lorong berikut dan buka pintu menuju lab secara hati-hati. Ada tiga musuh yang menunggumu di sini dan bersembunyilah di balik pintu. Dari posisi ini kamu bisa melihat tabung gas yang berada di dekat mereka. Usai mereka berbicara bidik dan tembak tabung gas tersebut untuk mengatasi mereka. Atau bisa juga kamu melalui mereka secara sembunyi-sembunyi.

[GAMBAR = 01 - Sarif Industries Under Attack]

            Lanjutkan ke ruangan berikut, masuk pintu dan segera jongkok di dekat tangga. Akan empat musuh datang dan sekali lagi kamu bisa memilih untuk menghabisi mereka (dengan headshot tentunya) atau melalui mereka dengan mengendap-endap di belakang railing. Lanjutkan perjalananmu hingga cutscene muncul dan permainan yang sesungguhnya dimulai.

BACK IN THE SADDLE
            Setelah menyaksikan cutscene panjang kamu akan diberi tahu untuk memperbaiki tampilan HUD-mu yang sedikit bermasalah. Untuk itu kamu perlu menemui Frank Pitchard yang ruangannya berada di Technology Lab di lantai atas. Jika perlu kamu bisa bertanya kepada resepsionis untuk informasi letak ruangannya serta letak helipad, kantormu, dan penthouse milik David Sarif. Segera temui Frank untuk memperbaiki glitch pada HUD-mu.
            Selanjutnya kamu akan diminta untuk menemui Faridah Malik di helipad. Kamu bisa mengetahui letaknya dengan mengikuti pointer kuning (untuk Main Quest) pada HUD-mu. Sementara itu untuk Side Quest kamu bisa mengikuti pointer biru. Oya, meskipun terlihat seperti tidak dibatasi oleh waktu dan kamu bebas bereksplorasi, sebaliknya waktu sangat berperan penting di sini. Jadi sebaiknya kamu langsung menuju helipad dan tinggalkan eksplorasi untuk nanti usai kamu menyelesaikan misi berikut.Naik ke heli dan dengarkan briefing dari David mengenai misimu kali ini.
            Sebuah pabrik manufaktur milik David Sarif telah diserang oleh kelompok radikal yang menamakan diri mereka sebagai Purity First. Pemimpin mereka bernama Zeke Sanders menyandera beberapa orang dan Adam diminta untuk mengatasi situasi ini. David akan menawarkan pilihan untuk menyelesaikan situasi ini dengan cara kekerasan atau dengan cara damai. Pilihan ini akan menentukan senjata yang akan kamu gunakan nanti.
            Jika kamu memilih non-lethal dan short-range, senjata yang akan kamu terima adalah Stun Gun. Pilihan  non-lethal dan long-range akan memberikanmu senjata Tranquilizer Rifle dengan amunisi 9 Tranq. Darts. Sementara itu pilihan lethal dan short-range akan memberikanmu senjata Revolver dan pilihan lethal dengan long-range akan memberikanmu Combat Rifle dengan 20 Combat Rifle Ammo. Oya, sebelumnya perlu HG beri tahu bahwa Tranq. Rifle merupakan salah satu senjata yang cukup langka, mahal dan tentunya sangat berguna dalam game ini.

SECURING SARIF’S MANUFACTURING PLANT
            Setibanya di pabrik akan ada dua anggota SWAT menunggu di luar. Semakin telat kamu tiba di tempat ini maka akan semakin tidak bersahabat pula reaksi mereka. Masuki pintu dan buka loker tengah di sebelah kananmu dan ambil CyberBoost ProEnergy Bar (item sangat penting). Angkat kardus kecil di sebelah kirimu dan ambil 56 Credits. Angkat pula kardus kecil yang terletak di lantai di pojok kabinet dan ambil Beer. Langsung gunakan untuk memberi tambahan kepada HP sebanyak 5 poin. Pandanganmu akan sedikit blur untuk sementara lalu lanjutkan perjalananmu. Tanya situasi yang terjadi pada polisi lalu lanjutkan perjalananmu dan ambil Painkillers dari loker tengah. Lanjutkan perjalananmu keluar dan setelah itu Pritchard akan menghubungimu.
            Ada dua cara untuk masuk ke dalam pabrik; melalui pintu depan dan melalui atap. HG pilih melalui pintu depan karena dengan ini kamu bisa mendapatkan lebih banyak exp dan item dengan menghabisi musuh-musuh yang ada.
Turuni tangga dan mengendap-endaplah di sudut lalu akan ada video tutorial tentang melakukan dua takedown yang berbeda, lethal dan non-lethal. Tunggu hingga musuh selesai menelepon dan habisi dia dengan takedown (non-lethal). Hemat dulu amunisi senjatamu di sini. Setelah melakukan takedown tunggu beberapa saat hingga bar Energy Cell terisi ulang hingga penuh sembari memeriksa tubuh musuh untuk mengambil Pocket Secretary. Lanjutkan hingga ada video tutorial mengenai bergerak secara stealth.
Jika kamu ingin cari aman kamu bisa masuk dari atap dengan cara mengangkat kotak di sebelah kanan (seberang pintu di sebelah kiri) dan letakkan dekat peti hingga membuat tangga. Lanjutkan perjalanan hingga menaiki tangga dan pergi ke sebelah kiri hingga tiba di depan lantai berarus listrik. Pindahkan kotak di sebelah kanan untuk membuka jalur kecil yang tersembunyi. Gunakan jalur tersebut dan setibanya di seberang matikan arus listrik melalui panel di depanmu. Lanjutkan hingga kamu menemukan ventilasi dan gunakan untuk masuk ke dalam pabrik.
            Jika memilih untuk lewat pintu depan maka kamu bakal berhadapan dengan tiga anggota Purist di area terbuka. Yang pertama berdiri di dekat peti, yang kedua berpatroli keliling searah jarum jam, dan yang ketiga berpatroli naik-turun tangga. Usahakan untuk menghabisi mereka dengan urutan ini. Musuh pertama bisa kamu habisi dengan takedown setelah musuh kedua berjalan ke arah kiri jauh. Setelah melakukan takedown segera seret badannya kembali ke belakang agar tidak terlihat oleh dua musuh lainnya. Lanjutkan menghabisi musuh kedua setelah ia berjalan ke arah kiri dan saat musuh ketiga sedang menaiki tangga. Tidak sulit untuk menghabisi musuh ketiga terutama jika kamu menggunakan Tranq. Rifle. Mendapatkan akses masuk ke pabrik memberikanmu 200 XP dan jika tidak ada musuh yang memergokimu akan ada achievement GHOST berikut 500 XP.

[GAMBAR = 02 - Securing Sarif's Manufacturing Plant]

            Di dalam pabrik ada lima musuh yang berjaga dimana dua diantaranya berpatroli. Segera berjalan menunduk untuk menghindari deteksi musuh dan langsung habisi musuh pertama yang berjalan menjauh sebelum ia terlalu dekat dengan yang lain. Seret badannya ke tempat aman dan ambil barang bawaannya. Mengendap-endap melalui dinding di sebelah kanan dan jika kamu ingin mengatasi musuh yang dekat denganmu lakukan saat musuh lain berjalan menjauh. Dua musuh sisanya bisa kamu atasi dengan mudah karena mereka hanya diam di satu tempat saja.
            Selanjutnya ada tiga jalur alternatif yang bisa kamu gunakan di sini. Dua diantaranya berupa pintu dan satu lainnya berupa saluran ventilasi yang bisa kamu capai dengan menaiki tangga yang ada di ujung kanan atas ruangan. Tidak masalah jalur mana yang kamu tempuh untuk sementara kita ambil jalur pintu tengah (berwarna coklat). Akan ada dua musuh saling berbicara di sini. Setelah mereka berpisah incar musuh paling dekat setelah ia berbalik dan berbelok ke kiri. Supaya aman seret tubuhnya menjauh dari tempat kedua musuh berbincang. Lanjutkan ke kiri dan masuk ke ruang loker dimana musuh lain berada. Tunggu hingga ia berbalik badan dan takedown dari belakang. Jangan lupa periksa semua loker untuk mengambil amunisi, credit dan item lain. Lanjutkan dengan mengikuti pointer kuning (objective mark) hingga kamu tiba di pintu dengan panel sekuriti. Lakukan hacking pada panel ini setelah sebelumnya memperhatikan video tutorial dan dapatkan achievement FIRST HACK.

[GAMBAR = 03 - Securing Sarif's Manufacturing Plant]

            Di area ini ada empat musuh dimana tiga di antaranya selalu bergerak. Musuh pertama (dekat tangga) bergerak bolak-balik dari barat ke timur dan musuh kedua yang berada di tengah bergerak memutar searah jarum jam dan selalu berhenti memeriksa meja (atau komputer) di setiap sudutnya. Musuh ketiga yang berada di sebelah kanan bergerak bolak-balik dari utara ke selatan dan selalu berhenti di untuk memeriksa meja. Musuh keempat tidak perlu kamu hiraukan karena dia hanya sibuk memeriksa peti.
            Perhatikan terus pergerakan ketiga musuh tadi dan jika timing-mu tepat kamu bisa menghabisi ketiganya sesuai dengan urutan yang HG sebutkan di atas. Bermodal Stun Gun HG sendiri mulai dengan menghabisi musuh pertama saat ia berhenti di sebelah barat lalu segera lanjut ke posisi musuh kedua dan kemudian musuh ketiga saat ia berhenti sebentar untuk memeriksa meja. Tentunya yang harus kamu perhatikan adalah tetap bergerak dengan crouching dan lihat radar untuk memastikan kemana musuhmu sedang melihat. Sisanya kamu bisa mengatasi musuh keempat dengan takedown.
            Masuki ruang penyimpanan di sebelah kiri dan atasi satu anggota Purist di sini. Perkara mudah mengingat ia sedang sibuk mencari sesuatu di dalam peti, pastikan saja kamu tetap bergerak dalam keadaan crouching. Ada amunisi untuk Combat Rifle di ruang ini serta Concussion Grenade di dalam peti yang dicari anggota Purist tadi. Kembali ruang utama dan lanjutkan perjalanan ke utara (lantai 2) tempat sandera berada.
            Bukan pilihan yang bagus untuk memasuki ruangan ini langsung dari pintu utama karena akan mengaktifkan gas beracun dan kamu hanya punya kurang dari 30 detik untuk melakukan hacking pada panel bom dan mematikannya. Sebagai alternatifnya kamu bisa menggunakan saluran ventilasi di bawah tangga di sebelah kanan (di ruang utama). Hack panel bomnya dan matikan atau untuk lebih singkat kamu bisa memasukkan kode 1505 untuk mematikannya. Jangan lupa untuk mengambil Tranq. Darts dibalik bom tersebut. Setelah berhasil menyelamatkan semua orang bicaralah dengan Greg Thorpe dan dia akan memintamu untuk menyelamatkan istrinya, Josie.

[GAMBAR = 04 - Securing Sarif's Manufacturing Plant]

            Kembali ke area sebelumnya, turuni tangga dan ikuti pointer kuning (objective mark) ke kiri. Tujuanmu adalah mencapai elevator untuk ke lantai berikutnya. Jangan lupa ambil Praxis Kit di dekat elevator. Tiba di lantai berikutnya bakal ada security cam dan turret yang membuat langkahmu semakin sulit. Cari lubang ventilasi di dekat peti besar dan gunakan jalur tersebut untuk mencapai sisi lain. Masuki ruangan berikut yang berlanjut cutscene dimana kamu mengamankan Typhoon. Ketika kamu siap setelah bereksplorasi di lantai ini, gunakan elevator untuk pergi ke lantai paling atas.

[GAMBAR = 05 - Securing Sarif's Manufacturing Plant]
        
NEUTRALIZE THE TERRORIST LEADER
            Ada 4 musuh di area ini namun semuanya bisa kamu atasi dengan mudah baik dengan stealth maupun frontal. Ambil beberapa ammo dan consumable item sebelum kamu melanjutkan ke area berikutnya. Ada beberapa komputer yang bisa kamu hack untuk mengumpulkan exp. Jika kamu melakukan hack terhadap semua panel, pintu, dan komputer maka kamu bisa mengumpulkan Praxis Point sebelum menghadapi boss. Ketika kamu siap lanjutkan ke area berikutnya (Server Room) untuk menghadapi boss, Zeke Sanders.
            Objektif utama di sini adalah menyelesaikan masalah tanpa kekerasan. Zeke Sanders menyandera Josie (istri dari Greg Thorpe yang disandera di ruang bom) dan jika kamu bisa menyelamatkannya ada imbalan exp cukup besar menantimu. Bicaralah dengan Zeke untuk bernegosiasi. Pilih Emphatize, Reason, lalu Humble untuk membuat Zeke tenang. Atau kamu juga bisa menggunakan pilihan Emphatize, Emphatize, lalu Reason.
            Ketika Josie dibebaskan bicaralah dengannya untuk mendapatkan cutscene lain. Cek komputer dan berbicara dengan karakter lain untuk mencari info tambahan. Keluarlah melalui pintu yang terbuka dan temui Greg Thorpe untuk mendapatkan imbalan setelah menyelamatkan Josie. Setelah semua urusan beres temui dan bicara dengan Malik di dekat helikopter untuk menyelesaikan misi.

TYING UP LOOSE ENDS
            Bicara dengan Malik dan korek segala informasi darinya. Masuk ke dalam gedung dan pergi ke ruangan Pritchard untuk mengorek informasi darinya. Pada kesempatan ini kamu juga bisa mengeksplorasi gedung ini dan mengumpulkan item yang sebelumnya tidak sempat kamu ambil. Setelah beres segera ikuti pointer menuju elevator untuk mengaktifkan cutscene berikutnya.
            Bicara dengan Sarif dan dia akan memintamu untuk menginvestigasi mayat teroris yang kini berada di kantor polisi. Sarif juga akan memintamu untuk mengunjungi L.I.M.B. Clinic dimana kamu bisa membeli 2 Praxis Kit dan keperluan lainnya. Pada dialog ini kamu juga bisa memilih bersikap kooperatif atau sedikit memberontak terhadap Sarif. Setelah usai pergi keluar ruangan dan bicara dengan sekretaris untuk mendapatkan info tambahan. Beberapa saat kemudian kamu akan mendapat pesan yang berisi seseorang sedang menunggu di ruanganmu. Temui untuk mengaktifkan Side Quest: Lesser Evils. Keluar dari Sarif HQ kamu akan bertemu dengan Cassandra Reed, ibunda dari mendiang Megan (kekasihmu). Pertemuan ini akan memicu Side Quest: Motherly Ties yang nantinya bisa kamu jalankan berdampingan dengan Main Quest berikut.

INVESTIGATING THE SUICIDE TERRORIST
            Pergilah menuju kantor polisi, masuk ke lobi dan bicara dengan Wayne Haas di resepsionis. Tampaknya Jensen punya masa lalu yang kurang berkenan dengannya sehingga kamu harus memanfaatkan keahlianmu dalam bernegosiasi. Gunakan pilihan Absolve, Crush, Absolve, lalu Plead untuk meyakinkannya mengizinkanmu masuk. Atau kamu juga bisa menggunakan pilihan Absolve, Plead, Absolve, kemudian Plead untuk memenangkan dialog ini. Jika kamu gagal di sini maka kamu terpaksa harus masuk melalui saluran air yang terletak di gang kecil.

[GAMBAR = 06 - Investigating the Suicide Terrorist]

            Setelah diizinkan masuk kamu tetap harus bereksplorasi secara stealth dan jangan sampai kepergok polisi lain. Pertama masuki toilet pria dan Pocket Secretary yang berisi kode untuk komputer. Ada jalur ventilasi yang bisa digunakan untuk ke ruang utama di sini tapi untuk sementara tinggalkan saja dulu. Setelah itu pergilah ke ujung lorong secara berhati-hati dan hack pintu dengan keamanan level 2. Ada banyak item termasuk ammo berguna di sini, pastikan kamu tidak lupa mengambil Pocket Secretary yang berisi kode untuk ruang persenjataan.
            Tujuanmu adalah kamar mayat yang berada di basement tetapi tidak rugi juga untuk bereksplorasi ke lantai 2. Jika kamu menerima Side Quest: Motherly Ties maka eksplorasi di lantai ini juga akan diperlukan. Cari ruangan Cpt. Penn dan hack komputernya untuk mencari informasi seputar Side Quest: Motherly Ties. Jangan lupa ambil Pocket Secretary yang berisi kode kamar mayat dalam ruangan ini.
            Ada terminal yang mengatur keamanan ventilasi di dinding. Hack dan matikan lalu masuki ventilasi yang akan membawamu ke ruang armory. Ada satu penjaga yang harus kamu lumpuhkan secara stealth di ruang ini. Hack komputer atau masukkan kode “patriotism” untuk membuka pintu ruang persenjataan. Senjata P.E.P.S. bisa dibilang merupakan salah satu senjata paling hebat dalam game ini. Selamat berbelanja!
            Di lantai 3 kamu bisa bereksplorasi dan mengumpulkan exp lebih banyak lagi, meskipun penjaga yang ada bakal sedikit merepotkan. Ruangan yang patut jadi perhatian adalah ruangan Chet Wagner dimana pada komputernya kamu bisa membaca email dan mengungkapkan kebusukannya. Oya, kamu juga bisa menggunakan informasi ini untuk menyogoknya nanti. Kini kita kembali ke objektif utama.
            Turun tangga hingga ke basement dan di sebelah kanan ada saluran ventilasi menuju ruang tahanan yang tertutup oleh tong. Masuki ruang loker dan ambil semua item dan ammo yang ada. Dari ruang loker bergeraklah menuju kamar mayat dan ambil Modified Neural Hub yang jadi tujuan utama dari kedatanganmu kemari. Setelah itu Sarif akan menghubungimu dan memintamu untuk menganalisa Neural Hub tersebut di apartemenmu di Chiron Building. Tunggu apa lagi, segera keluar dari tempat ini dengan menelusuri jalur masuk tadi.
            Di luar kantor polisi kamu bisa pergi ke gang belakang melalui pintu yang ada di terowongan sebelah timur. Gunakan 2 kardus atau peti untuk membuat jembatan melalui lantai yang berarus listrik. Caranya letakkan kardus pertama di depan, naik ke atasnya, lalu letakkan kardus kedua di depanmu lagi. Sekarang ambil kardus pertama dan letakkan di depan kardus tempatmu berpijak sekarang. Begitu seterusnya sampai di seberang.
            Jika sebelumnya kamu berbicara dengan Jenny Alexander (polisi yang menyamar di seberang markas DRB) maka kamu bisa berbicara dengan O’Malley di dekat tangki air. Dia akan memberikanmu tugas baru untuk mengambil sebuah paket dan memicu pertempurang antar geng MCB dengan DRB. Tinggalkan dulu dan pergilah ke sudut dimana kamu menemukan kotak penyimpanan. Seharusnya saat ini kamu sudah memiliki kodenya (4891) tetapi kamu masih bisa melakukan hack dengan mudah untuk sekedar mengumpulkan exp. Di dalamnya kamu akan menemukan objektif dari Side Quest: Motherly Ties. jangan lupa untuk membuka safe panel yang di dalamnya terdapat kalung milik Megan dan sebuah Ebook penting.
            Ikuti pointer kuning untuk pergi ke Chiron Building, naik elevator, lalu masuk ke dalam apartemenmu. Jika kamu menjalankan Side Quest: Motherly Ties maka kemungkinan besar di lobby kamu akan berjumpa dengan Cassandra Reed. Berikan semua informasi yang kamu tahu. Di akhir dialog kamu bisa memilih untuk memberikan kalung milik Megan kepada ibunya atau menyimpannya untuk dirimu sendiri. Kedua pilihan akan memberikan achievement berbeda sekaligus menyelesaikan Side Quest: Motherly Ties. Gunakan komputer yang berada di kamar tidur untuk menganalisa Neural Hub untuk menyelesaikan misi. Oya, banyak senjata, item, dan ammo di dalam apartemen ini, termasuk yang di dalam safe panel milik Jensen.
            Ketika kamu keluar dari apartemenmu, Pritchard akan menghubungimu dan memberi tahu bahwa ia mendapat pemberitahuan dari seseorang bernama Ezekiel alias Zeke. Ikuti pointer biru (Side Quest: Voices from the Dark) dan pergi ke area dekat Sarif HQ. Di gang seberang jalan kamu akan bertemu dengan Zeke yang akan memberimu Pocet Secretary dan menganggap utangnya sudah lunas. Demikianlah Side Quest: Voices from the Dark yang cukup pendek. Di dekatnya juga ada storage room berisi credit dan ammo.

STOPPING THE TRANSMISSION
            Ikuti pointer menuju tempat Karl yang ditandai dengan papan neon besar di atasnya. Penjaga bersenjata akan berpatroli di depan tempat ini dan tidak akan mengizinkanmu masuk. Salah satu alternatif untuk dapat masuk adalah dengan pergi ke bagian kiri gedung dan gunakan tangga darurat lalu masuk melalui pintu di atap. Lalui lorong dan keluar ke atap. Bergerak menuju tumbuhan merambat yang berada di pojok lalu belok kanan. Sprint lalu lompat ke gedung seberang. Pastikan kamu benar-benar lompat di ujung gedung agar bisa mendarat di platform bawahnya.
            Turuni tangga dan bersembunyilah di balik cover yang ada untuk menghindari deteksi musuh. Teruskan turun ke bawah lalu bergerak secara stealth hingga sampai ke jalan. Pergi ke kiri ke belakang kontainer dan lumpuhkan musuh yang bersandar di tembok jika perlu. Lanjutkan ke kanan dan keluar melalui pintu berikutnya. Lompati rintangan dan telusuri lorong lalu lumpuhkan penjaga yang sedang bersandar di railing. Turuni tangga lalu telusuri tembok di sebelah kanan lalu merangkak melalui sela di lantai.
            Bergerak melalui ruang kecil tersebut dan membungkuk di dekat shutter yang setengah tertutup. Tunggu hingga keadaan aman lalu dorong tempat sampah di sebelah kananmu. Berlindung di balik barikade di sebelah kirimu dan tunggu hingga penjaga kembali ke arahmu. Lumpuhkan ketika dia berbalik arah dan membelakangimu. Telusuri dinding kiri dan bergerak ke belakang kontainer besar sembari menyelinap melalui penjaga yang sedang berkumpul depan tong yang terbakar. Berlindung di balik kontainer terakhir dan tunggu hingga dua penjaga selesai berbicara tentang rocket launcher.
            Lanjutkan dengan menelusuri dinding kiri dan tunggu hingga penjaga yang berada di sudut membelakangimu. Menyelinaplah melalui pipa konkrit lalu lumpuhkan penjaga tersebut. Lanjutkan dengan menunduk melalui lubang di pagar dan singkirkan tong yang menghalangi untuk mencapai area berikutnya. Ambil supply persenjataan milik DRB yang disembunyikan di sini. Keluar melalui lubang lain dan keluar dari ruangan ini lalu menyelinap ke pintu yang ada di sebelah kirimu. Berlindung dan lihat situasi dan posisi musuh di ruangan ini. Lumpuhkan musuh yang paling dekat lalu lanjutkan dengan musuh yang duduk di kursi. Keluar dari ruangan ini dan panjat rangkaian tangga untuk mencapai lantai berikutnya.

[GAMBAR = 07 - Stopping the Transmission]

            Hati-hati jangan langsung masuk ke dalam karena ada banyak ranjau di lantai. Lumpuhkan ranjau ini dengan menembaknya atau dengan melempar kardus ke lantai. Ledakannya akan menarik perhatian musuh jadi usahakan kamu bersembunyi hingga situasi aman. Lanjutkan dengan mengatasi musuh yang berada di sudut ruangan lalu keluar menuju atap. Ikuti pointer untuk menemukan antena lalu hack terminalnya. Pergi menuju helikopter untuk menyelesaikan misi ini.

[GAMBAR = 08 - Following the Clues in Higland Park]

FOLLOWING THE CLUES IN HIGHLAND PARK
            Setelah helikopter mendarat segera belanja persiapan dari MCB Leader. EMP Grenade merupakan salah satu modal wajib yang kamu butuhkan untuk menghadapi boss di akhir misi. Pergi ke arah gedung untuk memicu cutscene. Turuni tangga, masuki pintu dan berlindunglah di railing sebelah kananmu. Maju sedikit demi sedikit sembari tetap berlindung hingga ke balik pos penjaga. Tunggu hingga para penjaga selesai berdialog dan sedikit menjauh lalu bergulinglah ke balik truk. Susuri truk ini sambil tetap berlindung hingga kamu bertemu dengan musuh di sisi kiri truk. Tunggu hingga ia berbalik lalu lumpuhkan dan segera tarik tubuhnya sebelum terlihat oleh penjaga lain. Jika beruntung dan melalukannya dengan timing yang tepat maka kamu tidak akan kepergok oleh penjaga lain.

[GAMBAR = 09 - Following the Clues in Higland Park]

            Lanjutkan ke sudut dan habisi satu penjaga lagi di sini. Jangan lupa untuk mengambil beberapa ammo di dekat peti. Pergi ke arah kontainer besar akan ada pagar dengan keamanan level 3, gunakan kode yang sebelumnya diberikan oleh Zeke (7984) atau hack saja untuk mendapatkan sedikit exp. Banyak item dan ammo berguna jika kamu mau sedikit bereksplorasi di area ini. Hanya saja pastikan untuk mengatasi setiap musuh yang ada sebelum bereksplorasi. Umumnya musuh yang berada di area ini bisa diatasi dengan mudah meski berada di area terbuka. Hanya saja kamu perlu memastikan musuh lain tidak melihat ketika kamu menghabisi mereka satu-persatu. Ada 3 jalur yang bisa kamu tempuh untuk masuk ke dalam gedung. Pertama adalah dengan melalui pintu di bawah, yang kedua adalah dengan melalui tangga (gunakan kode dari Zeke) untuk masuk dari atas, dan yang ketiga adalah dengan melalui peti-peti militer dan kontainer.
            Sesampainya di dalam kamu juga bisa menggunakan banyak jalur yang ada untuk bereksplorasi. Jika kamu masuk melalui jalur kedua maka kamu akan tiba di platform atas. Waspada terhadap sniper yang berpatroli di seberangmu. Hampiri dengan mengendap-endap lalu habisi. Gunakan senjata sniper untuk menghabisi setiap musuh dari atas untuk mempermudah eksplorasimu nanti. Setelah beres gunakan jalur ventilasi untuk turun ke bawah dan lanjutkan hingga menuju elevator untuk turun ke bawah.
            Kini kamu tiba di F.E.M.A. Facility dan langsung bersembunyi di balik peti terdekat sembari mengambil EMP Grenade dan Combat Rifle Ammo x2 di atas peti tersebut. Tunggu hingga para penjaga selesai berbicara sembari memperhatikan aktifitas setiap musuh di ruangan. Memang sedikit sulit karena terlalu banyak musuh di area terbuka ini, belum lagi robot besar yang berpatroli bakal memberikan tambahan tekanan bagimu. Tapi jangan kuatir karena ada banyak jalur aman yang bisa kamu tempuh di sini.

[GAMBAR = 10 - Following the Clues in Higland Park]

            Pergi ke kanan dan masuk ke bawah platform lalu pindahkan peti besar jika kamu ingin menggunakan jalur ventilasi. Tetapi akan lebih cepat jika kamu menyelinap ke kanan dan masuki pintu oranye lalu susuri tangga ke atas. Hati-hati terhadap security cam di sini. Setibanya di atas berlindung di balik cover yang ada dan berpindahlah dari balik railing ke balik peti dan seterusnya. Terus susuri dinding kanan dan dorong saja kontainer yang menghalangi jalanmu. Kamu akan tiba di ruang kontrol dan ambil semua item yang berguna.
Keluar dari ruang kontrol ini bakal 2 penjaga yang sedang berbicara di lorong bawah. Tunggu hingga mereka selesai berbicara lalu segera turun dan habisi ketika mereka sudah terpisah jauh. Masuki pintu di ujung lorong dan di sebelah kirimu akan ada ruangan lain dengan ammo, credit, Pocket Secretary, serta 2 komputer yang bisa di-hack. Salah satu komputer akan mengontrol security cam dan turret, matikan keduanya.

[GAMBAR = 11 - Following the Clues in Higland Park]

            Area berikut bakal dijaga ketat oleh musuh dan turret (jika sebelumnya tidak kamu matikan), perhatikan langkahmu dengan baik. Gunakan segala macam cover di depanmu dan bergeraklah dengan hati-hati. Akan ada beberapa penjaga di seberang dari pintu masuk tadi namun tidak sulit untuk menghabisi mereka. Teruskan perjalananmu dan eksplorasi segala macam ruangan yang bisa dimasuki. Kamu akan tiba pada elevator untuk turun ke bawah. Setelah itu lanjutkan terus perjalananmu untuk menghadapi boss pertama dari game ini. Siapkan EMP Grenade atau Flash Grenade sebelum cutscene.

BOSS: BARRET
            Setelah cutscene berakhir langsung lempar Grenade yang kamu siapkan sebelumnya ke arah Barret. Ada 2 tempat sembunyi yang tepat jika kamu mau bermain aman di sini. Tempat pertama ada di sebelah pojok kiri bawah dari posisimu sekarang dan ruangan lainnya ada di pojok kanan atas. Oya, kamu juga bisa melempar Barret dengan tabung pemadam untuk membuatnya ‘sibuk’ sementara. Gunakan semua persenjataan berat yang kamu punya untuk menyelesaikan pertarungan ini dengan cepat. Selain itu kamu juga bisa mengandalkan Revolver dengan bantuan Grenade meski sedikit lama. Melempar Barret dengan tong peledak juga menimbulkan luka cukup serius padanya. Usahakan untuk selalu menjaga jarak karena serangan melee-nya cukup fatal. Secara keseluruhan pertarungan ini tidak berjalan begitu sulit. Saksikan cutscene setelah kamu berhasil mengalahkannya. Naik elevator dan bicara dengan Malik untuk menyelesaikan misi ini.

[GAMBAR = 12 - Whispers of Conspiracy]

WHISPERS OF CONSPIRACY
            Setibanya di Sarif Industries segera pergi ke ruanganmu dan bicaralah dengan Pritchard. Setelah itu gunakan elevator untuk naik ke penthouse tempat Sarif berada. Saksikan cutscene dan tetap tenang ketika berbicara dengan politisi, William Taggart, lalu interogasi dia sesukamu. Selanjutnya berbicaralah dengan Sarif dan perhatikan pilihan pertanyaan/jawaban yang ada untuk mengorek kejujuran darinya. Dialog di sini sedikit acak jadi kamu harus memperhatikan dengan baik pilihan yang ada.

[GAMBAR = 13 - Whispers of Conspiracy]

            Setelah beres segera kembali ke kantormu dan bicara lagi dengan Pritchard. Langkah ini sangat penting untuk mengaktifkan Side Quest: Acquaintances Forgotten nanti. Sekarang kamu bebas bereksplorasi dan jika sudah siap segera temui Malik di helipad untuk melanjutkan misi berikutnya.

HUNTING THE HACKER
            Selamat datang di Hengsha! Malik akan mendarat di atap Hung Hua Hotel dan eksplorasi pun dimulai. Di lantai 4 kamu bisa berbicara dengan Mei Suen untuk mengaktifkan Side Quest: Rotten Business. Di lantai 3 kamu bisa menemukan kartu anggota The Hive yang nantinya akan mempermudahmu masuk ke klub tersebut. Di lantai paling dasar kamu bisa mengakses toko senjata Lin Fu Ren untuk melengkapi persediaanmu. Puaskan dirimu untuk bereksplorasi karena hampir setiap toko di kota ini punya gudang yang bisa kamu akses dan memberikanmu exp. Setelah puas bereksplorasi lanjutkan perjalananmu menuju Kuaigan District.

[GAMBAR = 14 - Hunting the Hacker]

            Dari sini ikuti pointer kuning untuk mencapai apartemen. Tampaknya penjaga tidak akan membiarkan siapa pun masuk ke dalam, termasuk para penghuni. Berbalik ke jalan masuk tadi lalu panjat tangga yang ada di sebelah kananmu. Lompati AC dan platform yang ada hingga kamu tiba di tangga berikutnya. Setibanya di atas kamu akan melihat dua penjaga yang sedang berbicara. Tunggu hingga mereka mulai berjalan lalu ikuti mereka. Setelah keduanya berpisah segera habisi satu-persatu pada jarak yang cukup aman. Pintu yang harus kamu masuki ada di seberang dari tempat kamu masuk ke atap ini. Setelah masuk segera turuni tangga dan gunakan elevator untuk turun ke bawah.

[GAMBAR = 15 - Hunting the Hacker]

Di lantai berikutnya pindahkan vending machine yang terletak persis di depan elevator dan masuk melalui saluran ventilasi di belakangnya. Belok kanan lalu keluar ke ruangan berikutnya. Buka pintu kamu akan berada di suatu kamar dengan tempat tidur di lantai. Hati-hati sebelum membuka pintu berikutnya karena biasanya ada penjaga yang berada dekat dengan pintu. Kemungkinan besar saat kamu membuka pintu penjaga tersebut akan curiga dan langsung mengecek ke dalam.
Setelah berhasil ke luar segera pergi ke kanan dan masuk ke ruangan yang terbakar. Masuki lubang di tembok dan akses (hack) komputer di depanmu. Cek email yang ada lalu kamu akan mendapatkan objektif selanjutnya. Sekarang keluar dari apartemen ini melalui jalur masuk kamu tadi.
Ikuti pointer kuning untuk dapat tiba di The Hive. Jika kamu tidak punya kartu anggota dan tidak mau membayar penjaga di depan kamu bisa masuk melalui saluran ventilasi di belakang klub ini. Pergi saja melalui jalan di sebelah kiri klub. Sesampainya di dalam ikuti pointer yang akan membawamu bertemu bartender. Tanyakan padanya tentang Tong. Lanjutkan ikuti pointer yang membawamu ke lantai atas untuk berbicara dengan manajer di balik bar. Gunakan Pheromone untuk mendesaknya saat berdialog, pilih Pinpoint dan Advise bergantian sesuai dengan situasi dialog yang tepat. Setelah itu kamu bisa berbicara dengan Tong di ruang kerjanya di basement. Setelah beres kembali ke atas dan bicara dengan Bobby sang bartender untuk mengaktifkan Side Quest: Bar Tab jika kamu tertarik. Ikuti pointer kuning menuju Alice Garden Pods, objektif kamu selanjutnya.

GAINING ACCESS TO TAI YONG MEDICAL
Sesampainya di Alice Garden Pods pergilah ke area resepsionis untuk bertemu dengan Malik dan mengaktifkan cutscene. Jika kamu menyetujui permintaannya maka kamu akan mengaktifkan Side Quest: Shanghai Justice. Oya, ada pedagang senjata Peng Xin Hao yang bisa kamu temukan di storage room di sebelah timur laut peta. Lanjutkan eksplorasimu di tempat ini untuk mendulang banyak item. Usai bereksplorasi kamu bisa menghampiri Van Bruggen yang berada di Pod 301 (lantai 4). Misi sebenarnya pun akan dimulai. Ambil Employee Card dari musuh yang berada di salah satu kamar lantai pertama di Hung Hua Hotel dan berikan pada Van Bruggen.

[GAMBAR = 16 – Gaining Access to Tai Yong Medical]

Selanjutnya kamu dituntut untuk dapat meloloskan diri dari musuh yang datang mengepung. Berikan salah satu senjata milikmu (yang paling tidak bermanfaat bagimu) kepada Van Bruggen. Segera keluar dari ruang Pod karena musuh akan datang untuk memeriksa masing-masing ruang Pod. Pastikan kamu tetap berlindung di balik apapun yang ada di depanmu. Ikuti pointer kuning untuk membawamu keluar dari tempat ini namun tetap perhatikan radar terutama posisi musuh.
Setibanya di lantai dasar akan sedikit sulit bagimu karena ada 2 musuh yang saling berdekatan dan selalu siaga. Sementara itu kamu harus mencapai tangga yang ada di sebelah kiri untuk dapat turun ke basement. Kamu bisa memilih untuk menggunakan Cloaking atau menghabisi musuh dengan senjatamu. Di basement kamu akan melalui shower room dimana bukan hanya musuh saja tetapi juga ada ranjau, security cam dan turret yang berjaga. Meskipun begitu posisi mereka tidak akan membuatmu sulit. Selama kamu tetap bergerak dengan membungkuk, tidak banyak bersuara, maka kamu bisa melewati semuanya dengan cepat.

[GAMBAR = 17 – Gaining Access to Tai Yong Medical]

Selanjutnya kamu akan tiba di shower room yang lantainya berarus listrik. Gunakan kotak di sebelah kanan untuk memanjat ke atas talang air. Atau bisa juga membuat jembatan dengan menggunakan 2 kotak bergantian. Setelah itu kamu akan tiba di ruang mesin cuci dan akan ada 2 musuh di sini. Gunakan Gas Grenade atau Concussion Grenade untuk mengatasi mereka dengan cepat. Lanjutkan perjalanan dan kamu akan tiba di sebuah lorong dimana lagi-lagi ada 2 musuh yang berdekatan. Gunakan lagi Gas Grenade atau Concussion Grenade untuk mengatasi mereka dengan cepat. Lanjutkan dan pergi ke pintu untuk menyelesaikan misi.

SEARCHING FOR PROOF
Sekarang tujuanmu adalah pergi ke Tai Yong Medical. Ikuti pointer kuning untuk dapat tiba di tujuan kamu selanjutnya. Jika kamu belum membeli 2 Praxis Kit yang dijual di kota ini maka sekarang merupakan saat yang tepat. Perlu kamu tahu bahwa setiap kamu berpindah kota maka L.I.M.B. Clinic menyediakan 2 Praxis Kit yang masing-masing bisa kamu beli seharga 5.000 credit. Jika kamu melewatkan kesempatan ini otomatis kamu tidak akan bisa kembali untuk membelinya lagi. Di L.I.M.B. Clinic kamu juga bisa berbicara dengan Anonymous X yang berkaitan dengan Side Quest dari Malik. Lanjutkan menuju Tai Yong Medical Shuttle Station yang berada tidak jauh dari L.I.M.B. Clinic. Sebelum naik kereta pastikan kamu sudah menyelesaikan Side Quest di tempat ini karena misi selanjutnya akan membatalkan semua Side Quest yang sedang kamu jalani.
Ikuti pointer kuning dan masuk ke pintu (warna kuning) bertuliskan Emergency Service. Selanjutnya akan ada cutscene dimana seorang pegawai yang terjebak di ruang gas dan memintamu untuk menyelamatkannya dengan menutup katup yang berada di ruang sebelah. Jika kamu terima maka kamu harus membuka pintu di sebelah kiri dengan Security Rating level 3. Jika kemampuan hacking milikmu belum mencapai level tersebut maka kamu bisa pergi ke belakang ruangan tersebut dan hack pintu dengan Security Rating level 1. Hanya saja kamu harus sudah mempunyai Augmentasi yang membuatmu kebal terhadap gas beracun. Cara lainnya adalah dengan menggunakan ranjau, tempel di pintu lalu ledakkan dengan tembakan pistol. Segera tutup katup dan buka pintu di sebelah kanan. Tunggu hingga gas beracun menghilang lalu singkirkan peti yang menghalangi jalanmu. Bicara dengan pegawai tersebut untuk menyelamatkannya.
Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti pointer kuning. Setelah masuk pintu kamu akan dihadang oleh seorang penjaga. Jika kamu berhasil menyelamatkan pegawai tadi maka kamu bisa menggunakan namanya (Lee) untuk dapat lolos dengan mudah. Jika tidak mungkin kamu bisa memilih untuk menyogoknya. Selanjutnya hack sistem Catwalk (Security Rating level 3) yang terletak dekat kaca jendela. Usai bereksplorasi dan mengambil semua item yang ada, keluar melalui pintu di kiri dan naiki tangga. Terus telusuri catwalk hingga kamu tiba pada ruangan dengan loker. Ada item ammo upgrade pada salah satu loker setelah itu lanjutkan perjalanan melalui jalur ventilasi.

[GAMBAR = 18 – Searching for Proof]

Turun ke bawah dan keluar dari ventilasi. Hati-hati ada musuh yang sedang berbicara dalam ruangan ini. Keluar melalui pintu di sebelah kiri dan waspadalah terhadap Security Cam. Tetap bergerak di bawah Security Cam lalu masuki pintu di sebelah kiri dan terus bergerak sembari menunduk. Di pertigaan di ujung lorong ada seorang musuh yang bisa kamu lumpuhkan. Teruskan dengan mengikuti pointer kuning hingga kamu tiba di elevator.
Setelah tiba di lantai berikut lanjutkan perjalananmu dan jangan lupa untuk memerika loker di sebelah kiri untuk item yang mungkin berguna. Di ruangan berikut ada lantai berarus listrik yang harus kamu matikan. Di seberangnya, tepat dibalik peti merah ada ventilasi yang bisa kamu masuki. Telusuri jalur ini hingga kamu tiba di ruangan kecil dengan loker dan senjata P.E.P.S. di sampingnya. Tepat di dinding sampingnya ada tuas yang bisa kamu gunakan untuk mematikan arus listrik. Setelah arus listrik mati, tarik satu peti di bawahnya dan susun sebagai tangga untuk naik ke atasnya. Setelah naik akan ada 2 peti lagi dan kamu harus menyusunnya lagi sebagai tangga untuk dapat naik ke platform atas. Masuk ke elevator untuk dapat naik ke lantai berikutnya.
Di lantai ini Pritchard melarangmu untuk menunjukkan senjatamu di muka umum. Saran yang benar-benar harus kamu perhatikan untuk mendukung kelancaran eksplorasimu. Ikuti pointer kuning hingga kamu tiba di depan pintu dan mengaktifkan cutscene dimana penjaga melarangmu masuk. Perhatikan ada Security Cam yang menghadap ke pintu dan penjaga tadi. Sekarang pergilah ke ruangan di balik Security Cam tersebut dan cari ventilasi yang ditutupi oleh kotak-kotak kecil. Telusuri hingga kamu tiba di sebuah ruangan dan ambillah Lee Geng Access Pass yang terletak di atas meja lalu kembali ke pintu masuk dan bicaralah dengan penjaga tadi.

[GAMBAR = 19 – Searching for Proof]

Setelah masuk maka kamu bisa sedikit bereksplorasi lagi dan jangan lupa untuk temukan Praxis Kit di lantai atas di dalam laci. Lanjutkan dengan mengikuti pointer kuning hingga kamu memasuki koridor dengan tangga kecil. Teruskan hingga kamu tiba tepat di depan Data Core Room yang (lagi-lagi) dijaga oleh penjaga dan Security Cam. Pergi ke kanan, turuni tangga kecil dan hack terminal di kiri untuk mematikan laser. Hati-hati saat melakukan hacking karena ada penjaga yang berpatroli di dekatmu. Setelah ia berbalik dan menjauh segera ikuti lalu lumpuhkan. Ketika berbelok ada seorang musuh lagi yang sedang berpatroli dengan persenjataan berat. Mengendap-endap lalu lumpuhkan ketika ia berbalik. Di ujung koridor ada ruangan dengan sistem ventilasi yang bisa kamu masuki. Jalur ini akan membawamu ke ruang loker yang bersebelahan dengan ruang lain. Ada 2 musuh yang sepertinya sedang saling berbicara di sini. Kamu bisa melumpuhkan mereka berdua sekaligus jika sebelumnya telah meng-upgrade Reflex Booster untuk melakukan Multiple Takedown. Periksa komputer di dekat mereka untuk mendapatkan passcode dan gunakan untuk komputer di belakangmu. Buka pintu dan matikan Security Cam yang ada lalu keluar melalui pintu di sebelah kirimu. Setelah keluar akan ada satu penjaga di sebelah kirimu, hiraukan atau lumpuhkan sesukamu. Lanjutkan dengan mengikuti pointer kuning dan kamu akan tiba di ruangan yang penuh dengan laser.

[GAMBAR = 20 – Searching for Proof]

            Susuri tembok sebelah kanan dan perhatikan ada ventilasi di atas kotak. Cari kotak lain dan gunakan sebagai pijakan untuk naik atau upgrade kekuatan lompatmu (Jump Enhancement). Atau bisa juga gunakan Cloak Stealth untuk melewati semua laser tersebut dengan tenang. Jika kamu melalui jalur ventilasi maka kamu akan tiba di atas kotak lain. Perhatikan pergerakan laser sebelum turun ke bawah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, akan lebih mudah jika kamu memiliki kemampuan Cloak Stealth atau Jump Enhancement untuk mengatasi semua rintangan laser ini. Perhatikan 3 laser yang bergerak melintasi ruangan. Pada timing yang tepat segera lari ke balik dinding warna merah. Dinding tersebut akan berseberangan dengan pintu yang dihalangi 3 laser. Laser paling bawah akan berkedip 3 kali sebelum menghilang dan kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk masuk. Singkirkan kotak di dekatmu yang menghalangi ventilasi. Jalur ini akan membawamu pada ruangan dengan 3 musuh di dalamnya. Lumpuhkan dulu musuh yang paling dekat denganmu lalu lanjutkan dengan menggunakan Multiple Takedown pada 2 musuh yang berdekatan. Hack terminal laser yang berada di dinding dekat ventilasi tempat kamu masuk tadi. Lanjutkan menuju elevator yang dijaga oleh Security Cam.

 ENTERING THE DRAGON’S LAIR
Sekali lagi kamu akan melewati koridor yang dipenuhi oleh laser. Tidak sulit karena pergerakan lasernya cukup simpel. Ikuti pointer kuning hingga kamu tiba pada ruangan besar yang terlihat seperti kantor. Pergerakan musuh di sini tidak cukup sulit sehingga kamu bisa melumpuhkan mereka satu-persatu dengan mudah. Hanya saja kamu perlu tetap waspada karena salah satu dari mereka berbekal persenjataan berat. Teruskan hingga kamu tiba di ruangan dengan Security Cam yang terletak di atas pintu. Segera bersembunyi di balik sofa lalu cek komputer yang ada untuk mendapatkan kode elevator. Lompati meja dan langsung masuk ke pintu di bawah Security Cam dan lanjutkan hingga kamu tiba di ruangan berikutnya. Pukul tembok atau gunakan ranjau untuk membuat jalan dan segera masuk ke elevator. Setelah tiba di lantai berikutnya ikuti pointer kuning hingga kamu tiba di pintu ganda. Tak perlu terburu-buru, tidak ada musuh di sini jadi kamu bisa bebas bereksplorasi dengan tenang. Ada Pocket Secretary di bawah salah satu sofa. Di dalamnya terdapat kode untuk Safe Panel yang berisi Heat Targeting Upgrade untuk Rocket Launcher.
Setelah cutscene kamu harus memperhatikan gerak-gerik musuh dengan baik. Setelah turun 1 lantai masuk ke dalam ventilasi di sebelah kanan tangga. Untuk situasi ini, akan lebih baik jika kamu melewati mereka diam-diam tanpa memancing keributan. Lanjutkan perjalanan menuju elevator yang terletak di ujung penthouse.
Saat kamu memasuki hanggar maka 2 Box Guard akan aktif dan kamu perlu mematikan mereka untuk bisa membuka pintu selanjutnya. Menggunakan EMP Grenade memang akan mempermudah segalanya tetapi masih lebih baik beraksi secara stealth. Paling tidak kamu harus mengaktifkan Cloak sebelum melempar EMP Grenade ke arah mereka. Bergeraklah perlahan melalui sebelah kiri. Perhatikan ada Security Cam di ujung hanggar, bisa kamu tembak jika senjatamu sudah kamu dilengkapi dengan peredam. Bergeraklah ke ujung hanggar dan panjat rak besi di depanmu. Gunakan peti sebagai pijakan jika kamu tidak bisa menggapainya.

[GAMBAR = 21 – Entering the Dragon’s Lair]

Di ruangan ini kamu bisa melakukan hack pada komputer dan mematikan robot yang masih hidup dengan Augmentasi Robot Domination. Di ruangan sebelahnya juga akan terdapat komputer untuk mematikan robot yang lain. Setelah beres baru kamu bisa bebas bereksplorasi kembali. Setelah siap kamu bisa menekan tombol di ruangan tadi dan naik helikopter untuk menyelesaikan misi.

CONFRONTING ELIZA CASSAN
Selamat datang di Montreal! Sebelum kamu masuki pintu di depanmu mungkin kamu tertarik untuk sedikit bereksplorasi di sini. Hack pintu pagar di sebelah kanan atau gunakan Jump Enhancement untuk masuk ke dalam. Di dalam ada Ammo Capacity Upgrade yang sangat berguna bagi senjata pilihanmu. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan mengikuti pointer kuning hingga kamu tiba di ruang utama.
Secara mengejutkan, kantor berita yang seharusnya selalu ramai 24 jam nonstop ini mendadak sepi. Segera hack setiap komputer yang ada untuk sekedar mendapatkan tambahan exp. Jangan lupa untuk memerika segala tempat, ada Praxis Kit di salah satu lacinya. Setelah puas bereksplorasi segera ikuti pointer kuning menuju ruang 404, ruang kerja Eliza.
Usai cutscene segera gunakan komputer di ruangan Eliza untuk mematikan 2 Security Cam. Keluar dari ruangan ini lalu ke kanan dan masuki ruangan di depanmu. Masuki ventilasi di ruangan ini yang berakhir ke tempat dimana 2 orang musuh sedang berbicara di depanmu. Buka ventilasi dan segera berlindung di balik meja. Sekarang kamu harus bergerak dan berguling dari meja ke meja hingga mendekati tangga (ikuti pointer kuning). Segera turuni tangga saat musuh yang berpatroli berbalik arah. Hati-hati karena musuh di bawah juga tidak kalah banyak. Bergerak ke kiri saat tidak ada musuh di dekatmu. Masuki lorong dan masuk ke dalam toilet pria. Dari sini gunakan ventilasi hingga ke ruangan lain namun berhati-hatilah saat membuka tutup ventilasi. Kamu tidak akan mau membuat musuh datang ke tempatmu. Saat musuh menjauh segera keluar dan berlindung, hati-hati juga terhadap Security Cam di sini (jika tidak kamu matikan sebelumnya). Habisi dulu musuh yang pergi ke kiri ketika dia lengah. Kamu bisa turun melalui elevator di kiri atau jika memiliki Augmentasi Icarus Landing kamu bisa langsung terjun melalui pintu elevator kanan yang terbuka lalu masuk melalui ventilasi.

[GAMBAR = 22 – Confronting Eliza Cassan]

Keluar dari ventilasi, naik tangga, lalu masuk lagi ke dalam ventilasi. Setelah keluar dari ventilasi segera ambil berbagai item di sini. Ada Revolver bagi kamu yang suka senjata dengan damage besar. Turun ke bawah dan ikuti pointer kuning. Tidak banyak musuh yang berjaga di lantai ini ditambah lagi banyak tempat untuk bersembunyi dan berlindung. Namun kamu tetap harus bergerak secara menunduk untuk sekedar berjaga-jaga. Ada 2 musuh yang terpisah dan berpatroli di sini dan bisa kamu lumpuhkan dengan mudah. Setelah itu turuni tangga di selatan dan gunakan Cloak atau mengendap-endaplah melalui Security Cam. Ikuti pointer kuning hingga kamu tiba di pintu kaca yang menuju Funicular Zone. Ada tembok yang bisa kamu hancurkan tepat di sebelah kiri pintu ini. Turun ke bawah dan masuki ventilasi hingga kamu keluar di dekat tangga. Turuni tangga akan ada 2 musuh yang sedang berbicara, hampiri dan habisi mereka berdua sekaligus.
Masuki ruangan berikut dimana ada 2 musuh yang sedang berpatroli. Habisi mereka satu-persatu namun dalam waktu yang singkat. Jangan sampai salah satu dari mereka mengetahui keberadaanmu lebih dulu. Oya, waspada juga terhadap turret di ruangan ini. Kamu bisa menghindarinya dengan cara bergerak dari satu tempat perlindungan ke tempat lainnya dengan berguling. Bergerak ke sebelah kiri ruangan hingga kamu menemukan sebuah komputer. Hack lalu matikan turret, atau lebih baik lagi atur agar turret menyerang musuh.
Ok, sebelum menekan tombol elevator ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan. Letakkan ranjau di pintu masuk lalu halangi dengan vending machine atau benda besar lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai barikade. Setelah persiapan beres segera tekan tombol elevator yang juga memicu kedatangan banyak musuh. Jika barikade yang kamu buat cukup kuat maka kamu bisa menunggu elevator dengan tenang. Tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya save dulu permainanmu sebelumnya.
Cara lain yang lebih aman adalah dengan bersembunyi di dekat komputer (untuk mematikan turret) tadi. Aktifkan cloak saat musuh datang ke tempatmu lalu matikan saat mereka pergi. Saat elevator (Funicular) yang ditunggu-tunggu tiba, aktifkan cloak kembali dan segera masuk ke dalamnya.
            Sesampainya di bawah jangan lupa untuk mengambil persediaan di peti-peti depanmu. Setelah itu lanjutkan perjalanan dan bergeraklah di bawah Security Cam lalu hack terminal laser di dekatmu. Atau kamu bisa memilih untuk menghancurkan dinding di dekat laser dan menggunakan jalur ini. Akan ada 2 musuh yang menghampiri lorong ini. Tidak sulit untuk mengatasi mereka dan lanjutkan dengan mengatasi robot yang ada dengan menggunakan EMP Grenade. Masuki ruangan dan masuki ventilasi di dalamnya. Di ujung jalur buka penutup lalu turun ketika musuh berbalik dan lumpuhkan lalu pergi ke area berikutnya.
            Teruskan telusuri pointer kuning ke lantai berikutnya hingga kamu tiba di lorong dengan ranjau di dinding. Ledakkan saja dengan cara menembaknya. Ada robot yang berjaga di lantai ini, hack komputer untuk membuatnya menyerang musuh. Gunakan takedown pada musuh lain yang kamu temui. Setelah kamu mengatasi semua musuh, lanjutkan perjalanan menuju ruang komputer utama. Jangan lupa mampir ke ruang persediaan dan ambil item yang kamu butuhkan. Untuk pertarungan melawan boss berikut mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Heavy Rifle dan ambil amunisinya. Setelah beres lanjutkan ke ruang komputer untuk menghadapi boss.

BOSS: YELENA FEDOROVA
            Serangan utama Yelena adalah dengan menyerbu ke arahmu sembari melepaskan peledak. Dia akan mengulangi pola serangan ini tiga kali sebelum ia menggunakan cloak dan menghilang. Pada kesempatan ini Yelena akan berlari terus sembari mengisi ulang peledaknya. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengalahkan Yelena.

[GAMBAR = 23 – Boss Yelena Fedorova]

            Cara pertama adalah dengan menembaknya langsung ketika pertarungan dimulai. Sangat disarankan untuk menggunakan Heavy Rifle di sini. Saat ia lari ke arahmu segera lari (sprint) ke arahnya sehingga kamu melewati peledak yang ia lepaskan. Ketika kamu mendengar Yelena meledakkan peledaknya segera berbalik dan tembak ia. Gunakan cara yang sama ketika ia berlari ke arahmu lagi. Saat Yelena mengaktifkan cloak kamu bisa mengetahui posisinya dengan melihat percikan air di lantai. Segera tembak lalu berlindung karena Yelena akan memberikan tembakan balasan. Oya, Eliza juga akan membantumu dan memberitahu posisi Yelena. Ulangi beberapa kali sampai muncul cutscene.
            Cara kedua adalah dengan melempar Frag Mine saat Yelena berlari ke arahmu. Ketika meledak maka Yelena akan lumpuh untuk sementara, gunakan kesempatan ini untuk menembaknya lalu lemparkan lagi beberapa Frag Mine di sekitarnya. Terus tembak Yelena ketika ia terkena ledakan Frag Mine lain. Ulangi hingga beberapa saat untuk membuat dia tidak berkutik.
            Cara ketiga adalah dengan memanfaatkan glitch dan sedikit keberuntungan. Ketika pertarungan dimulai segera gunakan Stun Gun pada Yelena lalu lakukan takedown padanya. Sebenarnya kamu tidak bisa melakukan takedown padanya karena ia akan membalas dan membuatmu hampir mati. Tetapi berhubung kamu membuatnya lumpuh dengan Stun Gun maka glitch akan membuat Yelena terjepit tak berdaya di tempatnya. Jika berhasil maka kamu bisa mengalahkan Yelena dengan pistol saja.
            Untuk berjaga-jaga pastikan kamu sudah meng-upgrade Dermal Armor dan mengaktifkan EMP Shielding dengan Praxis Point yang kamu punya. Upgrade ini akan melindungimu dari sengatan arus listrik dari air yang tergenang di lantai. Setelah mengalahkan Yelena jangan lupa memeriksa tubuhnya untuk mengambil Typhoon Ammo dan credit. Pergilah ke helipad untuk menyelesaikan misi.

FINDING ISAIAS SANDOVAL
            Naik elevator dan masuki apartemenmu untuk mengaktifkan cutscene, Sarif menunggumu di dalam. Sampai di sini kemungkinan besar gamer bakal berpikir bahwa game ini berhubungan dengan Da Vinci Code karena menyinggung konspirasi Illuminati. Usai cutscene segera keluar dari apartemenmu dan masuk ke elevator. Di lobby kamu bakal bertemu dengan Wayne, polisi yang kini kehilangan pekerjaannya karena mengizinkanmu masuk kamar mayat. Pilih Absolve untuk menghibur dirinya dan membawa percakapan ke arah yang lebih baik. Pilihan Crush hanya akan berakhir pada keributan dan perkelahian.
            Sebelum kamu mengikuti pointer kuning yang akan membawamu ke gedung convention center, ada baiknya jika kamu mengunjungi L.I.M.B. Clinic terlebih dahulu dan beli 2 Praxis Kit di sana. Pedagang senjata (Grayson atau Seurat) juga akan menyediakan item berbeda. Belilah EMP Grenade untuk persediaan serta beberapa upgrade untuk senjata yang kamu perlukan.
            Dalam perjalanan menuju convention center,  Pritchard akan menghubungimu perihal kebocoran keamanan yang sempat kamu diskusikan dengan Sarif sebelum pergi ke Hengsha. Jika kamu berbicara dengan Pritchard setelahnya maka kini kamu bisa menjalankan Side Quest: Acquaintances Forgotten.
            Ikuti pointer kuning dan kamu bisa menemui Taggart di Meeting Room setelah naik tangga. Selanjutnya Social Battle akan dimulai dan kamu bisa memilih Confront pada percakapan pertama. Pilih Discredit pada argumen Taggart berikutnya lalu aktifkan Pheromones dan pilih Appease untuk membuat Taggart setuju menemuimu di backstage. Setelah berbicara dengan Taggart kamu akan diberi tahu posisi Sandoval dan kamu bisa keluar dari convention center.
            Seandainya kamu gagal meyakinkan Taggart untuk berbicara di backstage, kamu harus mendapatkan informasi lokasi Sandoval melalui komputer milik Taggart. Tentunya ruangan ini akan dijaga oleh bodyguard dan penggunaan cloak akan sangat membantu di sini. Sesampainya di luar convention center maka Nicky akan menghampirimu dan kamu bisa menjalankan Side Quest: Smash the State.
            Ikuti pointer kuning dan pergilah menuju Chiron Building lalu gunakan tangga darurat di gang dekat gedung tersebut. Sesampainya di dalam ikuti pointer kuning turun ke lantai bawah. Ada 2 musuh yang bisa kamu lumpuhkan atau tunggu hingga mereka selesai berbicara dan menuruni tangga terlebih dulu. Bergeraklah dengan berjalan membungkuk ketika kamu masuk ke dalam ruangan dengan mayat tergeletak di tengah ruangan. Di dekat mayat tersebut ada Praxis Kit yang jika kamu ambil akan mengaktifkan 2 EMP Mine yang terletak di bawah mayat. Jebakan yang bagus bukan? Seret mayatnya terlebih dulu hingga kamu bisa melihat jebakan EMP Mine lalu ambil keduanya. Bersiaplah ketika kamu mengambil Praxis Kit karena ada kemungkinan musuh (Zeke Sanders) di ruangan sebelah akan waspada dan masuk ke dalam ruangan. Yup, jika kamu membiarkan Zeke Sanders hidup maka kamu akan bertemu lagi di sini.
            Masuki ruangan tempat Zeke berada tadi lalu singkirkan peti-peti yang menghalangi pintu. Masuk ke dalam dan di sebelah kanan ada dinding yang bisa kamu hancurkan. Turun ke bawah menuju bunker rahasia milik Sandoval. Saat turun waspadalah karena ada 2 musuh di ruangan ini dan salah satu dari mereka bisa mendengar suaramu. Habisi satu-persatu lalu periksa loker yang ada untuk mengambil banyak jenis ammo serta Weapon Cabinet jika kamu tertarik dengan Revolver, Combat Rifle, dan Shotgun.
            Ikuti pointer kuning dan masuk ke dalam lubang saluran bawah tanah. Ada 5 musuh di area ini dan musuh pertama yang kamu temui bisa kamu atasi dengan mudah. Selanjutnya jika kamu pergi ke kanan ada 4 musuh yang saling berdekatan dan 2 diantaranya sedang berbicara. Untuk lebih aman kamu bisa menggunakan jalur ventilasi yang ada di sebelah kiri. Ikuti pointer kuning hingga jalanmu terhalang oleh laser. Tak jauh dari situ di dinding sebelah kiri ada terminal laser yang bisa kamu hack atau masukkan kode yang kamu dapat dari Pocket Secretary milik salah satu musuh. Hati-hati terhadap ranjau yang terpasang di depanmu, untuk lebih aman ledakkan dengan menembaknya. Lanjutkan ikuti pointer kuning dan masuki pintu yang kemudian mengaktifkan cutscene.
            Sekarang saatnya untuk mencegah Sandoval bunuh diri. Pilih Emphatize dua kali lalu lanjutkan dengan memilih Inspire untuk membuatnya melepaskan pistolnya. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memilih Tough Love lalu aktifkan Pheromones dan pilih Pressure. Setelah beres jangan lupa ambil Revolver di meja dan beberapa ammo di dekatnya. Lanjutkan dengan keluar melalui pintu di sebelah kanan yang membawamu ke saluran air. Turuni tangga lalu hack terminal di dekat pintu untuk membukanya. Lanjutkan dengan mengikuti pointer kuning yang menuntunmu untuk menaiki tangga.
            Sesampainya di luar ikuti pointer kuning yang membawamu ke Chiron Building. Oya, sebelum kamu pergi perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa ini kesempatan terakhirmu di Detroit. Selesaikan setiap Side Quest yang tersisa dan jangan lupa beli 2 Praxis Kit yang dijual di L.I.M.B. Clinic. Di dalam Chiron Building pergilah ke atas gedung (helipad) dan tunggu hingga Malik menjemputmu.

[GAMBAR = 24 – Find Vasili’s GPL]

FIND VASILI SEVCHENKO’S GPL DEVICE
            Segera save permainan ketika kamu sudah memegang kendali atas Jensen. Di sini kamu bisa memutuskan untuk menyelamatkan Malik atau meninggalkannya untuk mati. Kabar baik jika kamu punya EMP Mine, Sniper Rifle dan Rocket Launcher sebelumnya karena jika tidak maka kamu terpaksa harus terjun langsung ke tengah baku tembak. Segera temukan musuh yang berdiri dekat tong peledak dan tembak tong tersebut. Posisi tong ini ada di bawah dan di lantai 2 di gedung sebelah kananmu. Habisi pula musuh bersenjata berat (Ogre) terlebih dulu.
            Segera turun ke bawah dan lemparkan EMP Mine ke antara kedua gedung di depanmu karena akan ada robot (Box Guard) yang muncul kemudian. Mungkin sedikit sulit untuk menerka posisi robot tersebut dijatuhkan. Untuk itu setelah kamu melihat posisi robot tersebut dan beberapa musuh lain segera load permainanmu untuk membuat segalanya lebih cepat dan mudah. Sebagian besar musuh berada di lantai 2 di gedung sebelah kananmu. Kamu bisa naik ke atas dengan memanjat melalui peti kargo warna merah di sebelah kanan. Naik tangga menuju lantai 3 dan temukan sniper yang berada di pojok ruangan. Setelah semua musuh dibereskan maka Malik akan segera terbang menjauh. Tak lupa mengucapkan terima kasih padamu tentunya.

[GAMBAR = 25 – Find Vasili’s GPL]

            Segera ambil semua item, ammo, dan credit dari mayat musuh yang bergelimpangan lalu ikuti pointer kuning dan naiki elevator. Ikuti lagi pointer kuning yang membawamu ke depan sebuah pintu. Pilih Yes untuk membawamu ke Hengsha. Tak usah kuatirkan dengan kejadian aneh yang menimpamu. Selanjutnya Pritchard akan menghubungimu dan memberi tahu bahwa semua orang yang menggunakan Augmentasi mengalami gejala aneh seperti glitch. Pritchard akan memintamu untuk memeriksakan kondisimu ke L.I.M.B. Clinic terdekat.
            Jika kamu pergi ke L.I.M.B. Clinic pastikan untuk menolak tawaran untuk pemasangan biochip terbaru. Ini adalah salah satu jebakan paling cerdas dari game ini. Jika kamu menerima tawaran upgrade tersebut maka dijamin segalanya akan menjadi lebih sulit bagimu terutama saat melawan boss. Tolak tawaran tersebut dan belilah 2 Praxis Kit. Bicara pada Doctor Wing di ruangan sebelah untuk mengaktifkan Side Quest: Talion A.D.
            Periksa peta lalu ikuti pointer kuning yang letaknya lumayan jauh dari posisimu berada. Berhati-hatilah terhadap polisi (Belltower guard) karena keberadaanmu tidak diinginkan di kota ini. Mengikuti pointer kuning akan membawamu melalui Youzhao District, gunakan jalur atap atau saluran air untuk dapat masuk ke tempat tujuan (persembunyian Harvester) dengan aman. Sesampainya di dalam ikuti pointer kuning yang kemudian membawamu ke tempat parkir. Musuh di area ini cukup banyak dan sepertinya akan lebih baik jika kamu menggunakan pendekatan stealth hingga ke tempat tujuan.

[GAMBAR = 26 – Find Vasili’s GPL]

            Lanjutkan hingga kamu tiba di pintu dengan tulisan ‘Level 1’, lalu hancurkan dinding yang kamu temui dan turuni tangga dibaliknya. Hancurkan dinding selanjutnya dan habisi musuh yang datang satu demi satu ke arahmu. Setelah kamu tiba di area terbuka maka akan ada 4 musuh di area ini dan kamu perlu berlindung dan bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Terus bergerak melalui sisi kanan hingga kamu tiba di dinding yang dihalangi 2 kardus. Singkirkan kardus untuk dapat masuk melalui lubang di dinding lalu segera bersembunyi di balik generator. Lanjutkan menuju pintu kecil (pointer kuning) di dekatmu untuk mengaktifkan cutscene. Usai berbicara dengan Tong ambil Laser Rifle di sebelah kanannya. Setelah bereksplorasi sedikit lanjutkan menuju pintu keluar ke saluran air dan terus ikuti pointer kuning dan naiki tangga.

STOWING AWAY
            Sesampainya di atas masuki pos keamanan dan matikan Breaker Box. Hack komputer dan matikan Security Cam serta robot (jika kamu bisa). Jangan aktifkan robot untuk menyerang musuh karena hal ini dapat memicu alarm dan menyulitkan pergerakanmu nanti. Jangan pula membuka pintu utama karena hal ini akan membuat musuh waspada. Masuk melalui jalan di sebelah kanan pintu utama yang ditutup oleh peti besar. Seharusnya pada saat ini kamu sudah memiliki upgrade dari Arm Augmentation serta Jump Enhancement yang memudahkanmu bereksplorasi.

[GAMBAR = 27 – Stowing Away]

            Sesampainya di dalam ikuti pointer kuning namun telusuri melalui jalur kiri. Tak sulit untuk mengatasi musuh yang tersisa di area ini jika sebelumnya kamu sudah mengatasi Security Cam dan robot. Perhatikan ada sniper yang berjaga di atas bangunan tujuanmu, habisi saja dari jauh dengan headshot. Setelah beres ambil paket milik Tong (Tong’s Explosive Package) di dalam bangunan tersebut. Kamu bisa masuk ke dalamnya dengan cara hack pintu atau menghancurkan dinding. Keluar dari bangunan lalu hack pintu di sebelah kiri truk yang terletak di area bongkar muat lalu hack komputer di ruangan berikutnya dan matikan Security Cam.
            Lanjutkan menuju pointer kuning menuju pintu selanjutnya dan bergeraklah melipir dinding sebelah kiri. Terus berlindung dan bergerak dari satu tempat ke tempat lain hingga kamu tiba di dekat tangga. Naik dan bersembunyi di balik railing hingga musuh menjauh lalu lanjutkan naiki tangga di samping ruangan di depanmu. Temukan ventilasi di atapnya lalu masuk ke dalam ruangan. Letakkan peledak di atas meja untuk mengaktifkan cutscene seru berikutnya.

RESCUING MEGAN AND HER TEAM
            Masuki pintu di sudut area ini dan tunggu hingga musuh selesai berbicara lalu berpisah. Salah satu dari mereka akan menuju ke arahmu jadi bersiaplah untuk melakukan takedown dan jangan lupa untuk mengambil Pocket Secretary dari tubuhnya. Setelah itu segera habisi musuh yang lainnya dan bergerak lurus dari sini. Masuk ke dalam lubang di pagar kawat dengan menyingkirkan dumpster yang menghalangi. Terus lanjutkan hingga kamu tiba di ujung lalu buka jendela dan lompatlah ke dalam.

[GAMBAR = 28 – Rescuing Megan]

            Hati-hati saat membuka pintu karena kemungkinan 2 musuh terdekat bakal waspada dan memeriksa keberadaanmu. Pastikan untuk menghabisi kedua musuh ini dengan multiple takedown ataupun Gas Grenade lalu ambil Pocket Secretary dari tubuhnya. Masuki pintu dekat kedua musuh tadi berdiri dan masuk ke ruangan berikutnya. Gunakan kode yang kamu dapat dari Pocket Secretary sebelumnya untuk mematikan jammer. Jangan lupa untuk mematikan Security Cam dari salah satu komputer di sini. Usai Pritchard menghubungimu dan mengirimkan koordinat para ilmuwan, segera hampiri posisi mereka satu-persatu (ikuti pointer kuning).

[GAMBAR = 29 – Rescuing Megan]

            Ketika kamu keluar gedung maka kamu akan berada di area terbuka dengan banyak musuh. Pastikan terus menyelinap ke arah kanan melipir dinding sembari memperhatikan pergerakan musuh. Sedikit sulit untuk menghabisi semua musuh yang berada di area ini jadi sepertinya lebih baik jika kamu menyelinap saja. Setelah menelusuri jalur kanan masuki gedung berikut tetapi berhati-hatilah saat membuka pintu karena musuh terdekat bakal waspada. Lanjutkan menuju pintu kaca berikut hingga kamu tiba di lobby. Ada 2 penjaga dan Security Cam di sini namun tidak sulit untuk menghabisi mereka. Pastikan kamu memeriksa Pocket Secretary dari musuh yang berada dekat komputer untuk mendapatkan kode dari komputer tersebut. Masuki pintu di sudut lobby dan teruskan ikuti pointer kuning. Waspada terhadap musuh yang berada di ruangan tengah. Atasi lalu hancurkan dinding untuk dapat masuk ke ruangan sebelahnya. Atau bisa juga kamu masuk dengan cara hack pintunya (Security Rating 4). Singkirkan kardus yang menghalangi ventilasi lalu telusuri dan naiki tangga yang kemudian membawamu ke dalam ruangan Dr. Colvin.
            Masuk ke ruangan sebelah dan hati-hatilah saat membuka pintu berikutnya. Jika memungkinkan, buka pintu lalu aktifkan cloak dan lalui musuh di dekatmu sekaligus Security Cam. Teruskan menuju pintu di ujung lorong dan hack terminal di dekat pintu (Security Rating 4) lalu masuk ke dalam dan singkirkan peti kontainer besar yang menghalangi elevator. Masuki elevator dan untuk naik ke lantai berikut dan temui Dr. Koss di ruangan sebelah. Setelah puas bertanya-tanya segera kembali ke elevator dan turun ke lantai sebelumnya.

[GAMBAR = 30 – Rescuing Megan]

            Keluar ruangan dan pergilah ke kanan hingga kamu tiba pada lorong penghubung di sebelah kanan. Telusuri dan turuni tangga hingga kamu tiba di lobby dengan 2 musuh. Berlindung sambil terus bergerak ke kanan dan naiki tangga lalu hack pintu di sebelah kiri. Pintu kanan adalah ruangan dengan 2 musuh di dalamnya. Gunakan ventilasi dari ruangan di kiri untuk masuk ke ruangan di kanan. Habisi musuh satu-persatu karena tidak mungkin untuk melakukan multiple takedown karena jarak mereka terlalu jauh. Ambil Pocket Secretary dari salah satu musuh dan gunakan pada komputer di dekatnya.
            Keluar dari ruangan belok kanan hingga ujung lorong lalu turuni tangga dan hack terminal laser di depanmu. Masuk ke dalam elevator dan sesampainya di bawah ikuti pointer kuning lalu temui Dr. Faherty. Usai berbicara segera keluar ruangan dan masuki pintu di sebelah kiri. Jebol dinding di ruangan ini namun jangan langsung masuk ke dalam karena ada gas beracun. Jika kamu tidak memiliki upgrade yang bisa membuatmu kebal terhadap gas beracun maka kamu harus mengorbankan sedikit nyawa untuk memutar katup di dalam. Telusuri jalan dan masuki ventilasi yang akan membawamu keluar. Segera turun dan ikuti pointer kuning dan bersembunyilah di sudut. Ada robot turret yang berjaga di sini jadi kamu perlu menggunakan EMP Grenade atau langsung menyelinap dengan cepat. Teruskan mengikuti pointer kuning sembari bergerak menyusur tembok. Di ujung lorong ada Security Cam maka kamu perlu menyelinap ke bawahnya dan pergi ke kanan lalu masuki pintu.
            Operasikan komputer dan upload virus ke dalamnya. Setelah sinyal dikirim ke para ilmuwan maka waktunya untuk keluar dari ruangan ini. Bakal ada robot turret yang bergerak di luar ruangan. Kamu bisa menyelinap melalui robot turret dan Security Cam pada timing yang tepat. Lanjutkan ikuti pointer kuning dan masuk ke elevator untuk mengaktifkan cutscene. Usai menyaksikan cutscene waktunya untuk menghadapi boss.

BOSS: JARON NAMIR
            Untuk menghadapi boss yang satu ini paling tidak kamu harus menggunakan senjata dengan damage besar seperti Revolver, Laser Rifle, Grenade Launcher, atau serangan Typhoon. Akan sulit bagimu untuk menghadapinya jika sebelumnya kamu telah menerima biochip terbaru yang membuat sistemmu kacau. Layarmu, termasuk HUD dan radar, akan menjadi blur dan kamu tidak bisa menggunakan Augmentasimu dengan baik. Tentunya kamu juga tidak bisa menggunakan serangan Typhoon yang bisa mempersingkat pertarunganmu.

[GAMBAR = 31 – Boss Jaron Namir]

            Jaron tidak memiliki banyak variasi serangan. Pertama dia akan menembakkan senjata Plasma miliknya lalu me-reload sebelum menembakkannya lagi. Lalu serangan lainnya adalah dengan melemparkan 3 Grenade (Gas, EMP, dan Frag) ke arahmu lalu melompati dinding untuk kabur. Dia akan menggunakan cloak untuk kabur dan mencari posisimu sembari menembak atau melemparkan Grenade. Oya, kamu juga tidak bisa melakukan takedown kepadanya karena dia punya serangan balasan yang lebih fatal.
            Ketika pertarungan dimulai segera lempar Grenade (EMP lebih baik) ke arahnya dan hampiri dia lalu aktifkan serangan Typhoon. Sprint ketika ia melempar 3 Grenade ke arahmu. Gunakan Smart Vision ketika ia mengaktifkan cloak, tunggu hingga ia menuju ke arahmu lalu segera tembak ketika muncul. Oya, kamu bisa menggunakan Laser Rifle untuk menembak melalui dinding kaca. Pertarungan ini tidak akan sulit jika kamu punya senjata dengan damage yang besar. Cutscene akan muncul usai kamu mengalahkan Jaron. Jika pada saat ini inventory-mu penuh, usahakan untuk tetap menyimpan Laser Rifle ketimbang Plasma Rifle. Plasma Rifle memang salah satu senjata terkuat dalam game ini tetapi Laser Rifle bakal membuat pertarunganmu melawan final boss sedikit lebih mudah.
            Ikuti pointer kuning untuk bertemu dengan Megan sekaligus mengaktifkan cutscene. Usai cutscene segera masuk ke dalam elevator lalu tekan tombol di ruang kontrol untuk membuka atap. Jika sebelumnya kamu menyelamatkan Malik maka ia akan membalas kebaikanmu dengan menyingkirkan musuh yang berada di helipad. Usai mengevakuasi para ilmuwan segera pergi menuju LEO Shuttle (ikuti pointer kuning) untuk tujuanmu berikutnya, Panchaea.

SHUTTING DOWN DARROW’S SIGNAL
            Eksplorasi sesukamu berhubung tidak ada musuh di area ini. Puas bereskplorasi lanjutkan menuju pointer kuning dan turuni tangga. Selanjutnya kamu akan tiba di lantai yang tergenang air dan berarus listrik. Akan lebih baik untuk menggunakan pipa besar di sebelah kanan dinding sebagai pijakan. Jika kamu sudah memiliki upgrade untuk dapat berjalan di lantai berarus ini maka berhati-hatilah terhadap ranjau. Lempar peti atau kardus ke lantai untuk meledakkan ranjau tersebut. Selanjutnya singkirkan peti besar yang menghalangi jalanmu atau letakkan di lantai sebagai pijakan. Telusuri terus lorong hingga kamu melihat ada ventilasi dengan Mine di dalamnya. Tembak untuk meledakkannya dengan aman lalu masuklah ke dalamnya. Di dalam ventilasi ini kamu akan menemukan Frag Mine lainnya. Kamu bisa meledakkan ranjau tersebut atau menghampirinya perlahan-lahan lalu mengambilnya. Turun di ruangan selanjutnya dan ambil Pocket Secretary di lantai. Tekan Breaker Box untuk mematikan arus listrik di lantai.

[GAMBAR = 32 – Shutting Down Darrow’s Signal]

            Teruskan telusuri lorong sembari mengikuti pointer kuning. Naiki tangga dan kamu akan keluar di sebuah hanggar. Masuki pintu oranye, telusuri lorong, naiki tangga dan terus ikuti pointer kuning yang membawamu ke sebuah elevator. Terus ikuti pointer kuning dan hiraukan saja orang-orang yang menjadi gila karena sinyal yang dipancarkan oleh Darrow. Tak perlu repot-repot mengatasi atau melumpuhkan mereka karena kamu tidak akan mendapatkan exp sama sekali. Pointer kuning akan membawamu menuju ruang kontrol yang hanya bisa kamu masuki melalui jendela yang pecah.

[GAMBAR = 33 – Shutting Down Darrow’s Signal]

            Setelah cutscene yang berupa ceramah panjang lebar dari Darrow sekarang saatnya menghadapi Social Battle melawannya. Pilih Extrapolate kemudian Appeal lalu Extrapolate dan pilih Extrapolate lagi untuk mengakhirinya. Atau bisa juga dengan memilih Critique, Extrapolate, Extrapolate, Critique. Darrow akan memberikan sebuah kode dan kamu harus keluar dari ruangan ini dan mengikuti pointer kuning. Turuni tangga lalu pergi ke lorong di kanan dan terus susuri koridor ini hingga kamu bertemu dengan 2 orang yang terinfeksi sinyal. Jika kamu memutuskan untuk mengatasi mereka usahakan gunakan senjata dengan peredam. Suara tembakan akan membuat yang lain akan mengejarmu seperti zombie kelaparan. Usahakan menyelinap dengan cloak hingga kamu mencapai elevator.
            Sampai di bawah, ikuti pointer kuning dan telusuri jalan hingga kamu tiba di area terbuka dengan banyak orang yang terinfeksi ditambah robot yang akan aktif saat kamu mendekat. Selain menghabisi musuh yang ada satu-persatu, jalan terbaik lainnya adalah dengan mengaktifkan cloak dan lari (sprint) menuju pintu di samping kanan truk besar yang terbakar. Naiki tangga di sebelah kiri dan menyelinaplah melalui musuh yang menghalangi jalanmu lalu masuk ke dalam ruangan dengan kaca pecah (loncat ke dalam) dan masuki pintu. Telusuri lorong hingga kamu tiba pada pintu yang dibarikade dengan peti besar. Yup, selamat datang di L.I.M.B. Clinic terakhir di game ini. Borong 2 Praxis Kit terakhir serta Typhoon ammo yang sangat berguna untuk bertahan dari serangan musuh yang menggila di level ini.

[GAMBAR = 34 – Shutting Down Darrow’s Signal]

Keluar dari L.I.M.B. Clinic maka Taggart akan memancarkan transmisi untuk meminta bantuan. Di perjalanan lagi-lagi akan ada segerombolan orang yang terinfeksi menghadang. Jika menurutmu sudah terlalu sulit untuk tetap bermain stealth di level terakhir ini, habisi mereka dengan Gas Grenade atau letakkan Mine di depanmu saat mereka mengejarmu. Saat terjepit segera gunakan serangan Typhoon untuk membantai mereka. Teruskan perjalanan ke ujung catwalk dan masuk ke dalam pintu yang dibarikade dengan cara membungkuk. Turuni tangga dan masuki ruang di sebelah kanan (pintu merah). Akan ada banyak orang yang terinfeksi di dalam sini, jika kamu tidak mau repot-repot menyelinap semoga kamu masih memiliki Gas Grenade atau Frag Mine. Keluar melalui pintu di ujung ruangan dan lompati generator yang menghadang. Hancurkan dinding di sebelah kanan lalu berbicaralah dengan Taggart dua kali. Setelah itu kamu bisa telusuri kembali jalan menuju catwalk di luar dan turuni tangga. Tak berapa lama Sarif akan meminta bantuan.
Terus terang ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh dan kamu lalui di sini. Akan sedikit sulit jika kamu kehilangan jejak dalam mengikuti walkthrough ini. Yang jelas ada banyak petunjuk dari server room (tempat Taggart berada) menuju machine room (tempat Sarif berada) Kamu hanya bisa mengikuti petunjuk ini berhubung posisi Sarif dan Taggart tidak ada dalam radarmu. Setelah berhasil menemui Sarif segera ikuti pointer kuning yang akan membawamu kembali ke dalam tujuan utama.

[GAMBAR = 35 – Shutting Down Darrow’s Signal]

Kamu akan tiba di catwalk menuju The Core. Ketika kamu membuka pintu gunakan Heavy Rifle (atau senjata kuat lainnya) untuk membantai gerombolan orang yang terinfeksi. Cara kedua adalah dengan melalui saluran ventilasi di sebelah kiri. Singkirkan penghalang dengan upgrade Heavy Lifting dan telusuri ventilasi hingga kamu tiba di ruangan yang dipenuhi gas. Hack terminal di dekatmu dan gunakan turret untuk menghabisi musuh. Cara ketiga adalah dengan melalui railing di kedua sisi catwalk dan aktifkan cloak untuk menyelinap melewati turret. Masuk elevator kargo untuk turun ke The Core dan menghadapi boss terakhir game ini.

FINAL BOSS: ZHAO YUN RU/HYRON PROJECT
            Kamu akan menghadapi Zhao Yun Ru yang mengendalikan sebagian dari Hyron Project. Zhao dilindungi oleh perisai kaca dan dipersenjatai oleh 3 turret di sekelilingnya. Untuk menghabisi Zhao sebelumnya kamu perlu mengatasi 3 pod dan mematikan 3 turret untuk menurunkan pertahanannya. Seperti biasa, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menyelesaikan pertarungan terakhir ini.

[GAMBAR = 36 – Final Boss]

            Cara paling cepat pertama adalah dengan menggunakan Laser Rifle dan langsung menembaki Zhao yang dilindungi oleh perisai kaca. Seperti pada pertarungan melawan boss sebelumnya, Laser Rifle memang dapat menembak melalui dinding kaca. Tembak terus hingga Zhao tewas. Sembari menembak kamu bisa mengaktifkan cloak untuk melindungimu dari serangan turret. Zhao juga akan membuat lantai berarus listrik sewaktu-waktu jadi kamu harus siap dengan upgrade yang tepat untuk mengatasi serangan ini.

[GAMBAR = 37 – Final Boss]

Cara paling cepat kedua adalah dengan menggunakan kode yang diberikan Hugh Darrow padamu (2012) pada panel (Security Rating 5) di tengah struktur. Kode ini akan mematikan sistem life support untuk ketiga Hyron Drone. Setelah mengatasi ketiga Hyron Drone kamu bisa menghancurkan pelindung kaca dan menghabisi Zhao dengan serangan Typhoon atau senjata terkuat milikmu.
Cara berikutnya adalah dengan menekan tombol di samping ketiga pod untuk membukanya lalu menghancurkan Hyron Drone satu-persatu. Setelah kamu menghancurkan 2 Hyron Drone gerombolan orang-orang yang terinfeksi akan masuk dan menyerangmu. Gunakan Frag Mine, Grenade, atau Typhoon untuk bertahan dari serangan mereka. Setelah kamu menghancurkan 3 Hyron Drone maka Security Bot akan muncul dan gunakan EMP Grenade/Mine untuk menghancurkannya.
            Cara lain adalah dengan melakukan hack pada komputer (Security Rating 4) lalu menghabisi ketiga Hyron Drone yang muncul. Dinding kaca hanya akan melindungimu sementara dari serangan turret. Aktifkan cloak untuk melindungi dirimu dari turret lalu habisi Hyron Drone dari kejauhan.
            Usai mengalahkan Zhao dan Hyron Project segera masuk ke ruangan berikut untuk mengaktifkan cutscene. Ada 4 pilihan ending yang masing-masing mewakili perspektif Hugh Darrow, Taggart, Sarif, dan kamu sendiri. Gunakan ekstra slot untuk save sehingga kamu bisa melihat keempat ending-nya.

SIDE QUESTS & DLC WALKTHROUGH


Usai membahas Main Quest di Deus Ex: Revolution, kini giliran HG menghadirkan Side Quest secara keseluruhan dan mendetail. Selain Side Quest, misi DLC Missing Link juga akan dibahas di sini.


            Menyelesaikan Side Quest merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kredit, exp, serta banyak keuntungan lainnya yang bakal mendukungmu menjalankan Main Quest. Alur cerita dari Side Quest kadang tidak terlalu berkaitan dengan alur cerita utama dari game ini. Meskipun begitu menjalankan Side Quest bisa jadi pelarian yang menghibur di tengah-tengah alur cerita utama. Fokus utama dari menyelesaikan Side Quest adalah agar kamu bisa memperoleh kredit dan exp yang cukup untuk meraih Praxis Point. Makin kuat upgrade augmentasi yang kamu lakukan maka akan semakin menarik dan semakin mudah pula perjalananmu menyelesaikan game ini.

ONE GOOD TURN DESERVES ANOTHER
            Merupakan Side Quest pertama yang kamu temui dalam game ini. Untuk itu kamu perlu menyelamatkan Greg Thorpe yang disandera di Sarif Industries tepatnya dalam ruangan dengan bom. Jangan masuk dari pintu utama karena akan mengaktifkan gas beracun dan kamu hanya punya kurang dari 30 detik untuk melakukan hack pada panel bom dan mematikannya. Sebagai alternatifnya kamu bisa menggunakan saluran ventilasi di bawah tangga di sebelah kanan (di ruang utama). Hack panel bomnya dan matikan atau untuk lebih singkat kamu bisa memasukkan kode 1505 untuk mematikannya. Setelah berhasil menyelamatkan semua orang bicaralah dengan Greg Thorpe dan dia akan memintamu untuk menyelamatkan istrinya, Josie.
Setibanya di Server Room kamu akan bertemu dengan Zeke Sanders yang menyandera Josie Thorpe. Bicaralah dengan Zeke untuk bernegosiasi. Pilih Emphatize, Reason, lalu Humble untuk membuat Zeke tenang. Atau kamu juga bisa menggunakan pilihan Emphatize, Emphatize, lalu Reason. Ketika Josie dibebaskan bicaralah dengannya untuk mendapatkan cutscene lain. Keluarlah melalui pintu yang terbuka menuju helipad dan bicara dengan Greg Thorpe. Setibanya di kantor (Sarif HQ) pergilah menuju apartemen milik Greg dan Josie Thorpe. Bicara dengan Greg yang akan memberimu imbalan berupa informasi seputar diskon saat berbelanja senjata dengan Seurat.

LESSER EVILS
            Setelah beres menghadapi Zeke dan kelompok Purist yang menyerang salah satu perusahaan milik Sarif, pergilah ke kantormu dan bicara dengan Tim Carella. Dia akan memintamu untuk mencari bukti yang tersembunyi di apartemen milik Brian Tindall. Ikuti pointer biru yang akan membawamu ke apartemen yang dimaksud.
            Ada 3 cara untuk masuk ke dalam gedung ini. Cara pertama adalah dengan menggunakan tangga darurat di samping gedung. Yang perlu kamu lakukan adalah naik ke atas dumpster dan meletakkan sebuah peti, kardus, atau apapun yang bisa kamu jadikan sebagai pijakan untuk menggapai tangga. Cara kedua adalah dengan melakukan hack pada pintu yang menjadi tempat masuk utama. Cara ketiga adalah dengan memasukkan kode (0002) pada panel di samping pintu tersebut. Kode ini sebenarnya kamu dapatkan dari salah satu apartemen di dalam gedung.
            Sesampainya di dalam ikuti pointer biru untuk membawamu ke depan apartemen Brian Tindall. Hack pintunya dan cari bukti yang harus kamu dapatkan di dalamnya. Jangan lupa untuk masuk ke pintu di belakang ruangan dan hack komputer di ruangan tersebut. Baca email dengan cepat dan bersiap-siaplah menyambut musuh dengan Shotgun yang bakal masuk dari pintu depan. Gunakan takedown atau incar kepalanya (headshot) untuk menghabisi musuh ini dengan cepat.
            Keluar dari apartemen dan ikuti pointer biru untuk menuju ke lokasi Brian Tindall di salah satu gang. Pilih untuk mengikuti tawarannya dan ikuti pointer biru menuju lapangan basket. Kamu bisa melakukan Multiple Takedown terhadap mereka (P-Gee dan Bee-K) atau incar headshot untuk menghabisi mereka dengan cepat. Jangan terlibat baku tembak terlalu lama karena senjata mereka cukup kuat dan kemungkinan besar pertahananmu sangat lemah karena belum meng-upgrade Dermal Armor. Tak berapa lama bala bantuan musuh akan datang, manfaatkan cover dengan baik dan habisi mereka.

[GAMBAR = 01 – Lesser Evils]

            Setelah beres mengatasi mereka kembalilah ke tempat Brian dan konfirmasi bahwa pengejarnya telah kamu bereskan sekaligus meluruskan masalah Tim. Setelah itu ikuti pointer biru untuk menuju lokasi Tim Carella berada di subway station. Bicara padanya lalu pilih Emphatize untuk menyelesaikan Side Quest ini dan menerima imbalan berupa upgrade untuk senjatamu.

MOTHERLY TIES
            Ketika keluar dari Sarif Industries untuk pertama kalinya maka akan ada cutscene di mana kamu bertemu dengan Cassandra Reed, ibunda Megan Reed. Beliau akan memintamu untuk menyelidiki kematian putrinya yang terbilang cukup aneh. Jika kamu menerima misi ini maka beliau akan memintamu untuk menemui Det. Chase yang punya informasi mengenai penyelidikan kasus ini.

[GAMBAR = 02 – Motherly Ties]

            Ikuti pointer biru yang membawamu ke sebuah gedung di mana Det. Chase bekerja sebagai penjaga. Bicara padanya dan terus korek informasi yang kamu butuhkan. Dia akan menyuruhmu untuk mengorek informasi penting dari Chet Wagner di kantor polisi. Jangan lupa mengaktifkan Pheromones untuk meyakinkan Det. Chase agar ia mau memberikan kode untuk safe panel. Setelah beres segera keluar dari gedung ini dan ikuti pointer biru menuju kantor polisi.
            Bicara pada Chet Wagner di lobby yang sayangnya tidak akan memberikanmu informasi apapun. Lanjutkan dengan bicara pada Wayne Haas di meja resepsionis dan gunakan pilihan Absolve, Plead, Absolve, lalu Plead untuk dapat masuk ke dalam. Yup, Side Quest ini memang saling berhubungan dengan Main Quest.
            Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke dalam kantor polisi ataupun pergi ke belakangnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan upgrade Heavy Lifting dan Jump Enhancement. Pergilah ke samping kantor polisi tepatnya di pagar kawat. Tumpuk 2 dumpster dan lompati pagar kawat tersebut untuk dapat tiba di belakang.

[GAMBAR = 03 – Motherly Ties]

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan upgrade EMP Shielding dan masuk melalui lorong yang lantainya dialiri arus listrik. Atau bisa juga dengan menggunakan 2 kardus atau peti untuk membuat jembatan melalui lantai yang berarus listrik. Caranya letakkan kardus pertama di depan, naik ke atasnya, lalu letakkan kardus kedua di depanmu lagi. Sekarang ambil kardus pertama dan letakkan di depan kardus tempatmu berpijak sekarang. Begitu seterusnya sampai di seberang. Oya, lorong ini terletak di sebelah timur dari kantor polisi. Cara lainnya adalah dengan melalui saluran air dari salah satu gang yang terhubung hingga ke belakang kantor polisi.
            Setelah tiba di belakang kantor polisi, gunakan kode (4891) yang kamu dapat dari Det. Chase pada salah satu ruang penyimpanan. Lakukan hacking pada safe panel di dalam ruang penyimpanan ini dan ambil kalung milik Cassandra dan Ebook yang merupakan objektif dari Side Quest ini.
            OK, mari kita kembali ke dalam kantor polisi. Setelah berhasil meyakinkan Wayne Haas untuk mengizinkanmu masuk, segera pergi ke lantai 2 dan masuk ke dalam ruangan Capt. Penn. Hack komputer di dalam ruangan ini dan cari informasi yang kamu butuhkan seputar Side Quest ini. Lanjutkan eksplorasimu ke lantai 3 dan masuki ruangan Chet Wagner. Untuk mencapai ruangannya, setelah tiba di lantai 3 pergilah ke kanan dan masuki ventilasi di samping kardus. Ventilasi ini akan membawamu ke dalam ruangan Chet Wagner. Baca email di komputernya untuk mengungkapkan kebusukannya. Gunakan informasi ini untuk mengancamnya dan mengorek informasi lain seputar Side Quest ini.
            Ketika semua petunjuk sudah kamu dapatkan segera pergi ke Chiron Building dan temui Cassandra Reed. Katakan padanya semua informasi yang kamu tahu. Di akhir dialog kamu bisa memilih untuk memberikan kalung milik Megan kepada ibunya atau menyimpannya untuk dirimu sendiri. Kedua pilihan akan memberikan achievement berbeda sekaligus menyelesaikan Side Quest: Motherly Ties.

CLOAK AND DAGGERS
            Beres dengan urusan di kantor polisi kamu bisa menemui Jenny yang bekerja menyamar sebagai Call Girl di area pintu masuk menuju markas Derelict Row. Jenny akan memintamu untuk menjebak dan menangkap Jack O’Malley. Untuk itu kamu akan menyamar sebagai pembunuh bayaran yang disewa oleh O’Malley.
            Temui O’Malley di belakang kantor polisi tempat storage locker dari Side Quest: Motherly Ties berada. Katakan kepada O’Malley bahwa kamu bersedia untuk menghabisi Double-T. Untuk itu kamu diminta untuk mendapatkan senjata tertentu (crossbow) yang nantinya bisa kamu dapatkan dengan mengikuti pointer biru menuju sebelah barat markas Derelict Row.
            Kamu perlu menyisihkan banyak slot kosong dalam inventory-mu untuk senjata ini. Equip crossbow tersebut dan ikuti pointer biru selanjutnya yang kemudian akan membawamu ke sebuah lubang penuh dengan senjata. Jangan lupa ambil O’Malley’s Weapon Shipment sebagai barang bukti untuk kasus ini. Setelah mendapatkan cukup barang bukti sekarang kamu harus menuju ke apartemen milik Double-T.
            Ada 6 musuh yang perlu kamu atasi di sini. Khusus untuk Double-T kamu harus menggunakan non-lethal takedown atau senjata seperti Stun Gun dan Tranq. Rifle. Pertama habisi dulu musuh yang menjaga pintu tanpa membuat musuh di dalam menjadi waspada. Teruskan dengan membuka pintu untuk memancing musuh yang berada di dapur memeriksa pintu. Sesampainya di pintu gunakan Stun Gun untuk melumpuhkannya. Lanjutkan dengan mengendap-endap ke belakang sofa tempat dua musuh sedang duduk menonton TV. Jika kamu cepat kamu bisa menggunakan takedown pada satu musuh dan Stun Gun pada musuh lainnya. Setelahnya kamu perlu melakukan hack pada pintu tempat Double-T berada.
            Kamu juga bisa menembakkan senjata (tanpa peredam) untuk memancing Double-T dan musuh lainnya keluar dari ruangan tersebut. Ingatlah untuk menghabisi Double-T dengan Stun Gun, Tranq. Rifle, atau non-lethal takedown. Sebenarnya bisa juga kamu menghancurkan tembok di luar apartemen untuk masuk ke dalam ruangan Double-T tetapi hal ini terlalu riskan untuk dilakukan. Setelah beres segera keluar dari apartemen ini dan pergilah ke apartemen O’Malley.
            Kamu perlu melakukan hack atau memasukkan passcode (1029) untuk dapat masuk ke tempat penyimpanan O’Malley. Sebelum masuk, ambil kardus dan lemparkan ke dalam untuk meledakkan semua ranjau. Setelah aman segera eksplorasi ruangan ini untuk mengumpulkan bukti dan petunjuk. Setelah beres kembalilah ke Jenny dan berikan semua yang kamu dapatkan. Jenny akan memintamu kembali ke tempat O’Malley.

[GAMBAR = 04 – Cloak and Daggers]

            Sesampainya di apartemen O’Malley bicaralah dengannya. Tepat sebelum dia menggunakan pistol lakukan takedown atau gunakan Stun Gun padanya. Kembalilah pada Jenny untuk menyelesaikan Side Quest ini.

VOICES FROM THE DARK
            Ketika kamu keluar dari apartemenmu untuk pertama kalinya, Pritchard akan menghubungimu dan berkata bahwa ia mendapat pemberitahuan dari seseorang bernama Ezekiel alias Zeke. Ikuti pointer biru dan pergi ke area dekat Sarif HQ. Di gang seberang jalan kamu akan bertemu dengan Zeke yang akan memberimu Pocet Secretary dan menganggap utangnya sudah lunas. Yup, demikianlah Side Quest: Voices from the Dark yang sangat pendek ini. Momen selanjutnya kamu bertemu dengan Zeke maka dia tidak akan menganggapmu sebagai kenalan atau teman. Jadi jangan ragu-ragu untuk menghabisinya saat itu.

ROTTEN BUSINESS
            Ketika tiba di Hengsha segera pergi menuju Hung Hua Hotel. Masuki kamar di lantai 4 dan bicara dengan Mei Suen untuk mengaktifkan Side Quest ini. Mei akan memintamu menyelamatkan sahabatnya, Ning, yang menghilang selama beberapa hari. Ada dugaan bahwa Ning disandera untuk kemudian dioperasi diberikan augmentasi. Korek segala informasi yang kamu butuhkan dari Mei untuk misi ini. Kamu harus mencari orang bernama Chuanli yang sekiranya punya informasi mengenai keberadaan Ning. Sebelum meninggalkan Hung Hua Hotel pergilah ke lantai 3 dan ambil Hive Membership Card dari salah satu kamar. Kartu ini akan berguna untuk misimu (Main Quest dan Side Quest) selanjutnya.

[GAMBAR = 05 – Rotten Business]

            Ikuti pointer dan temui Chuanli yang berada di atap. Dia akan meminta bayaran sebesar 2000 kredit untuk informasi mengenai keberadaan Ning. Aktifkan Pheromone yang kamu dapatkan dari meng-upgrade Social Enhancer untuk membuat Chuanli memberikan informasi tersebut.
            Lanjutkan menuju daerah selatan Hengsha di mana Ning disekap di dalam Storage Room yang dijaga oleh 3 anggota Harvester Triad. Salah satu dari mereka akan berpatroli ke arah tangga dan kamu bisa mengatasinya dengan Stun Gun atau Tranquilizer Rifle lalu seret tubuhnya menjauh. Habisi musuh lain yang bersandar di dinding dengan Tranquilizer Rifle lalu lakukan takedown pada musuh lain yang menghampiri tubuh temannya.

[GAMBAR = 06– Rotten Business]

            Ambil Pocket Secretary dari salah satu tubuh mereka dan gunakan kodenya (5377) untuk membuka Storage Room. Bicaralah dengan Ning yang kemudian akan berterima kasih padamu. Kembali dan temui Mei untuk menerima imbalan (1000 kredit) setelah menyelamatkan Ning. Mei akan memberikan tugas lain padamu untuk mengatasi Diamond Chan.
            Ada 2 cara untuk menyelesaikan misi ini. Cara pertama dan paling mudah adalah dengan membunuh Diamond Chan dengan membuatnya seolah kecelakaan. Sementara cara lainnya adalah dengan menjebak Diamond Chan dengan meletakkan paket narkoba di tempatnya. Selanjutnya Mei akan menghubungi polisi yang kemudian akan mengirim Diamond Chan ke penjara dengan barang bukti yang kuat.
            Ikuti pointer menuju apartemen tempat Diamond Chan berada. Apartemennya terletak di pintu sebelah kiri. Perhatikan radarmu, tunggu hingga Diamond Chan selesai berbicara di telepon dan membelakangi pintu. Masuki pintu dan lumpuhkan Diamond Chan baik dengan takedown, Stun Gun, ataupun Tranq. Rifle. Letakkan paket dari Mei di meja dan hubungi Mei untuk menyelesaikan misi. Cara lain untuk menyelesaikan misi adalah dengan menjatuhkan tubuh Diamond Chan dari atas gedung untuk membuatnya seolah-olah kecelakaan.
            Temui Mei lagi untuk menyelesaikan Side Quest ini sekaligus mendapatkan imbalan 3000 kredit.

BAR TAB
            Gunakan Hive Membership Card yang kamu temukan di Hung Hua Hotel untuk dapat memasuki klub The Hive dengan mudah. Jika kamu tidak memiliki kartu tersebut kamu bisa menyogok penjaga di depan atau masuk melalui saluran ventilasi persis di belakang gedung ini (masuk melalui gang di sebelah kiri). Usai kamu menyelesaikan urusan Main Quest atau tepat sebelum kamu meninggalkan The Hive untuk pertama kalinya, bicaralah dengan Bobby sang bartender untuk mengaktifkan Side Quest ini.
            Bobby akan memintamu untuk mencari seseorang yang berhutang dengan cara melakukan pencarian triangulasi alias melakukan hack pada 3 terminal. Terminal pertama terletak di Youzhao District di dekat apartemen milik Diamond Chan. Lakukan hack pada terminal (Security Rating 2) di sebelah kiri apartemen tersebut. Terminal selanjutnya terletak tidak jauh dari terminal pertama. Naiki tangga kecil di sisi kanan atap lalu ikuti pointer. Naiki kotak yang menempel di dinding lalu hack terminal (Security Rating 2). Selanjutnya naiki tangga di sebelah kiri lalu ke atap di sebelah kanan. Lanjutkan perjalanan melalui atap Penthouse hingga kamu menemukan terminalnya di ujung area. Ikuti pointer untuk menemukan lokasi tepatnya dari terminal tersebut.
            Usai melakukan hack terhadap ketiga terminal, lanjutkan perjalanan menuju Hengsha Court Garden. Masuklah dari pintu di atap dan gunakan elevator yang akan membawamu ke apartemen milik Jaya. Setelah bertemu dan berbicara dengan Jaya kamu akan dihadapi dengan 3 macam pilihan. Pilihan pertama adalah kamu bisa meminta agar Jaya membayar utangnya. Pilihan kedua kamu bisa meminta augmentasi yang ia gunakan (bukan pilihan yang tepat karena sang bartender akan marah dan kamu tidak dapat imbalan). Pilihan ketiga adalah membantu Jaya melewati masalah ini.  Untuk pilihan ketiga, kamu bisa membantu Jaya dengan melunasi utangnya terhadap Bobby sebesar 5000 kredit. Setelahnya Bobby akan melepaskan Jaya dan memberikanmu sebuah Praxis Kit.

ACQUAINTANCES FORGOTTEN
            Sepulang dari Montreal, kamu bakal bertemu Sarif di apartemenmu. Sarif akan mengungkapkan bahwa ada masalah di Convention Center sehubungan dengan konferensi yang diadakan oleh Taggart. Sarif akan memintamu untuk pergi ke Convention Center untuk mengatasi masalah tersebut namun di tengah perjalanan Pritchard akan menghubungimu perihal kebocoran keamanan di Sarif Industries. Di sini Pritchard akan memintamu untuk mengikuti petunjuk dan menemui seorang detektif bernama Brent Radford.
            Ikuti pointer side quest yang membawamu ke tempat Brent yang sekarat. Sang pembunuh terlihat berdiri di depan pintu kamar mandi namun tidak menyadari kehadiranmu. Atasi pembunuh tersebut dengan cara apapun lalu bicaralah dengan Brent yang sekarat. Dia akan memberitahumu seputar storage locker serta mencari Michelle. Usai berbicara dengan Brent segera cari Med Kit di ruangan ini dan bantu Brent dengan memberikan beberapa dosis morfin. Jika kamu punya augmentasi Social Enhancer maka kamu bisa mengaktifkan Pheromones dan meyakinkan Brent untuk tetap hidup dengan memilih Alpha Appease.
            Ikuti pointer yang akan membawamu ke storage locker dan kumpulkan semua item di sini. Setelahnya ikuti pointer selanjutnya yang membawamu menuju Michelle Walters. Sesampainya di sana bicaralah dengan wanita tua dan berikan foto yang sebelumnya kamu dapatkan. Beliau akan memberikan detail seputar masa lalumu dan sebelum kamu pergi ia akan menawarkan uang sebagai hadiah ulang tahun yang terlambat.

SMASH THE STATE
            Di Convention Center kamu akan bertemu dengan polisi bernama Nicky yang memintamu menginvestigasi seputar kasus dilepaskannya Jacob White dari tuduhan. Pak polisi ini tampak gelisah tapi kamu bisa memilih untuk menenangkannya. Nicky bakal memberikan 3 petunjuk yang diduga merupakan lokasi dari kriminal dan bomnya. Ketiga tempat tersebut adalah transit station, gang di dekat kantor polisi, serta saluran air.

[GAMBAR = 07 – Smash the State]

            Kamu bisa mengeksplor transit station dan gang di dekat kantor polisi terlebih dahulu. Namun jika kamu tidak mau buang waktu kamu bisa langsung menuju ke saluran air yang merupakan lokasi persembunyian sesungguhnya. Lokasi ini akan dijaga oleh turret yang ditempatkan berlapis-lapis. Kamu bisa melakukan hack kepada komputer yang terletak di dekat turret dan mematikannya atau menggunakannya untuk menyerang musuh. Atau jika kamu memiliki augmentasi Heavy Arm Lifting kamu bisa memindahkan turret tersebut ke tempat yang aman.
            Jacob White bukan musuh biasa yang bisa kamu remehkan. Tubuhnya memiliki banyak augmentasi yang membuat pertahanan dan kekuatan serangannya sama-sama kuat. Satu-satunya solusi yang aman untuk mengatasinya adalah dengan tidak memicu baku tembak. Gunakan takedown, lethal maupun non-lethal, untuk mengatasinya dengan mudah. Setelah kamu berhasil mengatasi Jacob, kembalilah ke Convention Center dan bicaralah dengan Nicky untuk menyelesaikan Side Quest ini.

CORPORATE WARFARE
            Sebelum menuju markas Harvester untuk mencari GPL Device kamu akan dihubungi oleh Hugh Darrow yang memintamu untuk menemui Mengyao di salah satu atap gedung di Hengsha. Posisinya tidak begitu jauh dari apartemen milik Diamond Chan dan tempat kamu menginvestigasi Lee Hong pada kunjungan pertamamu. Mengyao akan memintamu mengambil kembali data chip dari seorang rival tanpa menggunakan kekerasan.
            Ikuti pointer menuju Kuaigan District lalu teruskan menuju lokasi target hingga pointer bercabang menjadi beberapa target. Gunakan pilar dan terowongan untuk bersembunyi dan melakukan non-lethal takedown pada masing-masing musuh. Sebenarnya untuk mempercepat misi kamu bisa langsung mengincar musuh yang memiliki 2 pointer X berwarna biru lalu mengambil data chip dari tubuhnya. Tetapi hal ini sangat riskan untuk dilakukan karena posisi kelima musuh cukup berdekatan. Jadi lebih baik kamu mengatasi mereka satu-persatu sebelum mengatasi musuh yang memiliki data chip.

[GAMBAR = 08 – Corporate Warfare]

            Mulailah dengan mengatasi musuh paling kiri karena dia akan berpatroli menuju gang di samping. Selanjutnya gunakan takedown atau Stun Gun untuk musuh berikutnya. Gunakan double takedown pada 2 musuh berikutnya. Salah satunya merupakan pemimpin yang memiliki data chip jadi jangan lupa untuk memeriksa tubuhnya. Musuh terakhir bisa kamu habisi dengan mudah karena dia hanya menghadap ke satu arah. Kembali kepada Mengyao dan serahkan data chip kepadanya. Kamu juga bisa mengaktifkan Pheromones dan pilih Beta Charm untuk mengetahui latar belakang dari misi ini.

TALION A.D.
            Side Quest ini bakal kamu dapatkan setelah mengunjungi L.I.M.B. Clinic di Hengsha dan berbicara dengan Dr. Wing. Ikuti pointer biru yang membawamu menuju toko daging dan periksa tubuh yang ada di situ. Bacalah Pocket Secretary yang kamu dapat dan kamu akan mendapatkan detail mengenai lokasi selanjutnya. Ikuti lagi pointer biru yang akan membawamu ke distrik berikutnya menuju area pilar dari Side Quest sebelumnya.
            Masuki lubang menuju saluran bawah tanah dan kembali ikuti pointer biru melalui terowongan hingga kamu tiba di ruangan yang penuh dengan musuh. Akan ada cutscene setelah kamu tiba di ruangan ini. Usai cutscene pilih “Yes” dan pilih untuk bertarung menghabisi mereka seefisien mungkin. Tidak akan sulit jika kamu sudah memiliki senjata yang kuat serta serangan Typhoon. Setelah kamu berhasil menghabisi semua musuh kembalilah ke L.IM.B. Clinic untuk menyelesaikan Side Quest ini.

[GAMBAR = 09 - DLC – The Missing Link]

DLC: THE MISSING LINK
            Kisah dalam The Missing Link mengisi rentang waktu 3 hari yang hilang antara misi di Shanghai dengan Singapore. Dikisahkan bahwa Jensen terjebak di salah satu kapal kargo saat menjalankan misi di Shanghai dan terpaksa mengikuti kemana kapal ini membawanya. Perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa untuk beberapa objektif tidak akan dijelaskan secara detail karena terlalu singkat dan mudah untuk ditelusuri. Selain itu Main Quest dan Side Quest kurang lebih akan dijabarkan secara kronologis di sini. Seperti apakah kisah petualangan Jensen berikutnya? Mari kita ikuti walkthrough berikut.

[GAMBAR = 10 - DLC - Escape and Find My Equipment]

GETTING OUT OF THE FRYING PAN
-          Escape and Find My Equipment
            Kamu memang tidak bisa menggunakan kemampuan augmentasimu pada saat ini, untuk itu objektif pertamamu adalah mencari perlengkapan dan persenjataanmu. Pada cutscene pembuka pilih pendekatan “Challenge” lalu jawab dengan “Yes” dan pilih “Threaten” sebagai taktik. Setelahnya eksplorasi ruangan ini dan ambil semua item yang ada lalu keluar menuju pintu berjeruji. Dorong kotak di sebelah kiri untuk mengungkap jalur ventilasi di lantai. Telusuri jalur ini dengan belok kanan dua kali dan ikuti pointer hingga membawamu ke tempat gelap.
             Angkat panel lantai di atasmu, naik, lalu pergi ke kiri. Buka pintu menuju ruangan selanjutnya dan bergerak mengendap-endap memanfaatkan bayangan yang ada.hingga kamu tiba di seberang. Masuki lorong berikutnya dan berlindunglah di balik peti di sebelah kiri. Dengarkan pembicaraan antara 2 musuh dan tunggu hingga mereka berpisah. Tunggu hingga musuh yang tersisa pergi ke koridor lalu keluarlah dari tempat persembunyianmu menuju pintu kuning di sebelah kanan.

[GAMBAR = 11 - DLC – screenshot-3]

            Pergi ke ruangan selanjutnya dan eksplorasi ruangan ini untuk mengambil semua item yang ada sebelum kamu menghampiri meja hijau di sudut ruangan. Buka ventilasi di dinding di balik meja tersebut dan masuklah ke dalamnya. Di ujung jalur kamu akan keluar dan bertemu dengan salah satu kru kapal, bicaralah dengannya. Setelahnya masuki ruangan berikutnya dan bersembunyilah di tempat gelap. Tunggu hingga musuh berikutnya berada tepat di dekatmu sebelum melakukan takedown. Habisi musuh berikutnya sebelum ia sempat bereaksi. Untuk ini kamu memang butuh 2 slot Energy Bar terisi penuh.
            Lompati kotak di depanmu dan naiki tangga di sebelah kiri. Sebelum kamu naik ke atas tunggu hingga musuh melewatimu dan menjauh baru naik ke atas. Setelahnya ikuti arah ke mana musuh tersebut pergi. Bersembunyilah di sudut di belakang ruangan di sebelah kanan dan tunggu hingga musuh pergi menuju lorong. Tetap di tempat dan tunggu hingga musuh kembali baru lakukan takedown dari belakang saat dia melalui tempat persembunyianmu. Ambil Pistol 10MM dari tubuhnya dan masuki ruangan berikutnya lalu menuju lorong di sebelah kiri. Bergerak ke sudut, masuki ruangan dan tutup pintunya. Ambil salah satu peti terdekat lalu gunakan sebagai pijakan untuk mencapai ventilasi di dinding.
            Telusuri jalur ventilasi ini lalu buka penutup ventilasi dan masuki ruangan berikut. Ambil segala macam item yang kamu temui lalu keluar melalui pintu di sebelah kanan Security Laser. Ambil item di sebelah kirimu lalu buka panel di lantai dan telusuri jalur ventilasi tersebut. Belok kanan dan kumpulkan item yang kamu temui lalu dengarkan pembicaraan sebelum kamu keluar dari ventilasi tersebut.
            Keluar dan lanjutkan melalui lorong gelap lalu pergi ke kanan. Di tikungannya pergi melalui sudut di kiri dan lanjutkan lagi menuju ventilasi. Pada celah selanjutnya pergi ke kanan hingga kamu tiba pada ventilasi yang dialiri listrik. Buka panel di atas dan masuki untuk menuju ruangan di atas. Tekan tuas di power box yang menyala hijau di sudut dan pergi kembali menuju saluran ventilasi yang kini sudah tidak lagi dialiri listrik. Lanjutkan perjalanan mengikuti pointer hingga kamu tiba pada lokasi tempat perlengkapanmu berada di sudut. Ambil untuk menyelesaikan objektif Escape and Find My Equipment.

[GAMBAR = 12 - DLC - The-Missing-Fridges-Trailer_2]

-          Acceptable Losses
Quest ini akan kamu terima usai menyelesaikan misi Escape and Find My Equipment. Kumpulkan persediaan yang terdapat di storage room lalu hampiri peti kuning dan belok ke kanan. Masuki area berikutnya dan pergi ke kanan lalu masuki pintu di mana ada orang tergeletak di lantai dan belok ke kanan. Telusuri lorong dan lompati barikade yang menghalang di sudut. Masuki ruang selanjutnya dan pergilah ke arah jendela. Hampiri jendela di sebelah kanan laptop lalu lompat hingga kamu mendarat di atas kontainer.
Turuni tangga di sebelah kirimu dan teruskan lompat turun melalui celah hingga kamu mendarat di tumpukan peti-peti. Turun ke bawah dan keluar menuju ruang utama. Hampiri power supply di area yang diterangi lampu merah di sampingmu dan aktifkan konsol untuk menyelesaikan objektif Find the Cause of the Disturbance.
Pergi ke kiri dan aktifkan stasis pod server lalu berbalik dan keluar melalui pintu ganda di ujung ruangan. Singkirkan peti abu-abu di depanmu dan merangkaklah melalui celah yang kamu buka tadi. Hampiri dinding di depanmu dan singkirkan peti di sebelah kiri lalu melompatlah ke bawah. Ambil upgrade yang terletak di sudut dan kembali keluar melalui celah dari tumpukan peti sebelumnya. Keluar melalui pintu otomatis dan ikuti pointer biru lalu aktifkan server untuk menyelesaikan objektif Fix the Damaged Stasis Pod.

[GAMBAR = 13 - DLC - The-Missing-Fridges-Trailer_3]

-          Locate the CIC
            Setelah menyelesaikan objektif Fix the Damaged Stasis Pod kamu akan mendapatkan objektif Locate the CIC. Pergilah ke pintu di balik server dan lompat ke atas peti di sampingmu. Lanjutkan menuju kontainer dan pergi ke kanan menuju tangga. Naiki tangga dan berbaliklah sesampainya di atas. Di sudut akan ada beberapa tangga dan naikilah tangga paling tinggi. Sesampainya di atas berbalik dan bergeraklah di antara 2 konsol di permukaan di sebelah kiri lalu aktifkan yang sebelah kanan untuk dapat mengakses Gantry.
            Naik ke atas pijakan dan teruskan hingga kamu tiba di depan railing lalu lompatilah. Setibanya di ujung turuni tangga lalu pergi ke kanan dan masuki lorong di sebelah kiri berikut. Lalui kontainer hingga kamu tiba di sebuah celah di dinding dan panjatlah tangga di depanmu. Bergerak terus melalui tangga di sudut dengan melompat turun melalui ujung kontainer di bawah. Lanjutkan dengan memanjat ke atas hingga kamu tiba di atap. Pergi ke kanan menuju railing dan belok kanan lagi setibanya kamu di sana. Bergerak mengendap-endap memanfaatkan kegelapan lalu atasi musuh di depanmu dengan takedown.
            Lanjutkan perjalanan mengikuti railing sembari mengikuti pointer oranye menuju tempat gelap di atas. Bergeraklah melalui sudut dan bersembunyi di tempat gelap dan tunggu hingga musuh yang berpatroli membelakangimu lalu pergilah ke ujung kapal dengan menelusuri dinding di dekatmu. Lakukan takedown pada musuh yang kamu temui berikutnya.
            Hampiri pintu yang ditandai oleh pointer dan bergeraklah merapat dinding untuk menghindari deteksi Security Cam. Hack terminal di samping pintu untuk dapat masuk ke ruang tersebut. Ikuti terus pointer dengan menuruni lorong di sebelah kiri lalu belok di sudut hingga kamu tiba di depan Security Laser. Membungkuklah dan lewati Security Laser segera setelah laser paling bawah mati.
            Lalui pintu di sebelah kanan dan masuki saluran ventilasi yang ditandai oleh pointer. Telusuri saluran ini hingga kamu tiba di depan sebuah panel akses menuju ruang merah. Buka panel, panjat dan masuklah menuju ruangan merah. Lanjutkan mengikuti pointer hingga kamu tiba pada sebuah cutscene sekaligus menyelesaikan objektif Locate the CIC.

-          Locate the Sally Port
            Periksa area ini dan ambil item yang berguna untukmu. Jangan lupa untuk melakukan hack pada komputer di ruangan ini untuk mendapatkan informasi. Pergi menuju pintu kaca otomatis di belakang ruangan dan bersembunyi di kegelapan sembari menunggu musuh lewat. Habisi musuh yang mendekat ke arahmu lalu turuni tangga dan bergulinglah ke balik monitor merah. Tunggu hingga musuh bergerak menjauh baru hampiri dan habisi dari belakang. Eksplorasi area ini dan kumpulkan semua item berguna lalu keluarlah melalui pintu kaca otomatis dan pergi menuju lorong. Belok kanan lalu hampiri celah di lantai, turuni tangga dan setibanya di bawah ambil peti dan letakkan di bawah pipa di dekatmu. Gunakan sebagai pijakan untuk mencapai ventilasi di dinding. Telusuri ventilasi dan tunggu hingga 2 musuh di bawah selesai berbicara baru lanjutkan perjalanan. Pastikan musuh di luar membelakangimu atau menjauh ketika kamu melewati area yang terbuka di jalur ventilasi ini.
            Ketika ancaman di luar sudah mereda segera keluar dari ventilasi dan gunakan takedown pada musuh yang ada lalu seret tubuhnya ke tempat gelap. Tunggu hingga musuh lain kembali dari patroli dan lakukan cara serupa padanya. Buka pintu berwarna emas menuju area tengah dan masuk ke ruangan berikutnya. Hampiri panel di dinding dan lakukan hack lalu masuk ke dalam dan kumpulkan item berguna di area ini.
            Ikuti pointer yang membawamu ke pintu lain berwarna emas dan kumpulkan item dan informasi yang bisa kamu dapatkan. Setelahnya turuni lorong di sebelah kiri komputer dan telusuri hingga kamu tiba di pintu terbuka di sudut. Masuki koridor berikutnya dan bergeraklah mengendap-endap melalui tempat gelap untuk menghindari deteksi musuh. Pelan-pelan hampiri musuh di depanmu lalu habisi dari belakang. Lanjutkan perjalanan melalui pintu yang baru dibuka oleh musuh menuju lorong selanjutnya.
            Lompati peti yang menghalangi jalanmu dan masuk ke dalam elevator di sebelah kanan. Sesampainya di bawah lanjutkan perjalanan dan lompati peti lalu pergi ke kanan hingga kamu tiba di sebuah celah terbuka lalu naiki tangga. Sesampainya di atas masuk ke ruangan di sebelah kanan dan matikan Security Cam. Putar katup di dinding di sebelahmu dan singkirkan peti-peti yang menghalangi pintu. Masuki pintu dan ambil item di dalamnya lalu keluar ruangan dan belok kanan.
            Hampiri celah di lantai dan turuni tangga. Setibanya di bawah pergi menuju lorong di kanan dan hack terminal di dinding. Lanjutkan melalui pintu yang baru kamu buka lalu pergi ke kiri dan ambil semua item yang berguna bagimu. Keluar dari ruangan ini dan kembalilah ke koridor sebelumnya dan hampiri celah di lantai sebelah kiri dan turuni tangga. Sesampainya di bawah lalui peti-peti di sebelah kiri dan masuki pintu di belakangnya. Masuki ruangan di sebelah kanan untuk mengambil semua persediaan yang berguna.
            Lompati peti menuju koridor dan kumpulkan persenjataan dan amunisi dari mayat yang berserakan di sebelah kanan. Lanjutkan menuju dinding bertuliskan “03” dan berlindunglah di dekat pintu. Tunggu hingga musuh mendekat dan habisi dari belakang lalu masuk ke ruangan di sebelah kiri. Hampiri celah di lantai dan turuni tangga lalu membungkuklah sesampainya di bawah. Buka penutup ventilasi dan telusuri jalur tersebut mengikuti pointer yang akan membawamu menuju ruang server. Mengendaplah ke belakang musuh dan habisi mereka satu-persatu.
            Hampiri terminal di sebelah kiri Security Laser dan hack untuk mematikan laser tersebut. Lanjutkan dengan memasuki ruangan berikutnya dan pergi ke pintu berwarna emas di sebelah kanan. Teruskan menuju arah pointer hingga kamu tiba di rangkaian pintu otomatis ganda berwarna emas dan hitam. Masuki pintu dan aktifkan panel di sebelah kiri. Lanjutkan dengan melangkah melalui cahaya yang muncul di atas platform dan tunggu hingga kamu mendapat akses melalui pintu di depanmu. Keluar melalui pintu di belakang ruangan selanjutnya untuk menyelesaikan objektif Locate the Sally Port.

-          Locate the Rendezvous Point
Pergilah menuju pointer dan aktifkan tuas. Tunggu hingga pintu tertutup baru atasi musuh yang datang satu-persatu. Pada sesi selanjutnya kamu dibebaskan untuk menggunakan cara apapun untuk mengatasi musuh. Selagi kamu bergerak melalui kontainer, waspadalah terhadap Security Camera yang ada. Ketika kamu tiba di depan dinding bertuliskan angka “4” pergi ke kiri dan masuki ruangan berikutnya. Akan ada musuh yang mendekat, bersembunyilah dan gunakan takedown untuk mengatasinya.
Teruskan melalui jalur hingga kamu tiba di tempat dengan asap kuning dan naiki tangga. Area selanjutnya dipenuhi musuh yang berpatroli. Bersembunyi dan bergeraklah – atau berguling -  dari satu cover ke cover lainnya. Momen terbaik untuk mengatasi mereka adalah ketika bergerak menuju gedung di belakang.
Eksplorasi area ini dan kumpulkan item yang berguna bagimu lalu keluar melalui pintu dan turuni tangga. Kamu akan bertemu dengan 2 musuh, tunggu hingga salah satu menjauh baru habisi musuh yang tersisa. Selanjutnya kamu akan tiba di depan Security Laser. Hack terminal terdekat untuk membuka pintu lalu masuklah ke dalam.
Setelah kamu melalui kontainer di area selanjutnya, kamu akan berhadapan dengan banyak rintangan di sekitar tangga. Setelah menaiki tangga bergeraklah menuju ruangan dan dengarkan percakapan berikut. Saat musuh mendekat kamu harus lari ke arahnya dan habisi kedua musuh dengan cepat. Yang jelas jika kamu tidak menghabisi keduanya dengan cepat kamu bakal berada dalam situasi serius.
Matikan Security Camera dengan melakukan hack terhadap komputer di dekat jendela. Telusuri jalur ventilasi dan tetaplah bergerak dengan membungkuk hingga kamu bertemu dengan beberapa musuh. Jika kamu terpaksa terlibat baku tembak dengan mereka pastikan agar mereka tidak melakukan flank kepadamu. Setelah urusanmu beres di area ini maka pada area berikut beberapa aktifitas hacking dan sedikit eksplorasi menantimu. Teruskan perjalanan dengan mengikuti pointer.
Situasi selanjutnya bakal tergantung dari jalur yang kamu tempuh, ada beberapa halangan yang menantimu tetapi bukan hal yang cukup serius bagimu. Pointer yang kamu ikuti akan membawamu kepada cutscene. Pilih “Negotiation”, lalu pilih “Why Me?” dan bertanyalah mengenai “Black Project”. Selanjutnya tanyakan mengenai “Scientists” dan pilih “Continue”, lanjutkan dengan bertanya soal “Burke” dan pilih “Quit” untuk mengakhiri percakapan ini.

IN THE BELLY OF THE BEAST
-          Upload the Biometrics in the Prison Mainframe
Ikuti pointer hingga kamu tiba pada pintu bertanda “Detention Camp 5”, aktifkan pad lalu melangkahlah menuju pijakan yang menyala dan tunggu hingga proses scanning selesai. Setelah itu pergilah ke koridor selanjutnya dan pergi ke kanan. Kamu akan bertemu dengan seorang musuh yang bisa kamu habisi dengan mudah. Setelah menaiki tangga kamu akan bertemu lagi dengan seorang musuh yang sedang menghadap ke arah monitor. Habisi dia dan hampiri pointer untuk menyelesaikan misi ini.

-          Investigate the Interrogation Wing
Dari tempatmu berada, berbaliklah dan turuni tangga. Cari celah di lantai dan telusuri ventilasi berwarna biru. Setelah kamu membuka penutup ventilasi, berlindunglah di balik kotak dan pelajari pergerakan musuh di area ini.
Menyelinaplah melalui jalur sebelah kanan dan habisi musuh yang berdiri di dekat sini dulu. Selanjutnya kamu bisa menghabisi musuh-musuh lainnya sesukamu. Lanjutkan menuju tangga dan setibanya di atas berbeloklah ke kiri. Sebisa mungkin hindari deteksi dari robot di sini.
Hack terminal untuk mematikan Security Laser di dekatnya. Setelah tangga ada Security Laser yang berputar dan perlu kamu hindari. Bergeraklah melewati laser ketika  menyala vertikal. Masuki pintu di sebelah kanan dan di ruangan berikut tekan tombol lalu melangkahlah ke atas platform.
Tunggu hingga proses scanning selesai lalu lanjutkan menuju pintu ke arah lorong. Di lorong berikutnya pergilah ke sel pertama di sebelah kiri untuk mengaktifkan cutscene. Cari tahu seputar “Men in Charge”, “About This Area”, serta “Her Story” sebelum akhirnya kamu memilih “Leave”. Eksplorasi ruangan lain dan ambil item berguna lalu keluar menuju pintu untuk menyelesaikan misi ini.

[GAMBAR = 14 - DLC - 29495orig]

-          Give Burke’s Eye to Quinn
Ikuti pointer yang membawamu kembali pada security scanner. Lanjutkan hingga kamu tiba pada pintu ganda lalu aktifkan tombol dan melangkahlah ke atas platform seperti sebelumnya. Setelah beres pergilah ke lorong selanjutnya dan belok kiri. Teruskan ikuti jalur dan setelah melalui beberapa tangga dan jalur ventilasi kamu akan tiba pada lokasi pointer sekaligus menyelesaikan misi. Oya, perlu kamu ketahui bahwa setelah melalui 2 security checkpoint akan ada musuh baru yang berjaga di area ini. Mereka bisa kamu temukan di depan elevator menuju lokasi Quinn. Oleh karena itu akan lebih aman jika kamu melalui jalur ventilasi jika kamu tidak mau repot berhadapan dengan mereka.
Bicara kepada Quinn tanyakan beberapa informasi lainnya seputar latar belakangnya sebelum memutuskan untuk memilih “Leave” dan mengakhiri percakapan. Kamu juga bisa masuk ke dalam shop dengan memilih “Enter Shop” untuk membeli beberapa upgrade untuk senjatamu. Telusuri kembali jalur dari arah tempatmu datang hingga kamu tiba lagi di Detention Camp dan ikuti pointer menuju elevator. Setelah menekan beberapa tombol maka misimu akan selesai.

-          Find Evidence for Interpol
Keluar dari mobil tempat kamu menekan tombol untuk elevator. Pergilah ke arah pintu dan di ruangan selanjutnya ambil item yang kamu perlukan. Aktifkan tiga meja holografis dan bicaralah kepada Dr. Kavanagh yang ditunjukkan oleh pointer. Tanyakan beberapa informasi (pilih “More Information”) lalu pilih “Continue” untuk menyelesaikan misi ini.

CHOICES, CHOICES
-          Disrupt the Gas Dispersal
Kamu bisa menjalankan quest yang satu ini setelah menyelesaikan Main Quest: In the Belly of the Beast. Keluar dari laboratorium dan ikuti pointer menuju elevator dan Burke akan menghentikan elevator tersebut. Keluarlah dari elevator ini dengan menekan tuas pada panel untuk menurunkan tangga. Turuni tangga tersebut dan lanjutkan perjalananmu ke arah railing. Setelah sedikit memanjat dan merangkak kamu akan tiba pada ruangan dengan musuh yang berpatroli. Usahakan untuk tidak memicu perhatian musuh di sini. Tunggu hingga mereka membelakangimu lalu pergilah menuju pintu yang ditandai dengan pointer. Teruskan mengikuti pointer hingga kamu tiba di depan platform yang menyala. Lakukan proses scanning seperti biasa.
Ketika proses scanning selesai masuki ruangan berikut untuk mengaktifkan cutscene. Akan ada beberapa musuh yang harus kamu hadapi di ruangan berikut ini. Habisi mereka dan hindari laser berputar yang akan kamu temui selanjutnya. Lumpuhkan musuh yang menuju arahmu lalu pergilah ke arah tangga. Lanjutkan lagi menuju tangga berikutnya dan ketika kamu tiba di dasar menara di tengah ruangan, habisi semua ancaman musuh di area ini.
Pergi ke arah tangga di samping dan lanjutkan menuju tangga yang terletak di lantai ruangan atas lalu hampiri konsol di sebelah kanan. Selanjutnya cutscene akan muncul dan kamu perlu menyelamatkan Dr. Kavanagh untuk menyelesaikan objektif ini. Naiki tangga kembali ke ruangan sebelumnya dan gunakan security panel untuk  menyelesaikan objektif Get Kavanagh Off the Base.
Keluar dari ruangan lalu turuni tangga dan ikuti pointer. Pergi menuju pintu dan masuki ruangan berikut lalu aktifkan panel di dalamnya. Yup, akan ada platform menyala dan kamu perlu melangka di atasnya. Setelah proses scanning selesai maka kamu juga akan menyelesaikan objektif Disengaging Lockdown and Returning to the Base.

THE LONG WAY HOME
-          Visit Quinn’s Shop to Get Supplies
Usai menyelesaikan misi sebelumnya, pergilah menuju lorong dan belok ke kiri. Berbeloklah di sudut dan turun melalui celah di lantai di sebelah kananmu. Merangkaklah lalu telusuri saluran ventilasi ini hingga kamu tiba di ujung jalur dan bisa berdiri kembali di ruangan berikutnya. Lompat ke atas dan masuki lagi saluran ventilasi di sebelah kananmu. Setelah kamu keluar dari saluran ventilasi kedua, mengendaplah ke belakang musuh di sebelah kiri dan habisi dia. Lompati rintangan yang menghadang dan habisi musuh yang kamu temui sepanjang jalan. Kamu bebas untuk menempuh jalur kekerasan atau menggunakan pendekatan stealth.
Belok kanan setelah melalui koridor lalu turuni tangga dan habisi 2 musuh di bawah. Lompati rintangan dan belok kanan di ujung lorong. Lanjutkan menuju saluran ventilasi di sebelah kiri hingga kamu tiba di area berikutnya. Setelah menuruni beberapa tangga dan melompat ke bawah kamu akan tiba di depan celah ventilasi yang akan membawamu ke ruangan selanjutnya. Setelah keluar dari ventilasi belok kanan maka kamu akan tiba pada toko milik Quinn sekaligus menyelesaikan objektif ini.

-          Confront Burke
Setelah beres dengan menyiapkan persediaan yang kamu butuhkan eksplorasi area ini untuk mendapatkan item lainnya. Keluar dari ruangan ini dan pergi ke kiri hingga kamu tiba pada saluran ventilasi di ujung jalan. Setelah menaiki 2 set tangga berikutnya kamu akan masuk lagi melalui saluran ventilasi. Teruskan ikuti jalur ini hingga kamu bertemu dengan seorang musuh. Habisi dia sebelum kamu melompati rintangan yang lalu masuki pintu bertanda di sebelah kirimu
Habisi musuh-musuh yang kamu temui di ruangan berikutnya lalu lompati rintangan di sebelah kirimu. Teruskan perjalananmu mengikuti pointer hingga kamu melalui sebuah pintu ganda. Belok kanan hingga kamu tiba di dekat Security Laser. Kamu perlu menghindari laser tersebut untuk dapat menuju saluran ventilasi di seberang yang membawamu masuk ke ruangan berikutnya.
Lewati koridor dan belok kanan di sudut jalan. Ada beberapa musuh yang perlu kamu atasi sebelum kamu bisa memasuki pintu bertuliskan angka “3”. Atau bisa juga kamu sprint melewati mereka semua langsung menuju arah pointer. Setelah beres mengatasi semua musuh, masuki ruangan untuk mengaktifkan cutscene sekaligus menyelesaikan objektif ini.

-          Defeat Burke and His Team
Setelah bertemu dengan Burke segera bersembunyi di balik mesin dan bergeraklah menyusuri dinding di sebelah kirimu. Jika bidikanmu tepat kamu juga bisa mengatasi boxguard dengan satu lemparan EMP Grenade. Dari sini bergeraklah dari cover ke cover tanpa terdeteksi oleh sniper di sebelah timur. Ikuti jalur dan naiki tangga lalu habisi musuh di sini sebelum turun ke ruangan tempat Burke berada.
Kamu perlu menunggu di samping pintu hingga Burke membelakangimu. Segera serang Burke dari belakang lalu lanjutkan menuju area di bawah. Cara ini jauh lebih efektif dan efisien ketimbang menembaki Burke dari luar ruangan. Habisi setiap musuh yang kamu temui sepanjang perjalananmu dan gunakan tangga untuk mencapai posisi sniper di atas.
Jangan lupa untuk menghabisi musuh lain yang berada di ruangan di sebelah kirimu. Setelah kamu membereskan Burke dan semua anak buahnya kamu hanya perlu mengikuti pointer hingga kamu mengaktifkan cutscene terakhir yang sekaligus menutup DLC The Missing Link.
Enhanced by Zemanta

Leave a Reply

Aturan Berkomentar
-Dilarang SARA.
-Dilarang mengunakan bahasa kasar.
-Dilarang menggunakan bahasa porno dsb.
-Boleh BlogWalking.
-Dilarang meletakan link hidup.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

- Copyright © 2012 Blog Fras -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -